Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Corporate Finance?

Pengertian corporate finance adalah pihak yang mengatur keuangan perusahaan. Divisi keuangan ini mengurus bagaimana perusahaan menangani sumber pendanaan, penataan modal, dan keputusan investasi.

Corporate finance terutama berkaitan dengan memaksimalkan nilai pemegang saham melalui perencanaan keuangan jangka panjang dan pendek. Begitu juga menerapkan strategi tersebut.

Aktivitas dalam pengertian corporate finance ini berkisar dari keputusan investasi modal hingga investasi perbankan yang dilakukan suatu perusahaan.

Departemen keuangan perusahaan bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi kegiatan keuangan dan keputusan investasi modal perusahaan mereka. Pembiayaan korporasi mencakup aktivitas yang terkait dengan keputusan pendanaan, investasi, dan penganggaran modal korporasi.

Baca juga: Catat! Ini 4 Pertanyaan Dasar untuk Tentukan Strategi Investasi

Memahami lebih lanjut pengertian corporate finance

Keputusan yang dilakukan corporate finance mencakup apakah akan mengejar investasi yang diusulkan dan apakah akan membayar investasi dengan ekuitas, utang, atau keduanya.

Ini juga termasuk apakah pemegang saham harus menerima dividen. Selain itu, divisi ini juga mengelola aset lancar, kewajiban lancar, dan pengendalian inventaris.

Investasi modal

Tugas dalam pengertian corporate finance termasuk melakukan investasi modal dan menggunakan modal jangka panjang perusahaan.

Proses keputusan investasi modal terutama berkaitan dengan penganggaran modal. Melalui penganggaran modal, perusahaan mengidentifikasi pengeluaran modal, juga memperkirakan arus kas masa depan dari proyek modal yang diusulkan.

Selain itu, pengertian corporate finance dan tugasnya mencakup pula membandingkan investasi yang direncanakan dengan hasil potensial. Hingga memutuskan proyek mana yang akan dimasukkan dalam anggaran modalnya.

Melakukan investasi modal adalah tugas corporate finance paling penting yang dapat berimplikasi serius pada bisnis. Penganggaran modal yang buruk (misalnya, investasi yang berlebihan atau investasi yang kurang didanai) dapat membahayakan posisi keuangan perusahaan.

Baca juga: 3 Jenis Modal Usaha, Dasar-dasar Financing Bisnis untuk Pemula

Dua hal signifikan lain yang perlu dilakukan divisi corporate finance

Selain mengatur investasi modal, divisi keuangan suatu perusahaan juga menimbang perihal pembiayaan modal dan pengaturan likuiditas jangka pendek.

Pembiayaan modal

Terkait pembiayaan modal, pengertian corporate finance di sini bertanggung jawab untuk mendapatkan modal dalam bentuk utang atau ekuitas. Perusahaan dapat meminjam dari bank komersial dan perantara keuangan lainnya atau dapat menerbitkan sekuritas utang di pasar modal melalui investasi bank.

Demikian pula, perusahaan dapat memilih untuk menjual saham kepada investor ekuitas. Ini terutama ketika perusahaan membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk ekspansi bisnis.

Pembiayaan modal adalah tindakan penyeimbangan dalam hal menentukan jumlah atau bobot relatif antara utang dan ekuitas. Memiliki terlalu banyak utang dapat meningkatkan risiko gagal bayar.

Untuk mengatasi situasi ini, tentunya perusahaan sangat bergantung pada ekuitas untuk mengurangi pendapatan dan nilai bagi investor awal. Pembiayaan modal pada akhirnya harus menyediakan modal yang dibutuhkan untuk melaksanakan penanaman modal.

Likuiditas jangka pendek

Pengertian corporate finance, selain investasi modal dan pembiayaan modal, juga terkait pengaturan likuiditas jangka pendek. Divisi corporate finance ditugaskan untuk mengelola keuangan jangka pendek.

Tujuannya adalah untuk memastikan adanya cukup likuiditas untuk menjalankan operasi yang berkelanjutan. Manajemen keuangan jangka pendek menyangkut aset lancar dan kewajiban lancar atau modal kerja dan arus kas operasi.

Perusahaan harus dapat memenuhi semua kewajiban lancarnya pada saat jatuh tempo. Ini melibatkan pemilikan aset likuid saat ini yang cukup untuk menghindari gangguan operasi perusahaan.

Manajemen keuangan jangka pendek mungkin juga melibatkan perolehan jalur kredit tambahan atau menerbitkan surat berharga sebagai cadangan likuiditas.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img