Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Net Worth?

DEFINISI

net worth adalah potret kekayaan pribadimu – Inilah perbedaan antara apa yang kamu miliki dan apa yang kamu miliki.

Memahami Net Worth

Net Worth adalah evaluasi kesehatan keuanganmu. Ini perbedaan antara semua asetmu (apa pun yang kamu miliki yang memiliki nilai moneter) dan liabilitas mu (utang yang harus kamu bayar). Untuk menghitung kekayaan bersihmu, ambil nilai semua aset yang kamu miliki – seperti uang tunai, rekening pensiun, dan properti – dan kurangi semua kewajiban keuanganmu saat ini.

Untuk perusahaan, kekayaan bersih sering disebut nilai buku atau ekuitas pemegang saham. Melacak kekayaan bersihmu dari waktu ke waktu dapat membantu kamu mengukur kinerja keuanganmu secara keseluruhan. Idealnya, kekayaanmu bergerak ke arah atas dari waktu ke waktu.

CONTOH

Kylie Jenner, seorang kepribadian dan wirausaha televisi realitas Amerika, diperkirakan memiliki kekayaan bersih $ 1 miliar pada Desember 2019, menurut Forbes. Jumlah ini adalah jumlah dari asetnya – terutama kepemilikannya di Kylie Cosmetics yang dimiliki swasta – dikurangi perkiraan utang.

Jenner menjadi miliarder self-made termuda Forbes pada Maret 2019 pada usia 21 tahun. Kemudian pada tahun itu, dia mengumumkan bahwa dia menjual saham mayoritas di perusahaan kosmetik seharga $ 600 juta

Kesimpulan

Net worth adalah seperti tongkat pengukur untuk kekayaanmu …

Itu yang tersisa setelah memperhitungkan semua utangmu. Untuk membangun kekayaan bersihmu, kamu perlu menambah asetmu (seperti uang tunai atau ekuitas dalam bisnis) atau mengurangi utangmu (mungkin melunasi pinjaman mahasiswa atau tagihan kartu kredit).

Ketahui Lebih Lanjut

Apa yang termasuk dalam net worth?

Yang termasuk dalam asetmu

Lalu kalau yang termasuk dalam kewajibanmu?

Mengapa kekayaan bersih itu penting?

Net worth menurut usia

Bagaimana cara menghitung net worth?

Apa yang Termasuk dalam Net Worth?

Net worth mencakup aset dan liabilitas (utang). Aset mencakup hal-hal seperti saham, saldo dalam rekening tabungan, dan ekuitas dalam bisnis – apa pun yang bernilai moneter yang kamu miliki. Kewajiban mencakup saldo pinjaman siswa, pinjaman mobil, atau hipotek, serta utang kartu kredit – apa pun yang kamu berutang.

Kekayaan bersihmu tidak secara langsung memperhitungkan penghasilanmu. Misalnya, katakanlah kamu menghasilkan $ 50.000 setahun dari pekerjaan penuh waktumu. Gajimu sendiri bukan aset yang dihitung dalam perhitungan nilai bersih. Tetapi ada hubungan antara apa yang kamu hasilkan dan kekayaan bersihmu: Laporan penghasilan pribadimu melacak pendapatan dan pengeluaranmu selama suatu periode.

Ini termasuk gajimu (juga pendapatan lainnya) dan pengeluaran rutinmu, seperti belanjaan, sewa, dan pembayaran hipotek. Yang tersisa adalah laba atau rugi bersihmu (tergantung apakah kamu membelanjakan lebih atau kurang dari yang kamu hasilkan). Keuntungan atau kerugian ini dianggap sebagai bagian dari kekayaan bersihmu.

Neraca pribadimu menunjukkan kekayaan bersihmu – Ini melacak semua laba atau rugi bersihmu yang telah menumpuk sejauh ini, ditambah dengan aset dan utang lain yang kamu miliki saat ini.

Yang Termasuk dalam Asetmu

Aset kamu dapat mencakup berbagai hal: 

Aset Cair

Ini adalah aset yang dapat kamu konversi dengan mudah menjadi uang tunai. Itu termasuk uang tunai dan uang di rekening giro dan tabunganmu. Ini juga mencakup investasi seperti reksa dana, obligasi, sertifikat deposito (CD), rekening pasar uang, dan saham.

Investasi Pensiun

Semua akun pensiun dihitung sebagai aset. Jadi 401 (k) kamu, rekening pensiun perorangan – seperti IRA tradisional atau Roth IRA – dan tabungan pensiun pribadimu semuanya termasuk.

Perumahan

Sertakan real estat apa pun yang kamu miliki – apakah tempat tinggal utama, rumah kedua, rumah liburan, atau properti investasi – saat menambahkan asetmu. Kamu ingin mendapatkan gambaran akurat tentang nilai rumahmu hari ini, bukan apa yang kamu bayar atau apa yang menurut kamu layak. kamu dapat mengukur nilai pasar dengan membandingkan real estat dengan properti serupa di lingkungan yang sama yang baru saja dijual atau dinilai (situs web seperti Zillow dapat membantu).

Milik Perseorangan

Kamu juga harus memasukkan aset pribadi berharga yang memiliki nilai jual kembali, seperti mobil, perhiasan, atau karya seni yang mahal. Kamu mungkin ingin menggunakan estimasi konservatif, karena item seperti ini sering memiliki nilai jual kembali yang terbatas.

Ekuitas (Business Interest)

Hitung nilai taruhan apa pun yang kamu miliki dalam bisnis. Pastikan kamu mencatat nilai pasar dari pangsa bisnismu, bukan nilai bisnis atau buku akuntansi, dalam perhitungan kekayaan bersihmu. Nilai pasar adalah berapa banyak yang kamu dapatkan jika kamu menjual saham perusahaan pada saat itu.

Lalu yang Termasuk dalam Kewajibanmu?

Kewajiban kamu adalah semua yang kamu miliki: 

Pinjaman

Semua pinjamanmu – seperti hipotek, pinjaman siswa, dan pinjaman pribadi – adalah kewajiban. Gunakan saldo terutang saat ini (termasuk bunga), bukan jumlah yang semula kamu pinjam atau berutang di masa depan.

Kartu kredit

Kartu kredit mu adalah utang bergulir – kamu memiliki batas yang dapat kamu pinjam beberapa kali, selama kamu membayarnya (tidak seperti pinjaman yang hanya kamu pinjam satu kali). Gunakan saldo kartu kredit saat kamu menghitung kekayaan bersih kamu. Karena saldo berubah setiap bulan, kekayaan bersihmu akan berbeda ketika kamu menghitungnya lagi bulan depan.

Kewajiban yang lain

Setiap kewajiban finansial adalah kewajiban. Contoh-contoh lain termasuk utang medis, uang yang kamu bayar dalam pajak, tunjangan anak atau pembayaran tunjangan yang kamu tinggalkan, atau penilaian terhutang terhadapmu.

Mengapa Net Worth Itu Penting?

Net worth adalah ukuran kesehatan keuanganmu pada suatu saat.

Memiliki kekayaan bersih positif berarti kamu memiliki lebih dari yang kamu miliki. Katakanlah total asetmu $ 500.000, dan kewajibanmu mencapai $ 100.000. kamu memiliki kekayaan bersih positif $ 400.000 ($ 500.000 – $ 100.000 = $ 400.000).

Memiliki kekayaan bersih negatif berarti kamu berutang lebih dari yang kamu miliki. Misalnya, jika asetmu sama dengan $ 200.000, tetapi liabilitas mu adalah $ 300.000, kamu akan memiliki kekayaan bersih negatif – $ 100.000 ($ 200.000 – $ 300.000 = – $ 100.000).

Net worth pasti berfluktuasi. Orang cenderung mengakumulasi lebih banyak aset dari waktu ke waktu, karena mereka membayar utang, meningkatkan pendapatan, dan melihat pengembalian investasi. Kamu mungkin juga memiliki periode dalam hidupmu di mana kamu memilih untuk mengambil lebih banyak hutang, seperti pinjaman untuk renovasi rumah.

Dengan secara berkala menghitung kekayaan bersihmu, kamu dapat melacak kemajuan keuanganmu seiring waktu. Idealnya, tren nilai kekayaanmu meningkat sepanjang hidupmu. Misalnya, saat kamu melunasi pinjaman rumah, membangun ekuitas, dan mengakumulasi lebih banyak aset, kekayaan bersihmu kemungkinan akan meningkat.

Net Worth Menurut Usia

Ketika kamu mencapai pensiun dan mulai memanfaatkan tabunganmu, kekayaan bersihmu kemungkinan akan turun. Karena itu, memiliki kekayaan bersih sebelum mencapai masa keemasanmu dapat membantu mendukung gaya hidupmu di masa pensiun. 

Karena penghasilan, sasaran, dan kewajiban orang berbeda, tidak semua orang akan memiliki kekayaan bersih yang sama pada usia tertentu. Pedoman ini adalah perkiraan untuk berapa banyak yang harus kamu tabung untuk pensiun pada usia tertentu:

Usia Net Worth
30 1 kali gaji tahunan
40 3 kali gaji tahunan
50 6 kali gaji tahunan
60 8 kali gaji tahunan
67 10 kali gaji tahunan

Saat kamu berusia 20-an, wajar jika nilai bersihmu negatif. Kamu mungkin dibebani dengan pinjaman pelajar atau mobil dan mendapatkan gaji rendah yang tidak memberimu kesempatan untuk menabung banyak. 

Seiring berjalannya waktu, kamu memiliki kesempatan untuk menyimpan dan menginvestasikan uang untuk masa pensiun. Gajimu dapat meningkat, membuatnya lebih mudah untuk menabung dan berinvestasi. Jika kamu membeli rumah, ekuitas mu mungkin naik selama bertahun-tahun saat kamu membayar hipotek dan nilai properti bertambah. Idealnya, portofolio mu mendapatkan nilai selama beberapa dekade berkat bunga majemuk – atau bunga yang diperoleh dari bunga. 

Setelah kamu memasuki masa pensiun, kekayaan bersihmu dapat turun sekali lagi saat kamu menarik simpanan dan penghasilanmu turun. Namun, jika kekayaan bersihmu cukup tinggi, uang yang kamu tarik dapat diimbangi dengan pertumbuhan investasi mu.

Bagaimana Cara Menghitung Net Worth?

Rumus kekayaan bersih dasar adalah: 

Total aset – Total kewajiban

Kekayaan Bersih Pribadi 

Banyak kalkulator online dapat membantumu menghitung kekayaan bersihmu. Mereka dapat memandumu melalui pencatatan aset dan liabilitas mu dan mengukur perbedaannya.

Kamu juga bisa menggunakan lembar kerja kekayaan bersih. Cukup buka spreadsheet, dan detail asetmu di satu sisi dan liabilitas mu di sisi lain. Untuk menghitung kekayaan bersihmu, kurangi kewajibanmu dari asetmu.

Penting untuk dicatat bahwa dengan pinjaman, seperti hipotek atau pinjaman mobil, kamu harus mencantumkan nilai pasar saat ini dari aset yang terkait dengan pinjaman (yaitu, mobil atau rumah) sebagai bagian dari asetmu. Jangan gunakan jumlah yang kamu bayar. Kemudian sertakan jumlah uang yang masih kamu miliki dalam perhitungan kewajibanmu.

Kekayaan Bersih Perusahaan

Bisnis juga memiliki kekayaan bersih, sering disebut nilai buku atau ekuitas pemegang saham. Ini mengikuti rumus kekayaan bersih dasar yang sama: Nilai aset perusahaan dikurangi semua kewajiban keuangan.

Neraca perusahaan biasanya mencantumkan kekayaan bersihnya. Kamu juga dapat menghitungnya sendiri dengan menambahkan asetnya (seperti uang tunai, piutang, dan surat berharga) dan mengurangi kewajibannya (seperti hutang, penggajian, dan kewajiban pajak).

Investor dan pemberi pinjaman memperhatikan kekayaan bersih ketika memutuskan apakah akan memberikan pendanaan kepada perusahaan, karena itu merupakan tanda utama kebugaran finansial.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Return of Investment (ROI)?

Apa Itu Kustodian?

Catat! Ini 4 Pertanyaan Dasar untuk Tentukan Strategi Investasi

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img