Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu ESOP?

Employee stock ownership plan atau ESOP adalah sebuah bentuk tunjangan pegawai yang memberikan mereka kepemilikan saham dalam perusahaan. ESOP memberikan beragam insentif pajak kepada perusahaan sponsor, para pemegang saham dan peserta.

Perusahaan sering memanfaatkan ESOP sebagai strategi corporate-finance untuk membuat agar kepentingan para pegawai mereka dan para pemegang saham menjadi searah.

Hal-hal Penting

  • ESOP memberikan para pekerja kepemilikan kepentingan dalam perusahaan.
  • Hal ini biasanya dibentuk untuk memberikan kesempatan kepada pegawai untuk membeli saham dalam sebuah perusahaan perseroan terbatas guna menunjang rencana penerusan.
  • ESOP mendorong pegawai untuk memberikan yang terbaik kepada para pemegang saham. Ini dikarenakan mereka sendiri kini juga pemegang saham dan memberikan insentif pajak kepada perusahaan. Diharapkan hal tersebut akan membuat pemilik perusahaan juga memberikan insentif tambahan kepada para pegawai.
  • Pada umumnya perusahaan mengatur pembagian mulai dari perencanaan hingga vesting.

Baca juga: Membuat Rencana Investasi, Apa Saja Strategi yang Perlu Diketahui?

Memahami Apa Itu Employee Stock Ownership Plans (ESOP)

ESOP biasanya dibentuk untuk membantu rencana penerusan dalam sebuah perusahaan perseroan terbatas. Prosesnya dilakukan dengan memberikan para pegawai kesempatan untuk membeli saham perusahaan tersebut. ESOP kemudian dibentuk sebagai dana amanah dan bisa didanai oleh banyak perusahaan.

Proses pendanaannya bisa dengan memasukkan saham baru, uang tunai untuk membeli saham atau meminjam uang melalui entitas untuk membeli saham. ESOP digunakan oleh semua jenis perusahaan. Mulai dari usaha kecil menengah hingga perusahaan besar yang terdaftar pada bursa efek.

Berhubung saham ESOP merupakan bagian dari remunerasi pegawai, perusahaan bisa memanfaatkan ESOP. Ini dilakukan untuk menjaga agar peserta ESOP memfokuskan pada kinerja perusahaan dan kenaikan harga saham. Para pegawai kemudian diberikan kepentingan agar saham perusahaan berkembang baik.

Diharapkan rencana ini akan mendorong para pegawai untuk memberikan yang terbaik kepada para pemegang saham. Ini dikarenakan mereka sendiri kini menjadi para pemegang saham juga.

Biaya Di Muka Dan Pembagian

Perusahaan sering memberikan kepemilikan kepada para pegawai tanpa biaya di muka. Perusahaan bisa memegang saham yang tersedia dengan alasan keamanan dan pertumbuhan hingga pegawainya pensiun atau mengundurkan diri. Biasanya perusahaan mengatur pembagian dari perencanaan hingga vesting—proporsi saham yang diterima untuk pengabdian setiap tahunnya.

Setelah sahamnya vesting sepenuhnya, perusahaan kemudian “membeli” saham vesting dari pegawai yang pensiun atau mengundurkan diri. Uang dari pembelian tersebut diterima pegawai dalam bentuk lump sum atau pembayaran berkala tergantung ESOP. Setelah perusahaan membeli saham dan membayar pegawai, perusahaan akan membagikan atau menganulir sahamnya. Pegawai yang mengundurkan diri atau pensiun tidak bisa membawa serta saham atau surat berharga mereka. Mereka hanya bisa menerima pembayaran uang tunai. Pegawai yang dipecat sering hanya memenuhi syarat jumlah yang sudah mereka terima dalam rencana mereka.

Employee-owned corporation adalah perusahaan yang mayoritas holdingnya dikuasai oleh pegawai mereka sendiri. Perusahaan seperti ini seperti koperasi. Perbedaannya adalah perusahaan tidak membagikan modalnya secara merata.

Kebanyakan perusahaan ini hanya memberikan hak voting untuk pemegang saham tertentu. Mereka juga bisa memberikan pegawai senior mereka tunjangan  berupa saham yang lebih banyak dari para pegawai muda.

Beberapa perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki pegawai adalah Publix Super Markets (200.000 pegawai), Amsted Industries (18.000 pegawai), W.L. Gore and Associates (Pembuat jaket Gore-Tex, 10.720 pegawai), dan Davey Tree Expert (10.500 pegawai). Perusahaan dengan ESOP dan rencana kepemilikan pegawai hampir pasti selalu masuk daftar “100 Best Companies to Work for in America” majalah Fortune setiap tahunnya.

Baca juga: Kekayaan 10 Orang Terkaya di Dunia Ini Amblas Lantaran Covid-19, Siapa Saja Mereka?

ESOP dan Bentuk Kepemilikan Pegawai Lainnya

Rencana kepemilikan saham memberikan paket yang bertindak sebagai tunjangan tambahan. Ini dilakukan guna mencegah permusuhan dan menjaga budaya perusahaan yang ingin dipelihara oleh manajemen.

Bentuk lain kepemilikan pegawai dalam wujud ESOP termasuk program pembelian langsung, opsi saham, saham terbatas, saham bayangan dan hak apresiasi saham.

Rencana pembelian langsung memungkinkan pegawai membeli saham perusahaan tempat kerja mereka dengan uang pribadi. Beberapa negara memberikan rencana khusus termasuk pajak yang memungkinkan pegawai membeli saham perusahaan dengan potongan harga.

Saham Terbatas, Opsi Saham dan Saham Bayangan

Saham terbatas memberikan hak kepada pegawai untuk menerima saham sebagai hadiah atau barang belian setelah memenuhi batasan tertentu. Batasan-batasan itu bisa berupa bekerja dalam jangka waktu tertentu atau mencapai sasaran kinerja tertentu.

Opsi saham memberikan kesempatan pada pegawai untuk bisa membeli saham dengan harga tetap pada waktu tertentu. Sementara saham bayangan memberikan bonus uang tunai untuk kinerja pegawai yang baik.

Bonus-bonus seperti ini bisa disetarakan dengan nilai sejumlah saham dengan adanya ESOP. Hak apresiasi saham memberikan hak kepada pegawai untuk meningkatkan nilai sejumlah saham yang sudah ditentukan. Biasanya perusahaan membayar saham seperti ini dalam bentuk uang tunai.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img