Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Kamus

Non-Fungible Token (NFT)

Non-Fungible Token (NFT)

9131  dilihat·Waktu baca: 4 menit
Non-Fungible Token (NFT)

Non-Fungible Token (NFT) adalah aset kripto di jaringan blockchain yang memiliki kode identifikasi serta metadata yang unik dan berbeda satu sama lain.

Token-token ini disebut non-fungible karena tidak memiliki karakteristik fungible yang terdapat di aset kripto pada umumnya. Fungible sendiri memiliki arti bahwa nilai suatu aset kripto bisa tergantikan dengan benda lain yang memiliki satuan serupa.

Seperti apa contoh konsep fungible itu sendiri? Misalnya, tuan A meminjamkan uang sebesar Rp500.000 kepada tuan B dalam bentuk lima lembar Rp100.000. Nantinya, tuan B bisa melunasi utang tersebut dalam bentuk 10 lembar Rp50.000, mengingat nilainya bisa menggantikan lima lembar uang Rp100.000 sebelumnya.

Nah, token NFT sendiri tidak bisa ditukarkan atau diperdagangkan dengan metode serupa, Sobat Cuan!

Sebab, seperti yang telah disebutkan di atas, masing-masing token bersifat unik dan tidak identik satu sama lain. Makanya, masing-masing token tidak dapat tergantikan dengan benda apa pun. Atas alasan tersebut, maka token NFT tidak cocok dijadikan sebagai alat transaksi.

Namun, bukan berarti kegunaan token NFT bersifat terbatas. Sebab, token NFT belakangan digunakan untuk berbagai aktivitas.

Sebagai contoh, token NFT bisa jadi sarana ideal untuk mewakili aset fisik seperti rumah atau pun karya seni. Selain itu, karena token NFT didasarkan atas sistem blockchain, maka token-token ini juga bisa menghubungkan sang artis dengan audiensnya secara langsung dan tanpa perantara.

Sejauh ini, NFT baru digunakan untuk benda-benda yang umum dikoleksi oleh kolektor (collectibles). Misalnya, seni digital, kartu-kartu olahraga, dan benda-benda langka lainnya.

Salah satu benda langka dalam versi NFT yang dijual dengan angka gila-gilaan adalah cuitan pertama CEO Twitter Jack Dorsey yang berbunyi “just setting up my twttr“. Versi NFT dari twit tersebut sudah dilelang dan dijual senilai US$2,5 juta.

Baca juga: Mau Tajir dari Aset Kripto? Yuk, Simak Kisah Mereka yang Sukses dari NFT!

Mengenal NFT Lebih Jauh

Seperti uang pada umumnya, aset kripto pun biasanya bersifat fungible. Mereka dapat diperdagangkan atau ditukar dengan benda lain asal bernilai sama. Sehingga, aset kripto sejatinya sudah bisa digunakan sebagai alat transaksi di lingkup ekonomi digital.

Hanya saja, NFT mengubah konsep tersebut. Di dalam jagat NFT, setiap token terbilang unik dan tak bisa tergantikan. Sehingga, satu token tidak bisa menggantikan kehadiran token yang lain.

Sama seperti Bitcoin, NFT mengandung detail informasi kepemilikan untuk mengidentifikasi dan memudahkan transfer token antar pengguna.

Pemilik NFT juga bisa menambahkan metadata terkait detail-detail lainnya mengenai token yang mereka genggam. Sebagai contoh, biasanya para artis digital kerap membubuhkan tanda tangan di bagian metadata tersebut.

NFT sendiri merupakan evolusi dari standar token ERC-721, sebuah standar token yang diciptakan di atas sebuah fitur blockchain Ethereum bernama smart contract. ERC-721 mempertegas tentang sistem kepemilikan, keamanan, dan metadata sebuah token, di mana hal-hal tersebut sangat berguna untuk mendistribusikan token-token game.

Standar token ERC-721 tersebut kemudian “dipoles” lagi melalui standar ERC-1155. Standar token terbaru ini berfungsi mengurangi biaya transaksi dan penyimpanan yang biasanya dibutuhkan oleh token-token NFT untuk menjadi satu kontrak tunggal.

Baca juga: Yuk, Cari Cuan Lewat Crypto Art! Apa Sih Crypto Art?

NFT Adalah Perkembangan Terpenting di Jagat Aset Kripto

Banyak pihak mengatakan bahwa token NFT adalah salah satu langkah besar yang dilakukan umat manusia di kancah aset kripto. Mengapa demikian? Karena NFT dianggap sebagai medium bagi seniman untuk menjangkau audiens yang lebih besar lagi.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, NFT adalah perwakilan digital dari karya seni milik sang artis. Sehingga, sang artis bisa dapat langsung memasarkan karya seninya tanpa harus melalui perantara atau pihak ketiga. Hal ini tentu akan menciptakan efisiensi di pasar karya seni.

Selain itu, kehadiran NFT juga dipercaya bisa memperbaiki proses bisnis. Sebagai contoh, token NFT yang digunakan untuk mewakili satu botol anggur akan mempermudah pihak-pihak lain di dalam rantai pasok pembuatan botol anggur untuk berinteraksi satu sama lain.

Kemudian, NFT juga dianggap sebagai pemain terdepan dalam hal manajemen identitas lantaran sifat masing-masing token yang unik dan tergantikan. Sehingga, karakteristik tersebut akan sangat berguna jika diaplikasikan ke kegiatan sipil. Misalnya, pembuatan paspor. Jika paspor fisik bisa diwakilkan dengan token NFT, maka proses keluar-masuk imigrasi di pintu-pintu perbatasan bisa semakin cepat.

Namun, hal yang paling menarik dari NFT adalah munculnya potensi pasar ekonomi dan bentuk investasi baru. Setiap token NFT mewakili benda-benda yang unik dan tidak dimiliki orang lain, sehingga hal ini akan sangat disukai oleh mereka yang menghargai eksklusifitas dan kelangkaan suatu benda.

Baca juga: Ini Dia Aset Kripto atau Cryptocurrency Terbaik 2020

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar