Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Preference Shares?

Pengertian Preference Shares

Pengertian Preference Shares atau saham preferensi adalah saham perusahaan dengan dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham sebelum dividen saham biasa diterbitkan.
Jika perusahaan pailit, pemegang saham preferen berhak dibayar dari aset perusahaan sebelum pemegang saham biasa. Sebagian besar saham preferen memiliki dividen tetap, sedangkan saham biasa umumnya tidak.
Pemegang saham preferen juga biasanya tidak memiliki hak suara, tetapi pemegang saham biasa biasanya memilikinya.
Memahami Preference Shares

Saham preferensi dibagi dalam empat kategori: saham preferen kumulatif, saham preferen non-kumulatif, saham preferen yang berpartisipasi, dan saham preferen yang dapat dikonversi.

Saham preferen kumulatif mencakup ketentuan yang mengharuskan perusahaan untuk membayar pemegang saham semua dividen.

Termasuk yang dihilangkan di masa lalu, sebelum pemegang saham biasa dapat menerima pembayaran dividen mereka.

Pembayaran dividen ini dijamin tetapi tidak selalu dibayarkan pada saat jatuh tempo. Dividen yang belum dibayar diberi nama “dividen yang tertunggak” dan harus secara sah masuk ke pemilik saham saat ini pada saat pembayaran.

Kadang-kadang kompensasi tambahan (bunga) diberikan kepada pemegang saham preferen jenis ini.

Dividen Kuartalan = [(Tingkat Dividen) x (Nilai Par)] ÷ 4

Dividen Kumulatif per saham = Dividen Kuartalan x Jumlah Pembayaran yang Hilang

Tidak ada dividen

Saham preferen non-kumulatif tidak mengeluarkan dividen yang dihilangkan atau tidak dibayarkan. Jika perusahaan memilih untuk tidak membagikan dividen pada tahun tertentu, pemegang saham preferen non-kumulatif tidak memiliki hak atau kekuasaan untuk mengklaim dividen yang hilang tersebut kapan saja di masa depan.

Saham preferen yang berpartisipasi memberi para pemegang sahamnya hak untuk menerima dividen dalam jumlah yang sama dengan tingkat dividen preferen yang ditentukan secara umum, ditambah dividen tambahan berdasarkan kondisi yang telah ditentukan.

Dividen tambahan ini biasanya dirancang untuk dibayarkan hanya jika jumlah dividen yang diterima oleh pemegang saham biasa lebih besar dari jumlah per saham yang telah ditentukan sebelumnya.

Jika perusahaan dilikuidasi, pemegang saham preferen yang berpartisipasi mungkin juga memiliki hak untuk mendapatkan kembali harga pembelian saham serta bagian pro rata dari sisa hasil yang diterima oleh pemegang saham biasa.

Baca juga: Apa Perbedaan Saham dan Dividen?

Saham preferen yang dapat dikonversi mencakup opsi yang memungkinkan pemegang saham untuk mengubah saham preferensinya menjadi sejumlah saham biasa, biasanya kapan saja setelah tanggal yang telah ditentukan sebelumnya.

Dalam keadaan normal, saham preferen yang dapat dikonversi ditukar dengan cara ini atas permintaan pemegang saham. Namun, perusahaan mungkin memiliki provisi atas saham tersebut yang memungkinkan pemegang saham atau penerbit untuk memaksakan masalah tersebut.

Seberapa berharganya saham biasa yang dapat dikonversi didasarkan, pada akhirnya, pada seberapa baik kinerja saham biasa.

Hal-hal kunci

Saham preferen (saham preferen) adalah saham perusahaan dengan dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham sebelum dividen saham biasa dibayarkan.

Ada empat jenis saham preferen – kumulatif (dijamin), non-kumulatif, berpartisipasi, dan dapat dikonversi.

Saham preferensi ideal untuk investor yang menghindari risiko dan dapat dipanggil (penerbit dapat menebusnya kapan saja).

Signifikansi bagi Investor

Saham preferensi adalah alternatif optimal bagi investor ekuitas yang menghindari risiko. Saham preferensi biasanya kurang stabil dibandingkan saham biasa dan menawarkan aliran dividen yang lebih stabil kepada investor.

Selain itu, saham preferensi biasanya dapat dipanggil; Penerbit saham dapat menebusnya kapan saja, memberi investor lebih banyak opsi daripada saham biasa.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img