Apa Itu Margin Kontribusi?

0
263
margin kontribusi adalah

Apa itu Margin Kontribusi?

Margin kontribusi adalah dinyatakan secara bruto atau per unit. Ini mewakili uang tambahan yang dihasilkan untuk setiap produk / unit yang dijual setelah dikurangi bagian variabel dari biaya perusahaan.

Margin kontribusi dihitung sebagai harga jual per unit, dikurangi biaya variabel per unit. Juga dikenal sebagai kontribusi dolar per unit, ukuran tersebut menunjukkan bagaimana produk tertentu berkontribusi pada keuntungan perusahaan secara keseluruhan.

Ini memberikan satu cara untuk menunjukkan potensi keuntungan dari produk tertentu yang ditawarkan oleh perusahaan. Dan menunjukkan porsi penjualan yang membantu menutupi biaya tetap perusahaan. Pendapatan yang tersisa setelah menutupi biaya tetap adalah keuntungan yang dihasilkan.

Rumus untuk Margin Kontribusi Adalah

Margin kontribusi dihitung sebagai selisih antara harga jual produk dan biaya variabel yang terkait dengan proses produksi dan penjualannya.

Margin Kontribusi = Pendapatan Penjualan – Biaya Variabel

Apa yang Diberitahukan Margin Kontribusi kepadamu?

Margin kontribusi adalah dasar untuk analisis titik impas yang digunakan dalam biaya keseluruhan dan perencanaan harga penjualan untuk produk. Margin kontribusi membantu memisahkan biaya tetap dan komponen keuntungan yang berasal dari penjualan produk. Dan dapat digunakan untuk menentukan kisaran harga jual suatu produk, tingkat keuntungan yang dapat diharapkan dari penjualan. Dan struktur komisi penjualan yang dibayarkan kepada tim penjualan anggota, distributor atau agen komisi.

Baca: Apa Itu Margin?

Biaya Tetap versus Biaya Variabel

Biaya satu kali untuk barang-barang seperti mesin adalah contoh umum dari biaya tetap, yang tetap sama terlepas dari jumlah unit yang terjual, meskipun itu menjadi persentase yang lebih kecil dari biaya setiap unit karena jumlah unit yang terjual meningkat. Contoh lain termasuk layanan dan utilitas yang mungkin datang dengan biaya tetap dan tidak berdampak pada jumlah unit yang diproduksi atau dijual. Misalnya, jika pemerintah menawarkan listrik tak terbatas dengan biaya bulanan tetap sebesar $ 100, maka pembuatan sepuluh unit atau 10.000 unit akan memiliki biaya tetap yang sama terhadap listrik.

Biaya tetap sering dianggap sebagai biaya hangus yang pernah dihabiskan tidak dapat dikembalikan. Komponen biaya ini tidak boleh dipertimbangkan saat mengambil keputusan tentang analisis biaya atau ukuran profitabilitas.

KESIMPULAN

  • Margin kontribusi mewakili bagian dari pendapatan penjualan produk yang tidak digunakan oleh biaya variabel, dan berkontribusi untuk menutupi biaya tetap perusahaan.
  • Konsep margin kontribusi adalah salah satu kunci fundamental dalam analisis impas.
  • Margin kontribusi rendah terdapat pada perusahaan padat karya dengan sedikit biaya tetap, sedangkan padat modal, perusahaan industri memiliki biaya tetap yang lebih tinggi dan dengan demikian, margin kontribusi lebih tinggi.

Contoh Margin Kontribusi

Katakanlah sebuah mesin untuk membuat pena tinta harganya $ 10.000. Pembuatan satu pena tinta memerlukan bahan mentah senilai $ 0,2 seperti plastik, tinta, dan ujung pena, $ 0,1 lainnya digunakan untuk biaya listrik untuk menjalankan mesin untuk menghasilkan satu tinta, dan $ 0,3 adalah biaya tenaga kerja untuk membuat satu tinta.

Ketiga komponen ini merupakan biaya variabel per unit. Total biaya variabel untuk membuat tinta ($ 0,2 + $ 0,1 + $ 0,3) = $ 0,6 per unit. Jika total 100 tinta diproduksi, total biaya variabel akan menjadi ($ 0,6 * 100 unit) = $ 60, sedangkan pembuatan 10.000 tinta akan menghasilkan biaya variabel total ($ 0,6 * 10.000 unit) = $ 6.000. Peningkatan biaya variabel total secara proporsional dengan jumlah unit produk yang diproduksi.

Namun, produksi pena tinta tidak mungkin dilakukan tanpa mesin pabrikan yang memiliki biaya tetap sebesar $ 10.000. Biaya mesin ini mewakili biaya tetap (dan bukan biaya variabel) karena biayanya tidak meningkat berdasarkan unit yang diproduksi. Biaya tetap tersebut tidak diperhitungkan dalam perhitungan margin kontribusi.

Baca: Pemprov DKI Jakarta Beli Robot Pemadam Kebakaran dari Kroasia Rp37,4 M

Jika total 10.000 tinta diproduksi menggunakan mesin dengan biaya variabel $ 6.000 dan dengan biaya tetap $ 10.000, total biaya produksi menjadi $ 16.000. Biaya per unit kemudian akan dihitung sebagai $ 16.000 / 10.000 = $ 1,6 per unit. Jika setiap pena tinta dijual dengan harga $ 2 per unit, keuntungan per unit yang didapat:

(SCTotal Costs)=($2.0$1.6)=$0.4 per Unit 

di mana:

SC = Sales price

Akan tetapi, margin kontribusi tidak memperhitungkan komponen biaya tetap dan hanya memperhitungkan komponen biaya variabel. Keuntungan tambahan yang diperoleh untuk setiap unit yang terjual sebagaimana diwakili oleh margin kontribusi adalah:

(Sale PriceTVC)=($2.0$0.6)=$1.4 per Unit 

di mana:

TVC= Total variable costs

Karakteristik utama dari margin kontribusi adalah tetap pada basis per unit terlepas dari jumlah unit yang diproduksi atau dijual. Sebaliknya laba bersih per unit dapat meningkat / menurun secara non linier dengan banyaknya unit yang terjual karena sudah termasuk biaya tetap.

Dalam contoh di atas, jika jumlah total tinta yang diproduksi dan dijual dua kali lipat menjadi 20.000, total biaya (tetap + variabel) adalah ($ 10.000 / 20.000 + 0,6) = $ 1,1 per unit. Keuntungan per unit akan menjadi:

(SCTotal Costs)=($2.0$1.1)=$0.9 per Unit

Pada dasarnya, menggandakan jumlah unit yang terjual dari 10.000 menjadi 20.000 (dua kali lipat) telah meningkatkan laba bersih per unit dari $ 0,4 menjadi $ 0,9 (yaitu, 2,25 kali).

Namun, margin kontribusi, yang dihitung hanya dengan biaya variabel, adalah:

(Sale PriceTVC)=($2.0$0.6)=$1.4 per Unit

Margin kontribusi tetap sama, meskipun jumlah unit yang diproduksi dan dijual menjadi dua kali lipat. Ini memberikan dimensi lain untuk menilai berapa banyak keuntungan yang dapat direalisasikan dengan meningkatkan penjualan.

Baca: Apa Itu Regresi?

Penggunaan Margin Kontribusi

Margin kontribusi dapat membantu manajemen perusahaan memilih di antara beberapa kemungkinan produk yang bersaing untuk menggunakan sumber daya manufaktur yang sama. Katakanlah sebuah perusahaan memiliki mesin pembuat pulpen yang mampu memproduksi pulpen tinta dan pulpen, dan manajemen harus membuat pilihan untuk hanya memproduksi salah satunya.

Jika margin kontribusi tinta lebih tinggi daripada pena bolpoin, pena bolpoin akan diberi preferensi produksi karena potensi keuntungannya yang lebih tinggi. Pengambilan keputusan seperti itu umum dilakukan oleh perusahaan yang membuat portofolio produk yang terdiversifikasi. Dan manajemen harus mengalokasikan sumber daya yang tersedia dengan cara yang paling efisien ke produk dengan potensi keuntungan tertinggi.

Investor dan analis juga dapat mencoba menghitung angka margin kontribusi untuk produk blockbuster perusahaan. Misalnya, sebuah perusahaan minuman mungkin memiliki 15 produk berbeda tetapi sebagian besar keuntungannya mungkin berasal dari satu minuman tertentu.

Pengawasan Margin Kontribusi

Seiring dengan manajemen perusahaan, investor yang waspada dapat mengawasi margin kontribusi dari produk berkinerja tinggi dibandingkan dengan produk lain untuk menilai ketergantungan perusahaan pada pemain bintangnya. Perusahaan mengalihkan fokusnya dari investasi atau memperluas pembuatan produk bintang, atau munculnya produk pesaing, dapat menunjukkan bahwa profitabilitas perusahaan dan akhirnya harga sahamnya dapat terpengaruh.

Baca: Apa Itu Margin Call?

Nilai margin kontribusi yang sangat rendah atau negatif menunjukkan produk yang tidak layak secara ekonomi yang produksi dan penjualannya harus dibuang. Nilai margin kontribusi yang rendah dapat diamati di sektor industri padat karya seperti manufaktur karena biaya variabelnya lebih tinggi. Sedangkan nilai margin kontribusi yang tinggi lazim di sektor padat modal.

Konsep margin kontribusi dapat diterapkan di berbagai tingkat manufaktur, segmen bisnis, dan produk. Angka tersebut dapat dihitung untuk seluruh perusahaan, untuk anak perusahaan tertentu, untuk divisi atau unit bisnis tertentu, untuk pusat atau fasilitas tertentu, untuk saluran distribusi atau penjualan, untuk lini produk, atau untuk produk individu.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Margin Call?

Apa Itu Margin?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here