Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Kebangkrutan?

DEFINISI

Perusahaan bangkrut (kebangkrutan) adalah proses hukum di mana seseorang atau perusahaan menyatakan bahwa mereka tidak dapat membayar utangnya dan bekerja untuk menyelesaikannya dengan kreditor mereka.

Memahami Kebangkrutan

Perusahaan bangkrut (kebangkrutan) adalah proses hukum di mana seseorang dan perusahaan menyatakan bahwa mereka tidak dapat membayar hutangnya dan bekerja untuk menyelesaikannya dengan kreditor yang ingin mendapatkan bayaran atas hutang yang menjadi hak kreditor.

Dalam prosesnya dapat melibatkan pengorganisasian kembali hutang seseorang atau perusahaan untuk menjadikannya lebih mudah dikelola, menghapus hutang sama sekali, atau melikuidasi aset. Bankcruptcy memberikan tawaran kepada seseorang atau perusahaan awal baru dan bantuan dari beban hutang yang tidak dapat diatasi, tetapi mereka harus melepaskan kontrol atas bisnis mereka, dan mungkin harus melikuidasi aset atau berhenti mengoperasikan bisnisnya. Bankcruptcy juga dapat menyulitkan seseorang untuk mendapatkan kredit di masa depan, membeli rumah, atau mendapatkan pekerjaan. 

CONTOH

Toys R Us adalah bisnis yang melewati proses bankcruptcy (kebangkrutan). Pada tahun 2017, perusahaan mempunyai hutang hampir $ 5 miliar kepada para kreditornya, dengan lebih dari

$ 2,1 miliar akan dibayarkan pada tahun 2018 dan 2019. Perusahaan mengakui tidak dapat memenuhi kewajiban tersebut, sehingga memasuki proses bankcruptcy (kebangkrutan) untuk mencoba menata kembali hutangnya dan terus beroperasi. Namun, perusahaan itu akhirnya tidak dapat mengatasi kesulitan keuangannya dan dilikuidasi pada tahun 2018. Sekarang sebuah perusahaan baru mencoba untuk menghidupkan kembali nama Toys R Us.

Kesimpulan

Perusahaan bangkrut (kebangkrutan) ibarat mengklik “undo (batalkan)” pada situasi keuangan …

Ketika melakukan sesuatu pada komputer yang tidak ingin dilakukan dan ingin memulai dari awal, kamu akan mengklik “undo.” Kebangkrutan seperti melakukan hal tersebut secara finansial. Terkadang kamu meminjam uang dengan rencana untuk mengembalikannya, tetapi kamu tidak dapat melakukannya. Kebangkrutan dapat melindungi kamu dari beberapa kewajiban untuk melunasi hutang saat kamu mencoba untuk memulihkannya, dan memberikan awal yang baru – meskipun hal itu dapat menyulitkanmu untuk meminjam uang di masa depan.

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa itu kebangkrutan?

Jenis-jenis Bankcruptcy?

Apa kelebihan dan kekurangan dari menyatakan kebangkrutan?

Apakah kamu keluar dari utang dengan kondisi perusahaan bangkrut?

Apa yang hilang dari perusahaan bangkrut?

Siapa yang membayar Bankcruptcy?

Apa Itu Kebangkrutan?

Di Amerika Serikat, kebangkrutan adalah proses hukum yang memberi seseorang dan perusahaan hutang terlalu banyak, cara untuk mengatur ulang atau menghapus hutang mereka. Perusahaan bangkrut (kebangkrutan) dapat membantu seseorang membuat rencana untuk membayar kreditor dengan cara yang dapat mereka tangani sambil terus beroperasi. Kreditor, pada gilirannya, dapat memulihkan setidaknya sebagian dari hutang mereka.

Setelah menyelesaikan proses bankcruptcy, seseorang atau perusahaan dapat bebas dari kewajiban mereka sebelumnya. (Namun dalam beberapa kasus, seseorang atau perusahaan mungkin harus dilikuidasi – menjual semua aset kecuali yang dikecualikan, dengan uang tersebut akan membantu membayar kreditor.). Reorganisasi bankcruptcy membantu mereka keluar dari hutang dalam jumlah yang tidak dapat diatasi, tetapi hal itu dapat mempersulit mereka untuk meminjam uang atau mendapatkan kartu kredit setelah menyelesaikan proses bankcruptcy. 

Apa Saja Jenis-jenis Kebangkrutan?

Ada berbagai jenis bankcruptcy, disesuaikan berdasarkan berbagai situasi dan tujuan yang mungkin dimiliki debitor.  

Kebangkrutan Tidak Disengaja (Involuntary Bankcruptcy) 

Dalam keadaan tertentu, kreditor seseorang atau perusahaan dapat mengajukan petisi dengan paksa. Untuk setiap debitur dengan jumlah kreditor minimal, setidaknya tiga kreditor harus bersatu untuk mengajukan kebangkrutan paksa. Mengajukan petisi, dan mereka harus menunjukkan bahwa debitur pada umumnya tidak membayar utangnya saat jatuh tempo. Debitur dapat menanggapi dengan mengajukan bankcruptcy itu sendiri secara sukarela, atau dapat mengajukan petisi, dalam hal ini pengadilan lah yang menentukan keputusan akhir.

Apa Kelebihan dan Kekurangan dari Menyatakan Bankcruptcy?

Kelebihan dari menyatakan bankcruptcy adalah bahwa hal itu dapat memberi kamu sedikit kelonggaran waktu untuk membayar hutang saat kamu mencoba mengatur kembali keuanganmu. Jika tidak memiliki cukup uang untuk membayar kembali hutang, proses bankcruptcy dapat membantu kamu mengatur rencana pembayaran dan keluar dari hutang yang tidak dapat kamu lunasi.

Kekurangan dari menyatakan bankcruptcy adalah bahwa hal itu dapat berdampak serius dalam waktu yang lama pada kehidupan dan finasialmu. Tergantung pada jenis bankcruptcy yang kamu ajukan dan situasi pribadi, mungkin kamu harus menjual semua aset untuk menutupi hutang. Kamu akan membutuhkan waktu selama bertahun-tahun untuk mengikuti rencana pembayaran.

Pekerjaan dan peluang dalam hidup kamu juga bisa terpengaruh. Kebangkrutan adalah catatan publik, dan calon majikan, tuan tanah, atau siapa pun yang meneliti latar belakang kamu, akan dapat melihat bahwa kamu pernah mengajukan bankcruptcy. Itu bisa mengurangi peluang kamu mendapatkan tawaran pekerjaan atau menyewa apartemen.

Apakah Kamu Keluar dari Utang dengan Bankcruptcy?

Tujuan dari perusahaan bangkrut adalah untuk memberikan awal yang baru secara finansial kepada debitur. Jadi, bankcruptcy memungkinkan kamu keluar dari kewajiban membayar sebagian dari hutang kamu, meskipun kamu bertanggung jawab untuk membayar hutang sebanyak mungkin. Beberapa pinjaman, seperti pinjaman mahasiswa, tidak dapat dihapus melalui kebangkrutan.

Sesudah menyusun rencana pembayaran dan pengadilan bankcruptcy menyetujuinya, kamu harus mengikutinya. Setelah memenuhi rencana untuk kepuasan pengadilan, hutang kamu yang tersisa akan habis.

Apa saja yang Hilang karena Perusahaan Bangkrut?

Ketika menyatakan bankcruptcy, kamu akan kehilangan kendali atas kehidupan finansial kamu. Selama proses bankcruptcy, kamu harus mengikuti aturan tentang bagaimana cara mengelola uang kamu, dan bekerja dengan wali amanat atau administrator bankcruptcy dan sekelompok kreditor kamu yang memiliki pengaruh terhadap rencana pembayaran yang akhirnya harus kamu ikuti.

Dalam bankcruptcy yang melibatkan likuidasi aset, kamu juga akan kehilangan sebagian aset ketika wali amanat atau administrator menjualnya untuk membayar hutang kamu. Aset tertentu, seperti pakaian, barang pribadi dan alat profesional yang kamu butuhkan untuk mencari nafkah, tidak akan dijual, tetapi sebagian besar aset kamu kemungkinan akan dilikuidasi.

Jika memiliki skor kredit yang baik, kamu juga akan kehilangan itu. Bankcruptcy memiliki efek signifikan pada kredit kamu dan dapat menyulitkanmu dalam memenuhi persyaratan untuk pengajuan pinjaman di masa depan.

Siapa yang Membayar Perusahaan Bangkrut?

Ketika mengajukan bankcruptcy, kamu harus membayar biaya pengarsipan dan administrasi. Kamu juga harus melakukan pembayaran berdasarkan paket pembayaran yang sudah kamu buat selama proses bankcruptcy. 

Berapa pun kamu berhutang kepada pemberi pinjaman, tetapi tidak dibayar melalui rencana pembayaran, maupun oleh pihak ketiga. Sebagai gantinya, kreditur harus menghapus jumlah yang tidak dapat kamu bayarkan. Dengan cara ini, kreditur membayar bankcruptcy.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img