Currently set to Index
Currently set to Follow

Pemilu Amerika Serikat Berlangsung, Bagaimana Keadaan Pasar?

Pemilihan presiden AS yang ke-59 berlangsung pada hari Selasa, 3 November 2020 kemarin. Melihat dari minggu lalu, indeks S&P 500 turun hampir 6% dan minggu sebelum pemilu tersebut merupakan minggu yang terburuk sejak virus corona mulai menyebar pada bulan Maret. 

Wall Street dan Pemilu Amerika 

Investor mulai masuk ke pasar dan membeli saham di awal bulan November setelah sell-off di bulan Oktober. Pasar mengalami kenaikan, sehari sebelum pemilihan presiden di AS.  Laporan ekonomi terus menunjukkan kekuatan di AS dan seluruh dunia.

Kenaikan pada hari Senin berlanjut hingga hari Selasa, dimana indeks  DJIA melonjak 2%, sedangkan S&P 500 dan Nasdaq masing-masing naik 1,78% dan 1,85%.

Pemilu AS kali ini dinilai merupakan yang terbaik kedua dalam sejarah setelah tahun 1984. Komentator pasar percaya investor bertaruh pada gerakan Partai Demokrat ke Gedung Putih dan Kongres, yang dapat mengarah pada stimulus fiskal yang berjumlah banyak. Tidak menutup kemungkinan sekitar 2-3% dari PDB AS.

Meskipun volatilitas tinggi pada hari-hari dan minggu-minggu menjelang pemilihan, tampaknya hal ini tidak akan bertahan seminggu setelahnya. Tahun 2020 mungkin sangat berbeda mengingat pemilu Amerika ini kemungkinan besar akan dramatis.

Kita mungkin tidak tahu siapa presiden berikutnya selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Selain itu, dunia sedang berada di tengah pandemi, sehingga pola historis belum sepenuhnya terbukti tahun ini. Tapi, tentunya ada alasan untuk tetap berharap.

Hari Selasa, 3 November 2020 adalah hari pemilihan presiden di AS. Tetapi hari itu hanya akan menjadi hari pemungutan suara terakhir untuk warga Amerika. Pada hari Minggu, 25 Oktober, warga AS telah memasukkan 85.8 juta surat suara, kira-kira 62% dari total jumlah yang diberikan pada tahun 2016 menurut Proyeksi Pemilu AS.

Investor harus siap dengan ketidakpastian, karena banyak dari suara awal ini tidak dapat dihitung pada hari pemilihan, dan oleh karena itu hasil pemilihan mungkin tidak diketahui beberapa hari setelahnya.

Mengenai arti pemenang bagi investor dan kebanyakan orang pada umumnya, kemampuan Presiden untuk mempengaruhi pasar sebenarnya cukup marjinal. Pemenang pemilu akan mempengaruhi banyak masalah penting, tetapi jangan berharap banyak bahwa hasil pemilu akan membuat portofolio upside down.

Baca juga: Membuat Rencana Investasi, Apa Saja Strategi yang Perlu Diketahui?

Alokasi Portfolio dan Pemilu Amerika

Tentunya dunia masih dalam ketidakpastian, oleh karena itu strategi alokasi portfolio masih sangat penting untuk diperhatikan. Kita akan melihat bagaimana  emas untuk saat ini. Alokasi pada emas adalah sebuah keputusan strategis untuk jangka panjang.

Tapi hari ini, alasan untuk memiliki emas adalah sebagai strategi all-weather atau segala musim mengingat sejumlah besar ketidakpastian. Pemilu yang sedang berlangsung sangat bipolar, dapat menghasilkan banyak perubahan rezim kebijakan.

Misalnya, pemilihan umum dapat menyebabkan Democrat sweep di Kongres. Artinya, setelah pemilu, stimulus fiskal yang jauh lebih besar dapat terjadi dimana lebih banyak uang yang dicetak dan Dolar AS semakin terdepresiasi.

Alokasi investasi emas dapat menangani risiko ini. Volatilitas pasar juga mengarah ke aset lindung nilai. Jadi, kita dapat melihat alokasi pada emas tidak hanya dari sisi imbal hasil saja, melainkan juga tentang manajemen risiko dan ketidakpastian ekonomi yang kita hadapi saat ini. Ada banyak alasan mengapa hal ini terjadi.

Kita perlu melindungi investasi dari dilusi uang kertas. Alasannya, kini ada gerakan pencetakan uang besar-besaran dengan jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Alokasi investasi pada emas memiliki fungsi utama untuk manajemen risiko, salah satunya dari dilusi uang kertas.

Jadi, ada banyak hal yang terjadi saat membangun portofolio. Investor dapat mengambil pendekatan yang sangat holistik atau secara keseluruhan. Saat ini kita berada di situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Oleh karena itu, investor perlu menyesuaikan alokasi portfolio dan mempertimbangkan alokasi pada emas.

Suatu hari nanti, vaksin COVID-19 akan dirilis, rotasi sektor ekonomi juga akan terjadi. Ketika ketidakpastian tentang kebijakan rezim baru di Amerika berakhir, maka tentunya akan memerlukan strategi alokasi lainnya. Banyak hal berubah seiring waktu dan algoritme akan bergerak lagi. Tapi untuk saat ini, fokus investor bukan hanya tentang imbal hasil, tetapi juga manajemen risiko.

Diversifikasi Portofolio dengan Investasi Online Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Investasi Sekarang

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img