Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Kamus

Stock Split

Stock Split

1350  dilihat·Waktu baca: 4 menit
Stock Split

Apa itu Stock Split? Stock Split adalah pemecahan jumlah lembar saham menjadi jumlah lembar yang lebih banyak dengan menggunakan nilai nominal yang lebih rendah per lembar sahamnya secara proporsional.

Pemecahan saham dilakukan dalam rasio tertentu. Tindakan korporasi memecah saham ini akan meningkatkan jumlah lembar saham yang beredar.

Peningkatan jumlah lembar saham diiringi dengan penurunan nilai nominal saham tanpa adanya transaksi jual beli. Artinya, modal yang dimiliki oleh setiap pemegang saham tidak mengalami perubahan.

Contoh

Contohnya, PT. A melakukan stock split dengan rasio 1:4 (satu banding empat), di mana setiap satu lembar saham lama ditukar dengan empat lembar saham baru. Jika satu lembar saham sebelum stock split bernilai Rp 20.000,-. Maka setelah dilakukan stock split harganya akan menjadi Rp 5.000,- per lembar.

Dengan dilakukannya aksi stock split, jumlah lembar saham yang beredar akan meningkat empat kali lipat. Sebab itu, apabila seorang investor memiliki saham seharga Rp 20.000,- sebanyak 10 lot (1 lot = 100 lembar), maka setelah nilai sahamnya dipecah menjadi Rp 5.000,-, investor tersebut memiliki saham sebanyak 40 lot.

Stock split umumnya dilakukan oleh korporasi atau perusahaan yang memiliki fundamental bagus dengan harga saham yang tinggi. Di satu sisi, harga saham yang tinggi menunjukkan performa korporasi yang baik. Namun di sisi lain, harga saham yang tinggi justru menyebabkan setiap lembar saham kurang likuid. Hal ini justru membatasi ruang gerak para investor.

Artinya, harga saham yang terlalu tinggi justru mengakibatkan investor tidak mampu menjangkaunya.

Baca juga: Perlu Dicatat! Ketahui Beda Tingkatan Risiko dalam Investasi

Manfaat stock split

Setiap perusahaan yang melakukan stock split tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai. Secara umum, tujuan perusahaan melakukan stock split sebagai berikut.

  • Meningkatkan atau menambah jumlah saham yang beredar sehingga setiap lembar saham lebih likuid.
  • Menjaga tingkat likuiditas saham agar tetap memiliki pergerakan yang aktif.
  • Menurunkan harga saham untuk menghindari harga saham yang terlalu tinggi sehingga dapat memberatkan investor publik yang berminat untuk membeli saham perusahaan.
  • Menarik lebih banyak investor. Karena harga saham yang lebih rendah, membuka peluang bagi investor dengan modal terbatas untuk ikut terlibat dalam transaksi jual beli saham perusahaan.
  • Memberi kesempatan kepada investor untuk melakukan diversifikasi investasi. Pemecahan nilai dan lembar saham akan memperkecil risiko yang mungkin terjadi. Karena dengan harga saham yang rendah memungkinkan investor untuk membeli saham di perusahaan yang bersangkutan dan menanamkan sebagian modalnya di perusahaan lain.
  • Mengubah jumlah saham odd lot menjadi round lot. Artinya, perusahaan ingin meningkatkan kemampuan investor dalam membeli saham. Di mana investor yang sebelumnya membeli saham di bawah 100 lembar (odd lot) akan berpeluang untuk membeli saham dalam kelipatan 100 lembar atau lebih dari 1 lot (round lot).

Dari tujuan tersebut, aksi stock split yang dilakukan perusahaan tak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan itu sendiri sebagai emiten, tetapi juga bermanfaat bagi para investor. Manfaat bagi investor sudah jelas, yakni harga saham yang semakin rendah.

Dengan harga saham yang rendah, investor memiliki peluang untuk memiliki saham dalam jumlah lembar lebih banyak. Selain itu, investor juga dapat menghindari risiko dengan melakukan diversifikasi investasi dalam bentuk penanaman modal di perusahaan atau bidang lain.

Baca: Apa Itu Preferred Stock?

Lantas, apa manfaat bagi perusahaan atau emiten selaku penerbit saham? Perusahaan dapat memperoleh manfaat langsung dan tidak langsung. Secara langsung perusahaan berkesempatan untuk mendapatkan investor-investor baru.

Sementara manfaat tidak langsungnya jumlah saham beredar yang semakin banyak diikuti dengan harga saham yang rendah memicu pergerakan saham yang semakin aktif. Jika gerak saham aktif, maka aksi korporasi ke depannya akan mendapat sorotan dan respon lebih cepat dari investor.

Pengaruh stock split terhadap harga saham

Semakin tinggi harga saham di satu sisi menunjukkan fundamental perusahaan semakin bagus. Tapi di sisi lain harga saham yang terlalu tinggi justru ‘menggerus’ likuiditas saham itu sendiri, sehingga pergerakannya lambat atau kurang aktif.

Selain itu, harga saham yang tinggi juga menurunkan atau mengurangi kemampuan investor untuk membeli saham tersebut.

Jika tidak segera dilakukan aksi korporasi, dikhawatirkan harga saham yang tinggi justru dapat melemahkan fundamental perusahaan. Jadi perusahaan terdorong untuk melakukan aksi korporasi stock split dengan memecah lembar dan nilai saham di mana jumlah lembar semakin banyak dan nilainya semakin rendah.

Baca: Suku Bunga Pengaruhi Investasi? Ini 3 Sektor Vital yang Terkena Imbas

Aksi korporasi stock split dapat meningkatkan likuiditas saham, sebab harga saham yang lebih rendah akan diharapkan mampu meningkatkan daya beli investor terhadap saham tersebut. Seiring dengan meningkatnya daya beli investor pergerakan saham akan semakin aktif dan harganya akan kembali terkerek naik.

Namun, harus dipahami juga jika aksi korporasi stock split tak selalu memberikan pengaruh positif terhadap harga saham.

Rendahnya harga saham setelah stock split memang bisa memicu aktivitas para pemodal kecil atau investor retail untuk ikut meramaikan pasar modal. Namun, aktivitas para pemodal kecil ini justru malah berisiko menahan pergerakan saham sehingga memperlambat laju kenaikan harga saham tersebut.

Aksi korporasi stock split tak selalu menguntungkan sebab ada faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi naik turunnya harga saham. Sebut saja fundamental perusahaan lalu trend sektor dan juga perkembangan pasar serta industri terkait.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: learn.robinhood.com

Baca juga:

Apa Itu Common Stock?

Suku Bunga Pengaruhi Investasi? Ini 3 Sektor Vital yang Terkena Imbas

Perlu Dicatat! Ketahui Beda Tingkatan Risiko dalam Investasi

Ditulis oleh
channel logo

Satya Nagara

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar