Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Pro Rata?

Definisi

Pro rata adalah istilah Latin yang berarti “dalam proporsi,” mengacu pada alokasi proporsional atau distribusi atas sesuatu. 

Memahami Prorata

Pro rata mengacu pada pembagian yang sama atas sesuatu – termasuk suku bunga, pengeluaran, keuntungan pemegang saham (dividen), atau jumlah lain yang dibagi antara beberapa orang atau dalam kurun waktu tertentu. Istilah ini bisa digunakan di bidang apa saja, tetapi lebih sering muncul di bidang keuangan. Untuk menghitung bagian prorata, bagilah totalnya dengan jumlah unit yang ditentukan. Prorata sering digunakan secara bergantian dengan “pembagian secara proporsional.”

Contoh

Katakanlah Perusahaan Ritel fiksi mengumumkan bahwa, pada kuartal keempat tahun ini, ia akan membayar dividen senilai Rp1 Miliar kepada pemegang saham. Setiap saham akan bernilai prorata, yang berarti jumlah proporsional dari dividen yang dibayarkan. Jika ada 500 saham yang beredar, jumlah prorata setiap saham bernilai Rp2,000,000 (Rp1 Miliar dibagi 500 saham). 

Kesimpulan

Pro rata adalah seperti halnya membagi kue …

Jika kamu mempunyai satu kue dan berencana membagikannya dengan lima temanmu, maka kamu harus membagi kue menjadi enam. Bagian pro rata pencuci mulut setiap orang sama dengan seperenam kue.

Ketahui Lebih Lanjut…

Bagaimana pro rata digunakan?

Apa itu gaji pro rata?

Bagaimana Pro Rata Digunakan?

Pro rata sering muncul dalam berbagai bidang, baik di bidang keuangan dan kehidupan sehari-hari. Istilah ini sering digunakan secara bergantian dengan “pembagian secara proporsional,” yang juga mengacu pada distribusi proporsional atas sesuatu, baik itu dividen, upah, atau suku bunga.

Menetapkan pro rata hanya masalah membagi jumlah total sesuatu dengan jumlah bagian. Sebagai contoh sederhana, jika kamu memiliki total 100 unit sesuatu untuk dibagi menjadi 5 bagian yang sama, masing-masing bagian prorata adalah 20 unit (100 unit ÷ 5 bagian = 20 unit per bagian).

Berikut adalah contoh beberapa hal di mana prorata sering muncul:

Dividen Pemegang Saham (Shareholder Dividends)

Dalam dunia keuangan, pro rata sering digunakan untuk menentukan jumlah dividen yang akan diterima oleh pemegang saham. Ketika perusahaan telah membayar dividen, setiap pemegang saham akan menerima jumlah yang proporsional dengan persentase saham yang mereka miliki.

Katakanlah ada total 500 saham di perusahaan, dan perusahaan membayar dividen senilai Rp500 juta. Dengan membagi jumlah total uang dan jumlah saham, bisa dipastikan bahwa setiap saham akan menghasilkan Rp1 juta dividen untukmu. 

Usaha Bersama (Joint Ventures)

Pro rata berperan penting dalam usaha bersama (ketika dua orang atau lebih memulai bisnis bersama). Usaha bersama termasuk perseroan terbatas, perusahaan, dan kemitraan. Seorang pemilik perusahaan menentukan bagiannya dari biaya dan laba. Berikut adalah contoh bagaimana prorata akan berperan dalam kasus kemitraan:

  • Tanggung Jawab: Tingkat tanggung jawab mitra (biaya yang menjadi tanggung jawab mitra) dalam suatu bisnis ditentukan berdasarkan prorata yang sesuai dengan sahamnya di perusahaan. Katakanlah suatu kemitraan dituntut senilai Rp100 juta dan kalah. Mitra A memiliki 60% saham di perusahaan, sementara Mitra B memiliki 40%. Masing-masing tanggung jawab mitra sesuai dengan bagiannya di perusahaan. Mitra A bertanggungjawab atas 60% dari utang (dalam hal ini, Rp60 juta), dan Mitra B bertanggungjawab atas 40% (atau Rp40 juta).
  • Keuntungan: Sama halnya dengan tanggung jawab, bagian keuntungan pro rata  dalam suatu kemitraan didasarkan pada bunga yang diperoleh perusahaan. Jika keuntungan dalam perusahaan yang sama mencapai Rp100 juta, Mitra A mendapat Rp60 juta dan Mitra B mendapat Rp40 juta.

Suku Bunga (Interest Rates)

Pro rata bisa digunakan untuk membagi suku bunga menjadi bagian yang lebih kecil – seringkali tarif tahunan menjadi tarif bulanan. Misalnya, jika suku bunga tahunan dalam pinjaman adalah 12%, tingkat bulanannya adalah 1% (12% ÷ 12 bulan).

Surat Perjanjian Asuransi (Insurance Policies)

Prorata ikut berperan ketika kamu membatalkan surat perjanjian asuransi lebih awal. Jika kamu membayar Rp6 juta untuk asuransi selama enam bulan dan dibatalkan setelah tiga bulan, perusahaan asuransi akan mengembalikan jumlah yang setara. Dalam hal ini, karena kamu membatalkan kebijakan, kamu akan memenuhi syarat utuk pengembalian uang senilai 50%. 

Pro rata juga digunakan untuk menentukan pembayaran bulanan kamu. Seringkali perusahaan asuransi menetapkan harga suatu kebijakan selama periode enam atau 12 bulan, tetapi banyak pelanggan yang tidak mau membayar bunga mereka sekaligus. Sebaliknya, perusahaan asuransi membagikan bunga sehingga pelanggan membayar jumlah yang ditentukan setiap bulan.                                                 

Pembayaran Pinjaman (Loan Payments)

Contoh pro rata lainnya adalah bagian pinjaman menjadi pembayaran bulanan. Saat kamu mengambil pinjaman – baik itu pinjaman pribadi, pinjaman mobil, atau hipotek – saldo dibagi selama masa pinjaman. Dalam gabungan bunga, adalah bagaimana pemberi pinjaman menentukan seperti apa cara pembayaran bulanannya.

Apartemen

Pro rata sering muncul dalam penyewaan apartemen. Umumnya, sewa dikenakan biaya bulanan, tetapi bagaimana jika kamu tidak tinggal di apartemen selama sebulan penuh? Mungkin kamu mulai menyewa beberapa hari dalam sebulan atau berakhir di pertengahan bulan.

Dalam hal ini, pemilik apartemen mungkin akan membuat prorata sewa kamu, atau hanya menagih berdasarkan jumlah hari yang kamu habiskan di apartemen. 

Sebagai contoh, katakanlah sewa bulanan kamu adalah Rp5 juta, dan kamu mulai menyewa pada 3 September. Pemilik apartemen akan menghitung jumlah pro rata yang kamu miliki dengan menentukan biaya sewa harian dan mengalikannya dengan jumlah hari kamu saat berada di Apartemen.

Sejak September ada 30 hari, pemilik akan membagi Rp5 juta dengan 30 untuk menentukan tarif harian, hasilnya adalah Rp166 ribu. Kemudian, dia akan mengalikan tarif harian dengan jumlah hari yang dihabiskan di apartemen, atau Rp166 x 28 hari. Jadi, total biaya akhir Rp4,648,000.

Apa Itu Gaji Pro Rata?

Salah satu kegunaan pro rata pada umumnya berlaku untuk karyawan yang memiliki gaji. Umumnya, gaji adalah upah yang dinyatakan sebagai jumlah tahunan, bukan gaji per jam. Gaji biasanya mengasumsikan karyawan yang bekerja tahunan dengan jumlah minimum jam per minggu (biasanya 40).

Jika kamu seorang karyawan yang mendapatkan gaji tahunan, prorata digunakan untuk menentukan berapa banyak gaji yang kamu dapatkan. Misalnya, katakanlah kamu mendapatkan gaji tahunan Rp120 juta dan dibayar setiap dua minggu. Kamu akan digaji 26 kali dalam setahun, sehingga pemberi kerja akan menjumlah gaji dan dibagi 26 untuk menentukan berapa yang harus dibayarkan padamu setiap dua minggu. Hasil gaji selama dua minggu adalah Rp4,615,000.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Belajar Finansial dari Game? Mungkin Banget! Cobain deh 5 Game Ini!

Baru Belajar Investasi? Ketahui 5 Contoh Kelas Aset dan Cara Mengelolanya

Apa Itu Apresiasi?

BoA Prediksi Harga Emas Bisa Capai Rp1,5 Juta Tahun Ini, Kok Bisa?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img