Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Pasar Bebas?

Pengertian Pasar Bebas adalah sistem ekonomi yang didasarkan pada penawaran dan permintaan dengan sedikit atau tanpa kendali pemerintah. Ini adalah deskripsi ringkasan dari semua pertukaran sukarela yang terjadi di lingkungan ekonomi tertentu.

Pengertian pasar bebas dicirikan oleh tatanan pengaturan yang spontan dan terdesentralisasi di mana individu membuat keputusan ekonomi. Berdasarkan aturan politik dan hukumnya, ekonomi pasar bebas suatu negara dapat berkisar antara pasar yang sangat besar atau pasar gelap seluruhnya.

KESIMPULAN

  • Pasar bebas adalah pasar di mana pertukaran sukarela dan hukum penawaran dan permintaan menyediakan satu-satunya dasar untuk sistem ekonomi, tanpa campur tangan pemerintah.
  • Fitur utama dari pasar bebas adalah tidak adanya transaksi atau kondisi yang dipaksakan (dipaksa) pada transaksi.
  • Meskipun tidak ada ekonomi pasar bebas murni yang benar-benar ada, dan semua pasar dalam beberapa hal dibatasi, para ekonom yang mengukur derajat kebebasan di pasar telah menemukan hubungan yang umumnya positif antara pasar bebas dan ukuran kesejahteraan ekonomi.

Pengertian Pasar Bebas

Istilah “pasar bebas” kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk kapitalisme laissez-faire. Ketika kebanyakan orang membahas “pengertian pasar bebas” yang mereka maksud adalah ekonomi dengan persaingan yang tidak terhalang. Dan hanya transaksi pribadi antara pembeli dan penjual.

Namun, definisi yang lebih inklusif harus mencakup kegiatan ekonomi sukarela selama tidak dikendalikan oleh otoritas pusat yang memaksa. Menggunakan deskripsi ini, kapitalisme laissez-faire dan sosialisme sukarela masing-masing adalah contoh pasar bebas. Meskipun yang terakhir mencakup kepemilikan bersama atas alat-alat produksi. Fitur kritisnya adalah tidak adanya pemaksaan atau pembatasan paksa terkait aktivitas ekonomi.

Pemaksaan hanya dapat terjadi di pasar bebas dengan kesepakatan bersama sebelumnya dalam kontrak sukarela, seperti pemulihan kontrak yang diberlakukan oleh undang-undang gugatan hukum.

Baca juga: Apa Itu Free Cash Flow?

Hubungan Pasar Bebas Dengan Kapitalisme dan Kebebasan Individu

Tidak ada negara modern yang beroperasi dengan pasar bebas yang sepenuhnya tanpa hambatan. Konon, sebagian besar pasar bebas cenderung bertepatan dengan negara-negara yang menghargai kepemilikan pribadi, kapitalisme, dan hak individu. Ini masuk akal karena sistem politik yang menghindari peraturan atau subsidi untuk perilaku individu tidak terlalu mengganggu transaksi ekonomi sukarela.

Selain itu, pasar bebas lebih cenderung tumbuh dan berkembang dalam sistem di mana hak properti dilindungi dengan baik dan kapitalis memiliki insentif untuk mengejar keuntungan.

Pasar Bebas dan Pasar Keuangan

Di pasar bebas, pasar keuangan dapat berkembang untuk memfasilitasi kebutuhan pembiayaan bagi mereka yang tidak dapat atau tidak ingin membiayai sendiri. Misalnya, beberapa individu atau bisnis mengkhususkan diri dalam memperoleh tabungan dengan secara konsisten tidak menghabiskan semua kekayaan mereka saat ini.

Yang lain mengkhususkan diri dalam menyebarkan tabungan dalam mengejar aktivitas kewirausahaan, seperti memulai atau memperluas bisnis. Para pelaku ini bisa mendapatkan keuntungan dari perdagangan sekuritas keuangan seperti saham dan obligasi.

Misalnya, penabung dapat membeli obligasi dan menukarkan simpanan mereka saat ini kepada pengusaha dengan janji tabungan masa depan ditambah remunerasi, atau bunga. Dengan saham, tabungan diperdagangkan untuk klaim kepemilikan atas pendapatan masa depan. Tidak ada contoh modern dari pasar keuangan yang murni bebas.

Baca juga: Makin Sakti, Paspor Indonesia Bisa Bebas Kunjungi 71 Negara dengan VOA

Batasan Umum di Pasar Bebas

Semua batasan di pengertian pasar bebas menggunakan ancaman kekerasan yang implisit atau eksplisit. Contoh umum termasuk: larangan pertukaran tertentu, perpajakan, peraturan, mandat dengan persyaratan tertentu dalam suatu bursa, persyaratan lisensi, nilai tukar tetap.

Lalu juga persaingan dari layanan yang disediakan untuk umum, kontrol harga, dan kuota produksi, pembelian barang, atau praktik perekrutan karyawan .

Perusahaan bisnis dan kelompok kepentingan lainnya dalam masyarakat sering melobi untuk membentuk batasan ini demi keuntungan mereka sendiri dalam fenomena yang dikenal sebagai pencarian sewa.

Ketika perilaku pasar bebas diatur, ruang lingkup pasar bebas dibatasi tetapi biasanya tidak dihilangkan seluruhnya, dan pertukaran sukarela masih dapat berlangsung dalam kerangka peraturan pemerintah.

Beberapa pertukaran juga dapat terjadi dengan melanggar aturan dan regulasi pemerintah tentang apa yang disebut “pasar gelap”. Yang dalam beberapa hal dapat dianggap sebagai versi bawah tanah dari pasar bebas. Namun demikian pertukaran pasar masih sangat dibatasi.

Karena di pasar gelap, persaingan sering kali berbentuk konflik kekerasan antara kelompok produsen atau konsumen saingan sebagai lawan dari persaingan pasar bebas atau persaingan mencari keuntungan melalui sistem politik.

Akibatnya dalam pasar gelap, keunggulan kompetitif cenderung mengalir kepada mereka yang memiliki keunggulan relatif dalam kekerasan. Sehingga perilaku monopoli atau oligopoli mungkin terjadi dan hambatan untuk masuk menjadi tinggi karena pemain yang lebih lemah diusir dari pasar.

Baca juga: Mulai Perjalananmu Menuju Kebebasan Finansial dengan 6 Cara Ini!

Mengukur Kebebasan Ekonomi

Untuk mempelajari pengaruh pasar bebas terhadap perekonomian, para ekonom telah menyusun beberapa indeks kebebasan ekonomi yang terkenal. Ini termasuk Indeks Kebebasan Ekonomi yang diterbitkan oleh Heritage Foundation dan indeks Kebebasan Ekonomi Dunia dan Kebebasan Ekonomi Amerika Utara yang diterbitkan oleh Fraser Institute, yang mengukur.

Indeks-indeks ini mencakup item-item seperti keamanan hak milik, beban regulasi, dan keterbukaan pasar keuangan, di antara banyak item lainnya. Analisis empiris yang membandingkan indeks-indeks ini dengan berbagai ukuran pertumbuhan ekonomi, perkembangan, dan standar hidup menunjukkan bukti yang luar biasa. Hal ini berkaitan tentang hubungan antara pasar bebas dan kesejahteraan material di berbagai negara.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Free Cash Flow?

Mulai Perjalananmu Menuju Kebebasan Finansial dengan 6 Cara Ini!

Makin Sakti, Paspor Indonesia Bisa Bebas Kunjungi 71 Negara dengan VOA

spot_img

Artikel Terbaru

Product UX Copywriter

0

Partnerships Manager

0

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0
spot_img