Obligasi Korporasi vs Obligasi Pemerintah, Bedanya di Mana?

0
152
obligasi korporasi obligasi pemerintah

Di serial #CerdasCuan ini, topik yang akan kamu pelajari adalah

  • Jenis-jenis Obligasi
  • Obligasi Korporasi
  • Obligasi Pemerintah

Jenis-jenis Obligasi

Seperti disebutkan, obligasi dapat diterbitkan oleh entitas yang berbeda. Jika penerbit adalah sebuah perusahaan, maka itu dianggap sebagai obligasi korporasi. Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah disebut Obligasi Pemerintah.

Juga telah disebutkan dalam tutorial sebelumnya, harga pasar obligasi dipengaruhi oleh tingkat bunga pasar pada waktu dan tingkat kupon, yang ditentukan oleh risiko kredit dan durasi obligasi.

Semakin tinggi risiko kredit, semakin tinggi hasil kupon yang peminjam harus berikan kepada investor untuk menanggung risiko lebih tinggi yang mereka ambil.

Obligasi Korporasi

Untuk masalah pembiayaan utang, perusahaan dapat menerbitkan obligasi untuk mencari dana. Ini merupakan alternatif lain untuk mengumpulkan dana selain meminjam dari bank. Di banyak hal, pasar obligasi menawarkan persyaratan yang lebih menguntungkan dan juga suku bunga yang lebih rendah.

Baik perusahaan terbuka atau pun swasta dapat menerbitkan obligasi. Tetapi, risikonya adalah adanya kemungkinan untuk default atau gagal bayar. Hal ini akan ditandai dengan surat. Obligasi juga memiliki rating atau peringkat. Ini dihitung menggunakan faktor-faktor seperti stabilitas keuangan perusahaan, utang saat ini dan potensi pertumbuhan.

Di Indonesia, obligasi korporasi dapat dikatakan tidak likuid. Hanya diperdagangkan secara over-the-counter dan memerlukan investasi minimum yang terbilang besar. Hal lain yang perlu diperhatikan ketika ingin berinvestasi pada obligasi korporasi adalah untuk memilih obligasi yang memiliki rating tinggi. Tingkat rating ini menunjukkan besarnya risiko jika penerbit obligasi gagal membayar pokok atau pun bunga. 

Obligasi Pemerintah

Obligasi ini diterbitkan oleh pemerintah untuk mendapatkan pendanaan dari masyarakat. Dikenal juga dengan nama Surat Berharga Negara. Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dianggap lebih aman daripada obligasi karena angka default yang lebih rendah. Selain itu, obligasi ini juga dijamin undang-undang. Oleh karena itu, obligasi pemerintah cenderung memiliki tingkat kupon yang lebih rendah dibandingkan obligasi korporasi untuk jatuh tempo yang sama.

Di AS, obligasi yang diterbitkan oleh Departemen Keuangan AS dengan tahun atau kurang hingga jatuh tempo disebut “Bills”. Obligasi pemerintah di AS dikeluarkan leh US treasury. 

Di Indonesia, obligasi pemerintah atau Surat Utang Negara semakin populer. Dari segi kupon, ada dua jenis obligasi yang dikeluarkan pemerintah, yakitu:

  • Fixed Rate (FR): obligasi dengan kupon tetap
  • Variable Rate (VR): obligasi dengan kupon variable

Selain itu, terdapat juga obligasi yang diterbitkan sesuai dengan prinsip syariah/sukuk negara, dikenal juga dengan Surat Berharga Syariah Negara.

Jenis-jenis Obligasi Pemerintah di Indonesia

Jenis Surat Utang Negara Surat Berharga Syariah Negara
Kategori Bisa diperdagangkan di pasar sekunder Tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder Bisa diperdagangkan di pasar sekunder Tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder
Nama Obligasi Obligasi Negara Ritel (ORI), seri FR (mata uang Rupiah), seri INDON (bukan dalam mata uang Rupiah) Savings Bond Ritel (SBR) Sukuk Ritel
(SR), Seri IFR
Sukuk Tabungan
(ST), Sukuk Dana Haji Indonesia (SDHI)

 

  • Untuk seri FR dan VR, berikut merupakan 10 contoh obligasi yang sedang diperdagangkan di pasar sekunder:
INFORMASI OBLIGASI NEGARA
YANG DIPERDAGANGKAN DI PASAR SEKUNDER
Seri Jatuh Tempo Pokok Tingkat Kupon
VR0031 25 Jul 2020 5.1575
VR0026 25 Jan 2018 5.1575
VR0020 25 Apr 2015 5.1575
FR0037 15 Sep 2026 12
FR0056 15 Sep 2026 8.375
FR0040 15 Sep 2025 11
FR0044 15 Sep 2024 10
FR0057 15 May 2041 9.5
FR0045 15 May 2037 9.75
FR0043 15 Jul 2022 10.25
Sumber: Bank Indonesia, Posisi Per 31 Aug 2020

Karena ada banyak jenis obligasi pemerintah yang tersedia, mungkin kamu bingung harus memulai darimana. Dana pendapatan tetap dapat menjadi pilihanmu untuk memulai investasi pada obligasi. Nantikan produk obligasi dari Pluang untuk diversifikasi portfolio kamu!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here