Currently set to Index
Currently set to Follow

Pengertian Pasar Uang, Apa Bedanya Dengan Pendapatan Tetap?

Di serial #CerdasCuan kali ini, topik yang akan kamu pelajari adalah:

  • Perbedaan antara Pendapatan Tetap dan Pasar Uang
  • Keunggulan Pasar Uang
  • Contoh produk Pasar Uang
  • Cara kerja produk Pasar Uang 

Perbedaan antara Pasar Uang dan Pendapatan Tetap

Pendapatan tetap adalah jenis instrumen investasi yang membayar investor pembayaran bunga tetap sampai dengan tanggal jatuh tempo. Pada saat jatuh tempo, investor akan dibayarkan kembali jumlah pokok yang telah mereka investasikan.

Sementara itu, pasar uang adalah jenis investasi pendapatan tetap jangka pendek. Pasar uang cenderung memiliki tingkat keamanan dan likuiditas yang tinggi, serta tingkat bunga yang relatif lebih rendah.

Pengertian Pasar Uang 

Aset pendapatan tetap memiliki jangka waktu jatuh tempo mulai dari satu malam hingga maksimal satu tahun. Dana pasar uang memiliki risiko rendah dan likuid (dapat diubah menjadi uang tunai kapan saja). Sebuah contoh adalah deposito berjangka di lembaga keuangan.

Beberapa dapat diakses melalui lokasi ritel seperti bank. Namun, investor ritel cenderung mendapatkan bunga lebih rendah dibandingkan dengan transaksi grosir untuk klien institusi dengan denominasi besar.

Berbagai Jenis Instrumen Pasar Uang

  1. Dana pasar uang

    Reksadana yang berinvestasi pada instrumen pasar uang dan memberikan diversifikasi serta akses ke suku bunga yang lebih tinggi bagi investor ritel.

  2. Akun pasar uang

    Sejenis rekening tabungan yang membatasi frekuensi penarikan uang. Karena terbatasnya akses investor ke deposito ini, produk ini cenderung menawarkan tingkat bunga yang sedikit lebih tinggi daripada rekening tabungan standar.

  3. Term Deposit (Sertifikat Deposito)

    Beberapa deposito berjangka bisa sesingkat 2 hari (Deposito on Call). Suku bunga yang ditawarkan tetap konstan untuk periode deposit, tetapi mungkin ada penalti terkait dengan penarikan awal dari dana yang disimpan dalam Sertifikat Deposito.

  4. Kertas komersial

    Merupakan sebuah pinjaman jangka pendek tanpa jaminan untuk korporasi.

Keunggulan Pasar Uang:

  • Aliran pendapatan stabil
  • Pengembalian lebih stabil daripada saham
  • Klaim lebih tinggi untuk aset saat ada kebangkrutan
  • Beberapa dana mendapat dukungan pemerintah (Lembaga Penjamin Simpanan) 

Kekurangan Pasar Uang:

  • Imbal hasil lebih rendah dari ekuitas
  • Rentan terhadap risiko inflasi
  • Tidak ada apresiasi modal atau peningkatan 

Bagaimana Cara Kerjanya?

Contoh:
Manajer investasi akan memilih 5 instrumen pasar uang untuk menyusun reksadana pasar uang. Manajer investasi mengalokasikan 30% dari portofolio tersebut pada Obligasi Komersial B karena tingkat pengembalian yang tinggi, tetapi tidak lebih dari itu karena ingin membatasi risiko.
Ketika seorang investor memasukkan $ 10 ke dalam dana ini, itu sama dengan menginvestasikan $ 3 di Obligasi Komersial B, $ 2.5 di Deposit A dan sisanya di instrumen lain sesuai dengan alokasi portofolio yang ditunjukkan pada diagram.

Setiap instrumen pasar uang akan menghasilkan return yang berbeda, mulai dari 5% hingga 9%. Seperti disebutkan pada tutorial lain, imbal yang lebih tinggi cenderung datang dengan risiko yang lebih tinggi. Alasan mengapa 100% dana belum dialokasikan ke instrumen 9% adalah karena kemungkinan memiliki risiko tertinggi sehingga eksposurnya terbatas.

Jenis Instrumen Beban Imbal Weighted Return
Deposito A 25% 7% 1.75%
Deposito B 20% 6% 0.75%
Deposito C 15% 5% 0.75%
Surat Berharga Komersial A 10% 8% 2.70%
Surat Berharga Komersial B 30% 9% 2.70%
Total 7.20%

Karena alokasi portofolio dikelola dan dimonitor oleh manajer investasi, maka return yang akan didapat oleh investor merupakan rata-rata imbal seluruh instrumen dalam portofolio. Tujuan adalah agar imbalnya lebih baik dari rata-rata imbal simpanan di bank.

Apakah #SobatCuan sudah jelas dengan pengertian pasar uang? Salah satu kunci dari investasi adalah diversifikasi, jadi mungkin kamu sudah memikirkan untuk membagi investasimu ke kelas aset tertentu termasuk pasar uang.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Simak juga:

Apa Itu Pendapatan Tetap?

Pasar Uang vs Pasar Modal, Apa Perbedaannya?

Investasi Pada Pendapatan Tetap vs. Ekuitas, Bedanya Apa?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img