Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Simple Random Sample?

Simple Random Sample adalah teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.

Alasan menggunakan Simple Random Sample

Peneliti dapat menggunakan simple random sample dalam penelitiannya jika:

  1. Terbatasnya pengetahuan terhadap unsur-unsur populasi. Tidak terdapat pengetahuan sebelumnya yang dapat digunakan untuk menilai derajat keseragaman populasi.
  2. Berdasarkan pengetahuan atau pengalaman yang ada, belum ada suatu prosedur penarikan sampel tandingan yang lebih efisien daripada simple random sampling.

Syarat yang harus dipenuhi dalam Simple Random Sample

Dalam pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sample, peneliti harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Tersedianya suatu daftar kerangka sampel yang cermat dan lengkap mencakup seluruh elemen populasi.
  2. Untuk variabel-variabel tertentu yang akan diamati, populasi data dapat dianggap bersifat cukup seragam atau homogen.
  3. Dalam praktek penarikan sampel (baik langsung maupun tidak langsung), terkait geografis, maka sebaran elemen populasi tidak terlalu terpencar-pencar dalam areal yang luas.

Baca: Harga Emas Naik Turun, Bagaimana Cara Prediksi?

Kelebihan dan Kekurangan Simple Random Sample

  1. Kelebihan:
  2. Tidak membutuhkan informasi tambahan pada kerangka sampel seperti wilayah geografis, dan lain-lain, selain daftar lengkap elemen populasi survei dengan informasi yang akan diteliti.
  3. Rumus yang digunakan relatif mudah.
  4. Mudah diterapkan untuk populasi kecil.
  5. Kekurangan:
  6. Akan menjadi mahal dan tidak mungkin dikerjakan untuk populasi besar karena semua elemen harus diidentifikasi sebelum diambil sampel.
  7. Biaya akan mahal jika sampel yang diambil tersebar secara geografis.
  8. Persyaratan sulit terpenuhi.

Langkah-langkah Simple Random Sample

Prosedur penarikan sampel dilakukan sebagai berikut:

  1. Penarikan simple random sampling dengan pemulihan (with replacement). Misalkan untuk populasi ukuran N dan sampel n, maka banyaknya keseluruhan kemungkinan sampel yang akan terpilih yaitu NNset sampel yang masing-masing terdiri dari n elemen.
  2. Penarikan simple random sampling tanpa pemulihan (without replacement). Untuk populasi ukuran N dan sampel n, maka banyaknya keseluruhan kemungkinan sampel yang akan terpilih yaitu Nn set sampel yang masing-masing terdiri dari n elemen.

Baca: Apa Itu Demografi?

Contoh Penerapan Simple Random Sample

Dalam prakteknya, pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil satu per satu unit yang ada (biasaya dengan menggunakan tabel angka random) sampai jumlah sampel yang diinginkan diperoleh. Tabel angka random merupakan kumpulan dari bilangan-bilangan yang tersusun secara random/ acak. Untuk lebih jelasnya penggunaan tabel angka random dalam pengambilan sebuah sampel sebagai berikut.

Contoh 1 (Menggunakan Tabel Angka Random)

Seorang peneliti ingin mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja para guru pada tingkat Sekolah Dasar di suatu kabupaten. Jumlah SD yang terdapat dalam kabupaten itu berjumlah 900 sekolah. Untuk mengefesienkan waktu dan tenaga, peneliti mengambil hanya 10 SD dari 900 SD sebagai sampel. Dalam tahapan pengambilan sampel ini mengikuti prosedur/ tahapan cara undian.

Baca: Mau Jadi CPNS? Intip Dulu Yuk Daftar Gajinya untuk Setiap Golongan

  1. Berilah nomor SD pada pada populasi (900 SD) mulai dari 001, 002, …, 899, 900.
  2. Pilihlah secara acak salah satu halaman dari tabel angka random (lihat Tabel Angka Random) kemudian tentukan satu baris dan beberapa kolom yang akan digunakan disesuaikan dengan digit N, dalam hal ini berdigit 3 karena N=900 (tiga digit). Dengan demikian, misalkan ditentukan baris 10, dan 3 kolom, yaitu kolom 6, 7, dan 8. Dari tabel diperoleh angka 132 dan angka ini merupakan sampel pertama. Kemudian untuk menentukan sampel kedua sampai sampel kesepuluh maka dilanjutkan ke baris berikut (baris 11 dan seterusnya), sehingga diperoleh angka 132, 822, 228, 311, 373, 893, 309, 111, 548, 017, 553, 665, 526. Bila diperoleh angka yang lebih besar dari 900 maka angka tersebut dapat diabaikan dan lanjut pada baris berikutnya.
  3. Berdasarkan tabel angka random maka sampel yang terpilih adalah SD yang bernomor 132, 822, 228, 311, 373, 893, 309, 111, 548, 017, 553, 665, 526.

Setelah sampel diperoleh maka setiap sampel (dalam hal ini adalah SD) yang terpilih diamati (diukur atau dicatat) mengenai karakteristik-karakteristik yang sedang diteliti.

Baca: Beli Rumah dari Tabungan Emas? Bisa, Hitung Dulu Anggaranmu Yuk!

Contoh 2 (Menggunakan Excel)

Seorang peneliti ingin memilih secara random 5 dari 20 SMA yang ada di tiga kabupaten. Langkah-langkah untuk menentukan 5 SMA yang akan menjadi sampel penelitiannya, sebagai berikut:

  1. Urutkan data SMA seperti tampilan berikut:
  2. Letakkan Kursor di Cell B2, lalu ketik “=rand()”. Kemudian copy formula sampai B21
  3. Letakkan kursor di Cell C2, kemudian ketik “=INDEX($A$2:$A$31,RANK(B2,$B$2:$B$21))”. Karena akan dipilih 5 data random, maka Copy formula sampai ke cell C6
  4. Dari hasil pemilihan random sampling, terlihat bahwa 5 SMA yang terpilih adalah SMA28, SMA13, SMA1, SMA24 dan SMA4.

Teknik simple random sample ini memiliki tingkat keacakan yang sangat tinggi, sehingga sangat efisien digunakan untuk mengukur karakter populasi yang memiliki elemen dengan homoginitas tinggi. Sedangkan untuk populasi yang memiliki elemen heterogen, penggunaan teknik ini kurang tepat karena dapat menimbulkan bias.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: learn.robinhood.com

Baca juga:

Harga Emas Naik Turun, Bagaimana Cara Prediksi?

Apa Itu Demografi?

Beli Rumah dari Tabungan Emas? Bisa, Hitung Dulu Anggaranmu Yuk!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img