Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Present Value?

Sobat Cuan, pernahkah bertanya-tanya bagaimana nilai mata uang yang kalian miliki di masa depan? Nah, untuk bisa memahaminya, kalian perlu mengenali konsep present value.

Tahukah kalian jika uang 1 juta yang kalian terima hari ini akan lebih berharga, karena mungkin lima tahun mendatang nilainya tidak akan sama. Kok bisa?

Present value adalah sebuah konsep yang menerangkan bahwa uang saat ini bernilai lebih dari jumlah uang yang sama di masa depan.

Penilaian tersebut dihitung menggunakan tingkat pengembalian yang telah ditentukan sebelumnya atau disebut dengan tingkat diskonto.

Cara menentukan nilai present value adalah dengan memahami tingkat diskonto dan future value, seperti yang diulas di bawah ini!

Baca juga: Growth Investing vs Value Investing, Dahulukan yang Mana?

Membedakan Present Value dan Future Value

Present value adalah nilai diskonto sekarang dari arus kas di masa depan (net present value). Meskipun demikian, kalian membutuhkan present value untuk menghitung future value, dan sebaliknya.

Present value memberi tahu kita bahwa uang 10 ribu hari ini lebih bernilai dari 10 ribu besok. Mengapa? Tingkat inflasi akan mengurangi nilai uang dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, berapa pun uang yang kalian miliki saat ini, akan berkurang dimasa mendatang seiring dengan inflasi.

Selain itu, kalian perlu memperhatikan nilai waktu uang. Artinya, uang hari ini akan lebih berharga karena potensi untuk memperoleh keuntungan dari uangmu saat ini.

Sementara itu, future value adalah nilai aset di masa depan. Penghitungan aset tersebut berdasarkan tingkat pengembalian yang ditentukan atau tingkat diskonto.

Apa Itu Present Value?, Pluang

Elemen Penting dari Net Present Value

Ada empat elemen penting dalam persamaan nilai. Faktor tersebut mulai dari nilai sekarang, nilai masa depan, jumlah periode, dan tingkat diskonto. Kalian akan selalu memerlukan tingkat diskonto dan jumlah periode untuk mencari present value maupun future value.

Manfaat mengetahui present value adalah untuk membantu mengambil keputusan besaran investasi di masa depan. Serta, mengetahui future value yang bisa menghindari nilai kerugian investasi.

Dengan demikian, present value dan future value berperan seperti mesin waktu yang membantu investasi kita.

Baca juga: Apa Itu Net Asset Value?

Bagaimana Menghitung Present Value?

Present value adalah konsep yang digunakan investor dan bisnis saat menilai tingkat pengembalian investasi atau proyek. Rumusnya, investasi dengan tingkat diskonto yang lebih rendah akan memiliki PV yang lebih tinggi. Untuk itu lah, memahami tingkat diskonto menjadi faktor penting untuk mengetahui present value dan future value.

Ada beberapa alasan pentingnya mengetahui present value (PV). Pertama, hal ini membantu kalian dalam memahami berapa nilai uang hari ini di masa depan.

Sehingga, kalian bisa menghitung berapa dana investasi yang harus disisihkan untuk mencapai target. Para penasihat keuangan sering kali menjalankan jenis perhitungan ini dalam dana pensiun.

Formula PV

Kedua, keuntungan present value adalah digunakan untuk menghitung nilai masa depan arus kas. Rumus PV adalah:

PV = FV/(1+r)n

PV = nilai uang hari ini

FV = nilai proyeksi uang masa depan

r = tingkat pengembalian yang diharapkan, tingkat bunga, atau tingkat inflasi. Atau dikenal dengan tingkat diskonto juga

n = jumlah periode.

Misalnya saja jika kalian ingin mendapatkan nilai investasi sejumlah 20 juta rupiah dalam 10 tahun ke depan. Di. mana investasi tersebut memiliki tingkat pengembalian tahunan sebesar 5%. Berapa banyak uang yang diperlukan untuk mencapai nilai 20 juta rupiah?

Penghitungannya adalah:

PV= 20 juta rupiah/ (1 + 5%) atau 10

Hasilnya adalah 13,3 juta rupiah.

Namun, untuk mengetahui present value adalah kunci penting, perlu kalian ingat bahwa pengembalian di masa depan tidak pernah dijamin. Karena semua investasi membawa risiko.

Baca juga: Apa Itu Net Worth?

Lebih lanjut, perusahaan dan investor sering menggunakan present value sebagai dasar menghitung net present value. Artinya menghitung perkiraan nilai saat ini dari semua arus kasa masa depan, baik masuk maupun keluar. Dengan demikian, perusahaan dapat melakukan evaluasi dan membandingkan berbagai peluang investasi yang ada.

Penutup

Nah, Sobat Cuan tentunya sudah paham tentang present value kan? Setelah mempelajari nilai uang saat ini, finansial pribadi pribadi atau bisnis kamu juga perlu diperbaiki. Bagaimana keadaan finansial kamu saat ini?

Tenang! Kamu bisa cek kesehatan finansialmu dengan lima tanda di artikel ini.

Menabung dapat membantu kamu dalam mencapai tujuan finansialmu, lho! Apa sih arti tujuan finansial? simak di artikel ini. Bingung cari aplikasi online menabung aman?

Kalian tidak perlu khawatir lagi, yuk nabung di Pluang! Kamu bisa mendapatkan emas digital mulai dari Rp10.000 saja dan tanpa biaya admin sepeser pun. Selain itu, kamu juga bisa investasi S&P 500, koin digital, hingga reksa dana dalam satu aplikasi!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Robinhood

Baca juga:

Atur Risiko Investasi Melalui Reksadana, Ini 5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Pahami!

Growth Investing VS Value Investing, Dahulukan yang Mana?

Populasi Orang Terkaya di Dunia Ada di Mana?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img