Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Perseroan Terbatas?

Definisi

Sebuah perseroan terbatas adalah badan usaha yang memberikan manfaat bagi pemilik usaha dengan pajak dari kemitraan atau kepemilikan perseorangan, dan kewajiban terbatas sebuah perusahaan. 

Memahami Perseroan Terbatas

Sebuah perseroan terbatas dapat menjadi alat yang hebat untuk dimiliki oleh pemilik usaha kecil di kotak peralatannya, karena itu memisahkan aset pribadi dan bisnis. Seperti namanya, LLC membatasi tanggung jawab pribadimu dan melindungimu dalam situasi yang terkait dengan utang perusahaan atau masalah hukum. Ini juga memberikan manfaat pajak yang populer — pajak diberikan kepada anggota LLC untuk dibayarkan terhadap pendapatan pribadi daripada melalui korporasi (alias pajak “pass-through”).

Ini dapat bermanfaat bagi pemilik bisnis baru, kecil, atau pemula ketika kamu menemukan penopang keuanganmu. Mendirikan LLC cukup sederhana, yang — di samping manfaat dan cakupan yang diberikannya — adalah alasan lain popularitasnya. Kamu “menjadi” suatu LLC dengan mengajukan artikel organisasi (perjanjian operasi yang sah yang menguraikan rincian LLC) untuk membuatnya.

Perlu diketahui, beberapa jenis perusahaan, seperti asuransi dan bank, tidak dapat beroperasi sebagai LLC. Juga, LLC diatur oleh negara, dan aturan dapat berbeda dari satu negara ke negara lain. 

CONTOH

Bayangkan kamu dan teman-teman terbaikmu dari kampus memutuskan untuk memulai sebuah perusahaan pengiriman makanan kecil larut malam bersama. Tentu saja, kamu memercayai teman-temanmu, tetapi kamu juga khawatir tentang apa yang akan terjadi jika bisnis gagal.

Tidak banyak orang yang benar-benar mau mempertaruhkan rumah (atau mobil) pada ide bisnis, itulah sebabnya menjadi perseroan terbatas adalah ide bagus dalam kasus ini. Tidak masalah apakah kalian menjadi Jimmy John’s berikutnya (seperti juga LLC) atau bangkrut saat liburan musim semi, aset pribadimu dilindungi. 

Kesimpulan…

Menyiapkan perseroan terbatas adalah seperti mendapatkan suntikan flu untuk keuanganmu …

Ini membantu melindungi keuangan pribadimu dari kewajiban yang mungkin menghantam perusahaanmu di masa depan. Dan — seperti halnya suntikan flu — perlindungannya tidak mutlak, tetapi biasanya membantu.

Ketahui Lebih Lanjut …

Bagaimana cara kerja perseroan terbatas?

Perseroan terbatas vs kemitraan

Manfaat dan kerugian dari perseroan terbatas

Dapatkah pemilik Perseroan Terbatas dituntut secara pribadi atau dimintai pertanggungjawaban di pengadilan?

Bagaimana Cara Kerja Perseroan Terbatas?

Sebuah perseroan terbatas adalah fitur bisnis di belakang layar. Tidak memengaruhi pengalaman pelanggan sama sekali. Ini dapat terdiri dari pemilik tunggal, grup, atau bahkan perusahaan yang sudah ada yang sedang direorganisasi. Perseroan terbatas dibentuk dengan pembuatan dan pendaftaran perjanjian operasi yang disebut artikel organisasi. Ini menetapkan aturan bagaimana memperlakukan pemilik (biasanya disebut “anggota”) dalam masalah hukum.

Perlu diketahui, tidak seperti perusahaan, di sebagian besar negara bagian, LLC tidak diharuskan mengadakan pertemuan tahunan. Tetapi jika piagamnya mengatakan bahwa kamu akan melakukannya, maka pastikan untuk melakukannya — Kegagalan untuk menindaklanjuti dengan komitmen ini dapat membawamu terhadap masalah pertanggungjawaban nantinya. Dan LLC diharuskan untuk mengajukan laporan semi-tahunan atau tahunan dengan agen pendaftaran di negaranya.

Salah satu fitur utama perseroan terbatas adalah pilihan yang ditawarkannya ketika menyangkut pajak. Dalam model ini, kamu dapat memilih untuk membayar pajak sebagai korporasi atau kemitraan, atau meminta mereka membayar pajak penghasilan pribadi. Gaji anggota juga dianggap, untuk tujuan pajak, sebagai biaya operasi bisnis daripada upah kena pajak. 

Perseroan Terbatas VS Kemitraan

Perseroan terbatas adalah entitas formal yang dirancang secara hukum, yang terikat oleh piagam yang dibuat oleh artikel organisasi mereka dan yang dapat terdiri dari satu orang atau banyak anggota. Kemitraan, di sisi lain, dapat bersifat informal seperti dua orang yang bekerja bersama dalam pengaturan kemitraan (alias kemitraan umum). Sementara kemitraan dapat diformalkan oleh seorang pengacara, mereka tidak harus — Tetapi sebuah LLC tidak dapat eksis tanpa melibatkan hukum. 

Perlindungan untuk anggota (LLC) dan mitra (dalam kemitraan) juga bervariasi. Dalam kasus LLC, badan pengatur negara menentukan perlindungan apa yang didapatnya, Untuk kemitraan, perlindungan tergantung pada jenis pengaturan yang ada. Perlu diketahui bahwa, dalam kemitraan umum, kewajiban mitra sama seperti jika mereka adalah pemilik tunggal — aset pribadi dapat menjadi penghambat hutang perusahaan. 

Manfaat dan Kerugian dari Perseroan Terbatas

Struktur yang mengikat secara hukum LLC bukan hanya cara lain untuk menaruh uang di saku pengacaramu. Aturan operasi formal dan tanggung jawab anggota yang dijabarkannya melindungi anggotanya — Tidak hanya terhadap kewajiban, tetapi juga terhadap anggota LLC lainnya itu sendiri. Maka, tentu saja, ada struktur pajak lintas batas yang dapat menghemat uangmu, dan apa yang mungkin merupakan titik penjualan terbesar bagi pemilik bisnis — kemampuan untuk menjaga aset pribadimu terpisah dari kewajiban perusahaanmu. 

Setiap kali perlu mengatur sesuatu secara hukum, akan ada biaya yang harus dikeluarkan. Bergantung pada berapa banyak uang tunai cadangan yang kamu miliki, ini dapat membuat masalah keuangan pada keuangan pribadimu. Perlu diketahui bahwa, biaya pemasangan bervariasi di setiap negara bagian dan kadang-kadang bahkan oleh jenis bisnis apa yang diciptakan LLC.

Di Perseroan terbatas dengan satu anggota, kamu mungkin harus menanggung sendiri biaya pajak-pengangguran. LLC tidak menanggung semua risiko pertanggungjawaban, baik — Dalam beberapa situasi, anggota dapat secara pribadi bertanggung jawab atas penipuan, kelalaian, atau keadaan lainnya. Lebih lanjut, pemilik bisnis biasanya tidak dapat menguangkan atau menyetor cek kepada perusahaan.

Mereka harus menjalankannya melalui rekening bank perusahaan. Akhirnya, meskipun tidak perlu untuk mengajukan notulen rapat (jika LLC mu mengadakan pertemuan), agensi pengatur di negara bagianmu mungkin memerlukan pengarsipan tahunan. Periksa persyaratan spesifik negara bagianmu dengan hati-hati — Seperti halnya dengan biaya dan aturan di sekitar pengaturan LLC, undang-undang negara bagian berbeda pada persyaratan pengarsipan.

Dapatkah Pemilik LLC Dituntut secara Pribadi atau Dimintai Pertanggungjawaban di Pengadilan?

Perseroan terbatas populer untuk kenyamanan dan perlindungan yang mereka tawarkan kepada anggota mereka, tetapi mereka tidak tahan peluru. Ada saat-saat ketika pengadilan dapat menembus tirai perusahaan dan memotong penghalang dokumen yang memisahkan LLC dari anggotanya. Mereka yang menerima uang dari LLC dapat mencoba menggunakan celah ini untuk mencoba mengejar aset pribadi, jika LLC sendiri memiliki dana yang tidak mencukupi untuk membayar utangnya.

Perlu diketahui bahwa, ini jauh lebih mudah bagi kreditor untuk melakukan ketika aset atau akun pribadi diizinkan untuk bergabung dengan LLC — Meskipun di dunia yang sempurna, ini tidak akan menjadi masalah, mengingat sebagai salah satu alasan untuk membentuk LLC adalah untuk menciptakan pemisahan ini di tempat pertama.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Margin Laba Operasi?

Mau Bisnismu Terlihat Lebih Profesional? Ini Panduan Cara Bikin PT Terbaru

Apa Itu Elastisitas Harga?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img