Apa Itu Personal Finance?

0
101
Personal Finance adalah

Apa itu Personal Finance? Personal Finance adalah keuangan pribadi. Secara umum personal finance dapat diartikan sebagai ilmu yang isinya tentang cara mengatur atau mengelola keuangan secara pribadi. Kegiatan ini meliputi banyak hal mulai dari pendapatan, pengeluaran, tabungan hingga cara berinvestasi.

Panduan Personal Finance

Pelajari dasar personal finance adalah agar cara mengelola keuanganmu dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk dapat mengatur keuangan dengan baik, yaitu:

1. Menentukan Tujuan

Tanpa adanya tujuan yang jelas, biasanya kamu akan malas mengelola keuanganmu. Selalu tentukan visi dan misi hidupmu dengan jelas agar kamu bisa mengatur segala bentuk keuanganmu untuk keperluan dalam jangka waktu pendek atau keperluan jangka waktu panjang.

Pikirkan tujuan dari pengelolaan keuangan yang sedang dilakukan agar perekonomian selalu lancar tanpa beban. Misalnya saja tujuan untuk hari tua, pendidikan, beli rumah, investasi atau yang lainnya. Dengan tujuan yang tepat, personal finance akan lebih terarah dengan baik.

2. Merencanakan Keuangan

Setelah menentukan tujuan, maka hal berikutnya yang harus dilakukan adalah merencanakan keuangan. Selalu rencanakan keuangan secara matang agar segala kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Perencanaan ini bisa mulai dari beberapa pembayaran yang wajib dilakukan tiap bulan atau tahun.

Baca: Apa sih Fungsi Financial Planner dan Bagaimana Memilih yang Tepat?

Misalnya saja pembayaran listrik dan air, cicilan rumah, pendidikan, kesehatan, asuransi, pajak dan sebagainya. Dengan adanya perencanaan yang jelas, kamu bisa meminimalkan pengeluaran yang sekiranya tidak penting. Hal ini bisa membuatmu menabung atau berinvestasi dengan mudah.

3. Pelaksanaan

Tahap ini menjadi sangat penting untuk dilakukan karena jika terjadi pengeluaran besar di luar rencana, keuanganmu akan amburadul. Laksanakan apa yang sudah direncanakan dengan baik. Jangan sampai menunda melakukan pengeluaran yang wajib dilakukan.

Jika terjadi penundaan dalam pembayaran, maka kamu akan mempunyai tunggakan yang justru dapat meresahkan pikiran. Karena itu, pelaksanaan ini sebaiknya dilakukan dengan disiplin agar pola pengelolaan keuanganmu dapat berjalan dengan sehat. Sebisa mungkin hindari pengeluaran besar di luar rencana.

4. Evaluasi

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah evaluasi. Lakukan evaluasi setiap bulan untuk dapat mengontrol apakah program keuanganmu sudah berjalan dengan baik atau belum. Dengan adanya evaluasi, segala bentuk pemasukan dan juga pengeluaran akan dapat tertata dengan lebih baik.

Baca: Hati-hati! Jebakan Batman Ramadan Effect untuk Investor di Depan Mata

Lihatlah apakah rencana pengeluaran yang sudah kamu buat dapat dijalankan dengan tertib atau justru membuat keuangan semakin sulit. Jangan sampai keuanganmu berada dalam kesulitan karena cara pengelolaan yang salah. Selalu lakukan evaluasi untuk melihat hasil dari pengelolaan yang sudah kamu lakukan.

Manfaat Personal Finance

Melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, dapat memberikan dampak yang besar dalam kehidupan. Banyak dampak positif yang dapat diperoleh dengan mengatur keuangan dengan disiplin. Beberapa manfaat dari personal finance yaitu:

Baca: Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

  • Menyusun pendapatan dengan tertib.
  • Mengatur segala jenis pengeluaran dan menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan.
  • Dapat menyimpan atau merencanakan dana yang diperlukan untuk masa tua.
  • Membantu melakukan pembayaran wajib atau tagihan dengan tertib.

Personal finance dapat dilakukan siapa saja untuk membantu mengatur segala permasalahan keuangan. Dengan pengelolaan yang baik, maka segala jenis bentuk pengeluaran dapat dikontrol dengan mudah.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa sih Fungsi Financial Planner dan Bagaimana Memilih yang Tepat?

Hati-hati! Jebakan Batman Ramadan Effect untuk Investor di Depan Mata

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here