Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Rate of Return (RoR)?

Pernah dengan RoR? Apa pengertian Rate of Return (RoR) sebenarnya? Definisi Rate of Return adalah keuntungan atau kerugian bersih dari investasi selama jangka waktu tertentu, yang dinyatakan sebagai persentase dari biaya awal investasi. Arti sebenarnya bisa juga disebut dengan Tingkat Pengembalian.

Saat menghitung tingkat pengembalian, kamu menentukan persentase perubahan dari awal periode hingga akhir.

Kata Kunci

  • Tingkat pengembalian (RoR) digunakan untuk mengukur untung atau rugi investasi dari waktu ke waktu.
  • Metrik RoR dapat digunakan pada berbagai aset, mulai dari saham hingga obligasi, real estat, dan seni.
  • Pengaruh inflasi tidak diperhitungkan dalam perhitungan tingkat pengembalian sederhana tetapi dalam perhitungan tingkat pengembalian riil.
  • Internal Rate of Return atau Tingkat pengembalian internal (IRR) mempertimbangkan nilai waktu uang.

Definisi Rate of Return (RoR)

Rate of Return adalah salah satu metode keuangan yang dapat diterapkan pada sarana investasi apa pun. Mulai dari real estate hingga obligasi, saham, dan seni rupa.

RoR bekerja dengan aset apa pun asalkan aset tersebut dibeli pada satu waktu waktu tertentu dan menghasilkan arus kas di beberapa titik di masa depan.

Baca: Tetap Cuan Saat #dirumahaja dengan Menabung Emas Digital di GoInvestasi

Investasi dinilai berdasarkan, sebagian, pada tingkat pengembalian masa lalu, yang dapat dibandingkan dengan aset dari jenis yang sama untuk menentukan investasi mana yang paling menarik. Banyak investor suka memilih tingkat pengembalian yang diperlukan sebelum membuat pilihan investasi.

Rumus Rate of Return (RoR)

Rumus untuk menghitung rate of return (RoR) adalah:

Rate of Return=[Nilai Awal (Nilai Saat IniNilai Awal)]×100

Tingkat pengembalian sederhana ini kadang-kadang disebut tingkat pertumbuhan dasar, atau sebaliknya, laba atas investasi (ROI). Jika Anda juga mempertimbangkan pengaruh nilai waktu uang dan inflasi.

Tingkat pengembalian riil juga dapat didefinisikan sebagai jumlah bersih arus kas yang didiskontokan (DCF) yang diterima atas investasi setelah disesuaikan dengan inflasi.

Rate of Return (RoR) pada Saham dan Obligasi

Perhitungan tingkat pengembalian saham dan obligasi sedikit berbeda. Asumsikan seorang investor membeli saham seharga $ 60 per saham, memiliki saham tersebut selama lima tahun, dan mendapatkan total dividen sebesar $ 10. Jika investor menjual saham seharga $ 80, keuntungan per sahamnya adalah $ 80 – $ 60 = $ 20.

Selain itu, dia telah memperoleh $ 10 dalam pendapatan dividen dengan keuntungan total $ 20 + $ 10 = $ 30. Dengan demikian, tingkat pengembalian saham adalah keuntungan $ 30 per saham, dibagi dengan biaya per saham $ 60, atau 50%.

Baca: Apa Itu Net Worth?

Di sisi lain, pertimbangkan investor yang membayar $ 1.000 untuk obligasi kupon 5% senilai $ 1.000. Investasi ini menghasilkan pendapatan bunga $ 50 per tahun.

Jika investor menjual obligasi seharga $ 1.100 dalam nilai premium dan mendapatkan bunga total $ 100, tingkat pengembalian investor adalah keuntungan $ 100 dari penjualan tersebut, ditambah pendapatan bunga $ 100 dibagi dengan biaya awal $ 1.000, atau 20%.

Tingkat Pengembalian Riil (RoR) vs. Tingkat Pengembalian Nominal (RoR)

Karena tidak memperhitungkan pengaruh inflasi dari waktu ke waktu. Inflasi mengurangi daya beli uang, sehingga $ 335.000 enam tahun dari sekarang tidak sama dengan $ 335.000 hari ini.

Diskon adalah salah satu cara untuk memperhitungkan nilai waktu uang. Setelah efek inflasi diperhitungkan, maka disebut tingkat pengembalian riil (atau tingkat pengembalian yang disesuaikan dengan inflasi).

Baca: Apa Itu Apresiasi?

Contoh Rate of Return (RoR)

Tingkat pengembalian dapat dihitung untuk investasi apa pun, berurusan dengan segala jenis aset. Mari kita ambil contoh pembelian rumah sebagai contoh dasar untuk memahami cara menghitung RoR. Katakanlah kamu membeli rumah seharga $ 250.000 (anggaplah kamu membayar 100% tunai).

Enam tahun kemudian, kamu memutuskan untuk menjual rumah. Kamu dapat menjual rumah seharga $ 335.000, setelah dikurangi biaya dan pajak makelar. Maka tingkat pengembalian sederhana atas pembelian dan penjualan rumah adalah sebagai berikut:

250,000 (335,000250,000)×100=34%

Sekarang, bagaimana jika, sebaliknya, Anda menjual rumah itu dengan harga yang lebih rendah daripada yang Anda bayarkan — katakanlah, seharga $ 187.500? Persamaan yang sama dapat digunakan untuk menghitung kerugian Anda, atau tingkat pengembalian negatif, pada transaksi:

250,000(187,500250,000)×100=25%

Nah, kurang lebih seperti itulah pengertian dari apa itu Rate of Return (RoR).

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Compound Interest?

4 Pilihan Investasi Jangka Panjang, Mana yang Terbaik?

Apa Itu EPS (Laba per Saham)?

Kenapa Kamu Harus Menabung Emas Online? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Apa Itu Return of Investment (ROI)?

Recent Articles

Personal Finance adalah

Apa Itu Personal Finance?

gini index adalah

Apa Itu Gini Index?

Leverage Ratio adalah

Apa Itu Leverage Ratio?

Leverage adalah

Apa Itu Leverage?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya