Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Overnight Index Swap?

Overnight index swap alias OIS merupakan pertukaran index semalam, dan overnight index swap adalah penerapan indeks suku bunga semalam seperti dana federal atau suku bunga Libor di AS.

Pertukaran indeks alias swap index mengacu pada kontrak lindung nilai di mana salah satu pihak menukar arus kas yang telah ditentukan dengan pihak lawan pada tanggal tertentu.

Aktivitas overnight index swap ini adalah kelompok khusus dari pertukaran suku bunga tetap konvensional, dengan ketentuan yang dapat disesuaikan dari tiga bulan hingga lebih dari satu tahun. Overnight swap index adalah swap suku bunga semalam yang ditukar dengan suku bunga tetap.

Bunga bagian dari suku bunga semalam dari hasil pertukaran ini digabungkan dan dibayarkan pada tanggal reset, dengan tetap memperhitungkan nilai swap kepada masing-masing pihak.

Nilai sekarang ditentukan baik dengan penggabungan tarif semalam atau dengan mengambil rata-rata geometris tarif selama periode tertentu. Setiap swap suku bunga terjadi, kurva suku bunga harus dibuat untuk menentukan nilai sekarang dari arus kas.

Baca juga: Suku Bunga Pengaruhi Investasi? Ini 3 Sektor Vital yang Terkena Imbas

Bagaimana cara kerja overnight index swap?

overnight index swap

Pertukaran indeks semalam alias overnight index swap adalah aktivitas yang menggunakan indeks suku bunga semalam. Yakni seperti suku bunga dana federal sebagai suku bunga dasar untuk keadaan mengambang.

Sementara untuk langkah tetap, akan ditetapkan pada tarif yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Overnight index swap adalah hal yang populer di kalangan lembaga keuangan. Hal ini karena indeks semalam dianggap sebagai indikator yang baik untuk pasar kredit antarbank dan kurang berisiko dibandingkan selisih suku bunga tradisional.

Terdapat sembilan langkah yang perlu dijalankan dalam menghitung keuntungan dolar bank dari penggunaan pertukaran indeks semalam ini.

Langkah-langkah tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Baca juga: Serba-serbi Index Future, Ketahui Cara Kerja Kontrak Berjangka dalam Investasi

Pertukaran indeks semalam alias OIS dalam 9 langkah 

Langkah pertama, yakni dengan mengalihkan tarif semalam untuk periode di mana swap berlaku. Jika swap dimulai pada hari Jumat, periode swap adalah tiga hari karena transaksi tidak diselesaikan pada akhir pekan.

Jika swap dimulai pada hari kerja lain, periode swap adalah satu hari. Misalnya, jika tarif semalam adalah 0,005% dan swap dimasukkan pada hari Jumat. Maka, tarif efektifnya adalah 0,015% (0,005% x 3 hari), jika tidak, 0,005%.

Langkah kedua dari penghitungan overnight index swap adalah penghitungan dengan membagi tarif efektif semalam dengan 360.

Praktik industri menyatakan bahwa penghitungan swap semalam menggunakan 360 hari untuk setahun, bukan 365. Dengan menggunakan tarif di atas, penghitungan di langkah kedua adalah 0,005%/360 = 1,3889 x 10^-5.

Untuk langkah selanjutnya, cukup tambahkan satu ke hasil tersebut, sehingga menjadi 1,00003889.

Pada langkah keempat, kalikan tarif baru dengan total pokok pinjaman. Misal, jika pinjaman semalam memiliki pokok USD 1 juta, maka hasil perhitungannya adalah 1,00003889 x USD 1 juta = USD 1.000.013,89.

Dengan langkah selanjutnya, overnight index swap adalah langkah dengan menerapkan perhitungan di atas untuk setiap hari pinjaman. Dengan pokok pinjaman terus-menerus diperbarui. Hasilnya adalah 1,00001472.

Sementara, langkah ketujuh mirip dengan langkah kedua dan ketiga. Pada langkah kedelapan, naikkan traif pangkat dari jumlah hari pinjaman dan kalikan dengan pokok pinjaman: 1,00001472^1 x USD 1 juta = USD 1.000.014,72.

Langkah terakhir dalam overnight index swap adalah, kurangi dua jumlah tersebut untuk mengidentifikasi keuntungan yang diperoleh bank dari penggunaan swap: USD 1.000.014,72 – USD 1.000.013,89 = USD 0,83.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Mau Cuan Investasi Saham untuk Pemula? Intip Dulu Panduannya di Sini!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img