Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara Memulai Investasi yang Tepat Bagi Pemula

Apa sih yang diperlukan untuk mulai investasi? Apakah saya harus berinvestasi di saham, obligasi, atau kelas aset lainnya? Pertanyaan ini seringkali muncul bagi investor pemula. Kebanyakan orang langsung memikirkan tentang saham dan obligasi ketika mereka berpikir untuk berinvestasi. Tetapi berinvestasi sebenarnya adalah konsep yang lebih luas dari itu.

Memahami cara mulai investasi

Investasi dapat didefinisikan sebagai menyisihkan sejumlah uang/modal untuk mendapatkan keuntungan. Berbeda dengan tabungan yang hanya menyisihkan sejumlah uang tanpa mengharapkan uang itu bekerja menghasilkan keuntungan.

Ketika menabung sejumlah uang, kamu berharap akan berhasil menabung sejumlah uang untuk tujuan finansialmu. Sebagai contoh: Kamu menabung Rp1 juta setiap bulan selama 5 bulan untuk mengumpulkan total uang sebesar Rp5 juta. Sementara ketika berinvestasi Rp1 juta yang kamu sisihkan setiap bulannya akan menghasikan keuntungan (anggap saja keuntungan setiap bulannya adalah Rp20,000). Artinya dalam 5 bulan uangmu akan menjadi Rp5,100,000.

Kamu mungkin telah berinvestasi dalam pendidikan mendapatkan gelar akademis, dengan harapan bahwa itu akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak uang di masa depan. Atau, dengan berinvestasi properti yang menurutmu akan bernilai lebih ketika dijual.

Mulai investasi itu sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit. Bahkan, kamu bisa saja sudah mempraktikkan mengambil keputusan investasi dalam kehidupanmu sehari-hari. Tidak ada yang tahu cara membeli saham sebelum mereka melakukannya pertama kali, sama seperti tidak ada yang tahu cara membeli rumah sebelum mereka melakukannya pertama kali.

Untungnya, keduanya adalah hal yang dapat dipelajari — dan keduanya dapat memiliki dampak besar pada kehidupan finansial kamu secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Investasi Emas yang Menguntungkan, Bagaimana Caranya?

Bagaimana cara saya mulai investasi?

Memiliki niat untuk mulai investasi sebetulnya merupakan awal yang baik! Apalagi didukung oleh kemajuan teknologi baru yang membuat investasi menjadi lebih sederhana, lebih terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang.

Misalnya – di Pluang, kamu dapat mulai berinvestasi emas hanya melalui handphone dan minimal pembelian adalah 0,01gr saja. Memanfaatkan teknologi pintar tentu akan membuat total biaya kepemilikan menjadi lebih rendah.

Lalu kapan saya harus mulai berinvestasi?

Hari ini! Kamu dapat mulai berinvestasi dalam hitungan menit dan hanya dengan uang Rp10,000 saja.

Wah, emangnya bisa mulai investasi hanya dengan uang Rp10,000 saja? Apa bisa uang Rp10,000 itu membawa keuntungan? Bisa, dong! Berapapun modal awal yang kamu investasikan, langkah paling penting dalam perjalanan finansial adalah memulainya!

Jika kamu memulai dari hal yang kecil dan menemukan cara untuk menabung lebih banyak sembari jalan – kamu dapat mengambil keuntungan dari kekuatan investasi jangka panjang.

Jangan khawatir – kami di sini untuk memandu kamu melalui setiap langkah perjalanan finansialmu.

Sebelum masuk lebih jauh, ada tiga tahap investasi yang perlu kamu dipahami.

  1. Membuat rencana. Ini sama seperti ketika kamu memilih gelar dan jurusan, kamu pasti sudah tahu apa yang akan kamu dapatkan dari jenjang pendidikan itu. Jadi, kamu tidak boleh menginvestasikan uang kamu tanpa rencana apalagi tanpa tujuan.
  2. Ambil tindakan. Setelah kamu memiliki rencana, saatnya menerapkannya. Di sinilah pemahaman yang kuat tentang teori dan praktik investasi menjadi berguna.
  3. Pantau perkembangan investasimu. Sekarang setelah kamu berhasil memulai investasi, kamu tetap harus memantau perkembangannya. Bahkan merk mobil papan atas, di jalanan yang mulus saja masih membutuhkan seseorang untuk menyetirnya sehingga tetap di jalur, setuju nggak?

Nah, kalau sudah paham bagaimana cara yang tepat untuk mulai investasi, coba yuk uji kemampuanmu dalam memahami investasi melalui kuis berikut ini!

powered by Typeform

Recent Articles

Retained Earnings adalah

Apa Itu Retained Earnings?

Personal Finance adalah

Apa Itu Personal Finance?

contoh gantt chart

Apa Itu Gantt Chart?

gini index adalah

Apa Itu Gini Index?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya