Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Sistem Ekonomi Campuran?

DEFINISI

Sistem ekonomi campuran menggabungkan aspek-aspek dari beberapa teori atau sistem ekonomi, paling umum sosialisme dan kapitalisme, untuk mengambil keuntungan dari manfaat keduanya.

Memahami Sistem Ekonomi Campuran

Setiap sistem ekonomi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Beberapa ekonom percaya bahwa masyarakat sosialis murni menawarkan sedikit insentif untuk inovasi atau kewirausahaan. Yang lain percaya bahwa kapitalisme murni memungkinkan terlalu banyak kekuatan untuk berkonsentrasi di tangan segelintir orang kaya.

Dengan memadukan pendekatan yang berbeda, sistem ekonomi campuran berupaya menangkap manfaat masing-masing sekaligus mengurangi kelemahan mereka. Sistem yang paling sering digabungkan adalah kapitalisme dan sosialisme – Hasilnya adalah sistem yang memungkinkan kepemilikan pribadi atas properti dan memungkinkan pemerintah untuk campur tangan dalam ekonomi demi kepentingan publik.

CONTOH

Sebagian besar ekonomi modern adalah contoh sistem ekonomi campuran. Ambil ekonomi Amerika Serikat – Ini bergantung pada prinsip-prinsip kapitalis seperti kepemilikan pribadi atas properti dan individu yang membuat keputusan tentang alokasi sumber daya. Pada saat yang sama, ini memungkinkan intervensi pemerintah, seperti undang-undang anti-trust, yang memberi pemerintah kekuatan untuk memecah monopoli demi kebaikan bersama. 

Kesimpulan

Sistem ekonomi campuran seperti membuat sup …

Saat kamu membuat sup, kamu menggabungkan daging dan sayuran yang berbeda ke dalam satu hidangan. Kamu masih mendapatkan rasa individual dari wortel, seledri, dan daging sapi yang kamu tambahkan ke dalam panci, tetapi rasa itu berbaur bersama, masing-masing memengaruhi yang lain dan menciptakan rasa baru yang menyatu. Sistem ekonomi campuran bekerja dengan cara yang sama, mengintegrasikan aspek sistem yang berbeda, seperti kapitalisme dan sosialisme. Hasilnya adalah sistem yang sama sekali baru. 

Ketahui Lebih Lanjut

Apa itu sistem ekonomi campuran?

Contoh modern yang menggambarkan sistem ekonomi campuran

Karakteristik ekonomi campuran

Barang yang diproduksi dalam ekonomi campuran

Perbedaan antara ekonomi campuran dan pasar bebas

Sejarah sistem ekonomi campuran

Apa yang membuat ekonomi campuran berbeda dari sosialisme?

Kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi campuran

Negara mana yang memiliki ekonomi campuran?

Apa Itu Sistem Ekonomi Campuran?

Sistem ekonomi campuran menggabungkan karakteristik berbagai sistem, seperti kapitalisme, sosialisme, atau komunisme.

Dalam setiap sistem ekonomi, ada manfaat dan kelemahannya. Ambil kapitalisme. Para pendukung akan berpendapat bahwa kapitalisme memberi insentif pada inovasi dan persaingan, menawarkan lebih banyak pilihan kepada konsumen. Para kritikus akan mengatakan bahwa kapitalisme mendorong monopoli dan ketidaksetaraan antara si kaya dan si miskin. 

Sekarang ambil sosialisme. Seorang advokat akan berpendapat bahwa sosialisme dapat mengurangi ketidaksetaraan, memberi manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Tetapi seorang kritikus mungkin berpendapat bahwa sosialisme tidak mendorong inovasi dan mengarah pada ekonomi yang stagnan.

Di dunia nyata, banyak ekonomi menjalankan campuran kebijakan kapitalis dan sosialis. Idenya adalah untuk memiliki yang terbaik dari kedua dunia: Dapatkan manfaat dari masing-masing sistem sambil melakukan lindung nilai terhadap kekurangan dari semua. 

Misalnya, ekonomi yang memungkinkan kepemilikan pribadi atas properti dan alat produksi – kebijakan kapitalis – juga dapat mendorong pengusaha untuk memulai bisnis baru demi keuntungan. Pada saat yang sama, kebijakan sosialis, seperti kupon makanan atau bantuan perumahan federal, dapat menawarkan jaring pengaman finansial bagi orang-orang tanpa akses ke kekayaan atau properti.

Contoh Modern yang Menggambarkan Sistem Ekonomi Campuran

Amerika Serikat menjalankan ekonomi campuran yang menggabungkan kebijakan kapitalis dengan peraturan pemerintah. Pada puncak krisis keuangan 2008, Kongres melangkah dengan mengesahkan Undang-Undang Dodd-Frank, yang memasukkan peraturan baru dalam industri perbankan. Antara lain, Dodd-Frank Act menetapkan persyaratan untuk bagaimana peringkat kredit diberikan pada obligasi.

Ini juga memperluas kekuatan Komisi Sekuritas dan Pertukaran (SEC), memperkuat perlindungan whistleblower, dan mendirikan Kantor Asuransi Federal untuk memantau industri asuransi. Ini penting karena, di bawah sistem kapitalis murni, intervensi pemerintah semacam itu tidak akan ada.                                

Berikut contoh lain: Administrasi Perumahan Federal AS (FHA) – lembaga pemerintah yang memberikan bantuan keuangan kepada orang-orang yang tidak mampu membeli rumah. Dalam masyarakat yang murni kapitalis, pemerintah tidak akan membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan pengamanan perumahan atau kebutuhan dasar lainnya. Menawarkan bantuan keuangan kepada orang miskin adalah kebijakan yang mungkin umum adalah ekonomi sosialis. Di Amerika Serikat, kita melihat kebijakan kapitalis dan sosialis hidup berdampingan dalam ekonomi campuran. 

Baca Juga: Apa itu Kapitalisme?

Karakteristik Ekonomi Campuran

Ekonomi campuran biasanya beroperasi pada kombinasi kebijakan kapitalis dan sosialis. Banyak ekonomi campuran yang kita lihat saat ini sebagian besar beroperasi di bawah prinsip-prinsip pasar bebas, dengan pemerintah melakukan intervensi selama krisis ekonomi atau ketika prinsip-prinsip pasar bebas tampaknya merugikan masyarakat yang lebih luas. 

Hasilnya adalah ekonomi di mana entitas swasta dapat memiliki alat produksi (bisnis, pabrik, mesin industri, dll.), Dan di mana seorang individu dapat menjalankan bisnis dengan keuntungan sebagai motif satu-satunya. Pada saat yang sama, beberapa entitas dijalankan oleh pemerintah dan menyediakan layanan publik – Seperti pekerja Layanan Pos AS yang mengirimkan surat kamu.

Di banyak ekonomi campuran, pemerintah dapat memberlakukan undang-undang untuk mengendalikan pasar – Pikirkan peraturan anti monopoli yang dimaksudkan untuk mencegah monopoli, atau pajak progresif dimaksudkan untuk mengurangi ketidaksetaraan ekonomi dengan memajaki orang kaya pada tingkat yang lebih tinggi.

Barang yang Diproduksi dalam Ekonomi Campura

Ekonomi campuran dapat menghasilkan hampir semua barang. Ini termasuk kebutuhan seperti makanan dan tempat tinggal atau barang yang mungkin hanya kamu temukan dalam masyarakat kapitalis, seperti mobil mewah atau perhiasan langka. Ini juga termasuk barang-barang yang mungkin hanya kamu temukan dalam ekonomi sosialis, di mana ada beberapa hal yang murni untuk kepentingan umum.

Perbedaan antara Ekonomi Campuran dan Pasar Bebas

Pasar bebas menyiratkan bahwa ada sedikit atau tidak ada pengaruh pemerintah terhadap ekonomi, atau bisnis swasta dan individu yang beroperasi di dalamnya. Sebaliknya, perusahaan bekerja semata-mata dengan motif keuntungan, dan harga barang ditentukan sepenuhnya oleh penawaran dan permintaan pasar. Secara teori, tidak ada batasan pada kemampuan perusahaan untuk menggabungkan atau membentuk monopoli. Di pasar bebas, individu, bukan pemerintah, memiliki kendali penuh atas ekonomi. 

Dalam ekonomi campuran, pemerintah memainkan peran yang lebih signifikan. Ini dapat memberlakukan peraturan yang membatasi monopoli atau memaksa bisnis untuk memenuhi persyaratan keselamatan tertentu. Bisnis mungkin masih beroperasi dengan motif keuntungan, tetapi mereka melakukannya dalam batasan yang ditetapkan oleh undang-undang yang dibuat dan ditegakkan oleh pemerintah.

Sejarah Sistem Ekonomi Campuran

Ekonomi campuran sebagian besar merupakan produk dari cobaan dan kesengsaraan ekonomi sepanjang sejarah, dan mereka menjadi lebih umum dari waktu ke waktu. Satu contoh awal berawal dari Hukum Jagung Inggris pada awal 1800-an, yang mengatur impor dan ekspor biji-bijian. Undang-undang itu dimaksudkan untuk melindungi petani lokal dari pesaing asing. Tetapi mereka juga menaikkan harga tenaga kerja dan makanan. Bagian dari responnya adalah bahwa banyak ekonom lebih menyukai pendekatan laissez-faire terhadap perdagangan. 

Pada awal 1900-an, banyak ekonom dan pejabat pemerintah di negara-negara maju Barat percaya bahwa pasar bebas adalah taruhan terbaik untuk menyediakan demi kebaikan bersama. Tetapi dengan Depresi Hebat, pasar saham dan ekonomi di seluruh dunia runtuh, mengungkap kelemahan prinsip-prinsip pasar bebas. Di Amerika Serikat, New Deal – Serangkaian program yang dimaksudkan untuk membantu memulihkan perekonomian setelah Depresi Hebat – menjadi salah satu upaya pemerintah besar pertama yang secara langsung mempengaruhi perekonomian dan menyediakan jaring pengaman sosial bagi orang Amerika.

Sistem ekonomi campuran juga muncul di tempat-tempat di mana pemerintah secara tradisional mengendalikan ekonomi. Dalam beberapa dekade terakhir, negara-negara Komunis seperti Rusia dan Cina telah berangkat dari pendekatan yang direncanakan secara murni dan mengadopsi prinsip-prinsip yang lebih kapitalis. 

Apa yang Membuat Ekonomi Campuran Berbeda dari Sosialisme?

Ekonomi campuran menerapkan beberapa gagasan sosialisme tanpa mengadopsinya sepenuhnya. Misalnya, di bawah sosialisme, publik memiliki alat produksi, yang berarti tidak ada kepemilikan pribadi atas bisnis atau peralatan industri. Sebaliknya, bisnis dimiliki oleh semua dan dimaksudkan untuk bekerja demi kebaikan bersama. 

Dalam ekonomi campuran, individu swasta dapat memiliki bisnis dan menjalankannya untuk mendapatkan keuntungan. Pemerintah mengatur praktik bisnis untuk melindungi kepentingan publik.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

Keuntungan utama dari ekonomi campuran adalah memungkinkan suatu negara untuk mendapatkan manfaat dari cita-cita pasar bebas (inovasi dan persaingan) dan cita-cita sosialis (mengurangi ketidaksetaraan). Ekonomi campuran biasanya menghargai efisiensi – Karena bisnis bekerja untuk menghasilkan laba, ia mendorong produsen untuk menyediakan barang dan jasa dengan biaya rendah. 

Kerugian dari ekonomi campuran adalah bahwa ia harus dikelola dengan hati-hati dan seimbang. Ini sebagian besar diserahkan kepada pemerintah, dan itu adalah tanggung jawab besar. Tanpa check and balance yang tepat, ekonomi campuran dapat menderita kerugian dari kapitalisme dan sosialisme, seperti inefisiensi atau ketidaksetaraan.

Negara Mana yang Memiliki Sistem Ekonomi Campuran?

Mayoritas negara saat ini memiliki beberapa bentuk ekonomi campuran. Meskipun masing-masing negara menyeimbangkan campuran kapitalisme dan sosialisme dengan cara yang berbeda. Beberapa negara, seperti Amerika Serikat, lebih dikenal karena menghargai cita-cita kapitalis daripada negara-negara sosialis. Negara-negara lain lebih condong pada kebijakan sosialis. Misalnya, negara-negara Nordik, termasuk Swedia, Islandia, dan Finlandia. Mereka dikenal karena jaring pengaman sosial mereka yang signifikan dan tingkat tawar-menawar kolektif yang tinggi.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img