Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Guarantor?

Pengertian guarantor adalah istilah keuangan yang menggambarkan individu yang berjanji untuk membayar hutang peminjam jika peminjam gagal memenuhi kewajiban pinjamannya. Guarantor atau penjamin menjaminkan aset mereka sendiri sebagai jaminan atas pinjaman tersebut.

Pada kesempatan yang jarang, individu bertindak sebagai penjamin mereka sendiri. Dengan menjaminkan aset mereka sendiri terhadap pinjaman. Istilah “penjamin” sering kali diganti dengan istilah “jaminan.”

  • Penjamin menjamin untuk membayar hutang peminjam jika peminjam gagal memenuhi kewajiban pinjaman.
  • Adapun Penjamin menjamin pinjaman dengan menjaminkan asetnya sebagai jaminan.
  • Lalu Penjamin dapat mendeskripsikan seseorang yang memverifikasi identitas seseorang yang mencoba mendapatkan pekerjaan atau mendapatkan paspor.
  • Tidak seperti penandatangan bersama, penjamin tidak memiliki klaim atas aset yang dibeli oleh peminjam.

Baca juga: OJK Tutup Banyak Fintech Pinjol Ilegal, Hindari Aplikasi Ilegal dengan 9 Tips Ini!

Memahami Peran Guarantor atau Penjamin

Penjamin biasanya berusia di atas 18 tahun dan tinggal di negara tempat perjanjian pembayaran terjadi. Penjamin umumnya menunjukkan sejarah kredit yang patut dicontoh dan pendapatan yang cukup untuk menutupi pembayaran pinjaman jika dan ketika peminjam gagal bayar, di mana saat itu aset penjamin dapat disita oleh pemberi pinjaman.

Dan jika peminjam secara kronis terlambat melakukan pembayaran, penjamin mungkin harus membayar bunga tambahan yang terhutang atau biaya penalti.

Guarantor atau Penjamin sebagai Pemberi Sertifikat

Selain menjaminkan aset mereka sebagai jaminan atas pinjaman, penjamin juga dapat membantu individu mendapatkan pekerjaan dan mengamankan dokumen paspor. Dalam situasi ini, penjamin menyatakan bahwa mereka secara pribadi mengenal pelamar dan menguatkan identitas mereka dengan mengonfirmasi identitas berfoto.

Baca juga: Apa Itu Perseroan Terbatas?

Terbatas vs Tidak Terbatas

Sebagaimana didefinisikan dalam persyaratan perjanjian pinjaman, penjamin dapat dibatasi atau tidak terbatas, sehubungan dengan jadwal dan tingkat keterlibatan keuangan.

Contoh kasus: penjamin terbatas dapat diminta untuk menjamin pinjaman hanya sampai waktu tertentu, setelah itu peminjam sendirilah yang bertanggung jawab atas sisa pembayaran dan sendiri yang menderita akibat gagal bayar.

Penjamin terbatas mungkin juga hanya bertanggung jawab untuk mendukung persentase tertentu dari pinjaman, yang disebut sebagai jumlah hukuman. Ini berbeda dari penjamin tak terbatas, yang bertanggung jawab atas seluruh jumlah pinjaman selama seluruh durasi kontrak.

Konteks Lain untuk Guarantor atau Penjamin

Penjamin tidak hanya digunakan oleh peminjam dengan sejarah kredit yang buruk. Intinya: tuan tanah sering kali meminta penyewa properti untuk pertama kali menyediakan penjamin sewa.

Hal ini biasanya terjadi pada mahasiswa yang orang tuanya berperan sebagai penjamin, jika penyewa tidak dapat membayar sewa atau melanggar perjanjian sewa sebelum waktunya. Penjamin versus Penandatangan Bersama Penjamin berbeda dari penandatangan bersama, yang memiliki aset bersama, dan yang namanya muncul di judul.

Baca juga: Meski Imbal Balik Cepat, Waspada Memilih Platform Investasi P2P Lending

Pengaturan co-signer biasanya terjadi ketika pendapatan peminjam yang memenuhi syarat kurang dari angka yang ditetapkan dalam persyaratan pemberi pinjaman. Ini berbeda dari penjamin, yang turun tangan hanya ketika peminjam memiliki pendapatan yang cukup, tetapi digagalkan oleh sejarah kredit yang buruk.

Penandatangan bersama berbagi kepemilikan aset, sementara penjamin tidak memiliki klaim atas aset yang dibeli oleh peminjam.

Namun, jika peminjam memiliki klaim terhadap pihak ke-3 yang menyebabkan gagal bayar, penjamin memiliki hak untuk menjalankan proses yang disebut “subrogasi” (“menggantikan posisi peminjam”) untuk memulihkan kerusakan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img