Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Resident Alien?

Warga asing residen atau resident alien adalah warga negara Amerika Serikat kelahiran asing yang bukan warga negara AS.

Resident alien juga dikenal sebagai penduduk tetap atau penduduk tetap yang sah, yang berarti mereka dianggap sebagai imigran yang telah tercatat secara sah. Para resident alien atau warga asing yang menetap harus memiliki kartu hijau atau lulus tes yang substansial.

Pada umumnya, penduduk asing adalah orang asing yang merupakan penduduk tetap di negara tempat tinggalnya, tapi tidak memiliki kewarganegaraan. Untuk termasuk dalam klasifikasi ini di Amerika Serikat, seseorang harus memiliki kartu hijau atau sudah memilikinya di tahun kalender sebelumnya.

Poin penting:

Penduduk asing adalah warga asing non-AS yang tinggal di AS. Mereka harus memiliki kartu hijau atau lulus tes kehadiran yang substansial. Secara umum, warga negara asing yang menetap dikenai pajak yang sama seperti warga negara AS.

Baca juga: Pemilu AS Sudah di Depan Mata, Apa Kabarnya Para Investor?

Resident alien adalah penduduk AS juga

Sederhananya, seseorang bisa masuk ke dalam klasifikasi penduduk asing di AS jika mereka lulus uji kehadiran substansial. Untuk melakukannya, mereka harus berada di AS selama lebih dari 31 hari selama tahun berjalan. Yakni, juga telah berada di AS setidaknya selama 183 hari selama periode tiga tahun, termasuk tahun berjalan.

Menurut Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi Amerika Serikat (USCIS, United States Citizenship and Immigration Services), ada tiga jenis pendatang asing:

  • Penduduk permanen, adalah seseorang yang telah diberi hak yang sah oleh pemerintah untuk tinggal di Amerika Serikat.
  • Penduduk bersyarat: orang ini menerima kartu hijau selama dua tahun, yang biasanya diberikan kepada orang yang mengajukan izin tinggal berdasarkan perkawinan atau karena mereka adalah pengusaha. Seseorang harus mengajukan permohonan agar persyaratan dihapus 90 hari sebelum kartu hijau berakhir, atau status penduduk tetap akan dihapus.
  • Penduduk yang kembali, dalam kategori resident alien, ini adalah orang yang telah berada di luar AS dan kembali ke negara tersebut. Orang ini juga dikenal sebagai “imigran khusus”. Mereka harus mengajukan permohonan kembali jika berada di luar AS selama lebih dari 180 hari.

Masalah utama dengan penduduk asing adalah hukum pajak. Misalnya, resident alien dapat menggunakan kredit pajak asing, sedangkan non-residen tidak bisa. Namun, secara umum, warga asing residen dikenai pajak yang sama dengan warga negara AS.

Sementara warga asing non-residen hanya membayar pajak atas pendapatan domestik yang dihasilkan di Amerika Serikat, tidak termasuk capital gain.

Penduduk asing diharuskan melaporkan pendapatan di seluruh dunia dari sumber-sumber baik di dalam maupun di luar Amerika Serikat. Penghasilan dilaporkan menggunakan Formulir 1040. Sebaliknya, orang asing non-residen melaporkan pendapatan domestik menggunakan Formulir 1040NR atau Formulir 1040NR-EZ.

Baca juga: Jokowi: Tahun 2020 Ini Saatnya Lakukan Reformasi Lembaga Keuangan Non-Bank

Banner Blog Pluang

Contoh resident alien

Kerap kali, status penduduk asing memberikan manfaat positif bagi Amerika Serikat dan bagi mereka yang mencari status tersebut.

Misalnya, Cristela Alonzo, seorang aktris, komedian, dan kontributor Majalah Time, memiliki ibu dan saudara laki-laki yang sama-sama diberi status resident alien. Ibunya, orang tua tunggal, bermigrasi dari Meksiko dengan putra tertuanya. Ia mencoba selama bertahun-tahun untuk memperoleh status resident alien.

Setelah berbagai upaya, ibu Alonzo dan kakak laki-lakinya menerima status yang diinginkan. Kemudian, ibu Alonzo memiliki tiga warga negara lahir alami, sehingga jumlah total anak-anaknya menjadi empat. Sampai hari ini, masing-masing dari empat anak tersebut memiliki pekerjaan yang terhormat dan berkontribusi sebagai anggota masyarakat.

Keluarga ini tidak akan mampu memberi nilai tambah pada ekonomi AS dan mewujudkan kehidupan lebih baik seandainya ibu Alonzo tidak diberikan status resident alien.

Pertimbangan khusus

Dalam hal pengajuan status resident alien, seseorang tidak perlu membuktikan kepatuhan dengan tes kartu hijau atau tes kehadiran substansial. Ada beberapa contoh pengecualian yangh diterapkan.

Para resident alien yang dikecualikan ini dapat, tergantung pada situasinya, mengajukan penyesuaian status. Proses ini memungkinkan mereka untuk tetap menjadi negara dan mengajukan permohonan untuk menjadi penduduk tetap dengan status penduduk asing.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img