Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Strike Price?

DEFINISI

Opsi adalah kontrak yang menjamin pembeli dari opsi hak untuk membeli (dalam kasus opsi panggilan) atau menjual (dalam kasus opsi put) aset dengan harga yang telah ditentukan – dan bahwa harga yang telah ditentukan disebut strike price.

Memahami Strike Price

Ketika kamu membeli opsi, kamu setuju untuk membeli (dalam kasus opsi panggilan) atau menjual (dalam kasus opsi put) keamanan tertentu dengan harga yang ditentukan. Harga yang ditetapkan disebut harga kesepakatan atau harga pelaksanaan untuk kontrak opsi itu.

Hubungan antara  harga kesepakatan dan harga aktual suatu saham menentukan apakah opsi tersebut “in-the-money,” “at-the-money,” atau “out-of-the-money.” Jika kamu berencana untuk berinvestasi dalam opsi, memahami harga kesepakatan sangat penting.

CONTOH

Kamu memutuskan untuk membeli opsi panggilan untuk saham Starbucks, dengan harga strike $ 100. Kapan saja sebelum kontrak berakhir, kamu dapat menggunakan opsi mu dan memilih untuk membeli 100 saham Starbucks seharga $ 100 masing-masing. Bahkan jika nilai saham Starbucks lebih dari $ 100, penjual yang dipilih secara acak dari jenis opsi panggilan ini harus menjual kepadamu saham dengan harga yang disepakati.

Jika nilai saham Starbucks naik di atas harga opsi strike $ 100, opsi mu akan menjadi ‘in-the-money.’ Tetapi jika harga saham turun di bawah harga opsi latihanmu, sekarang dianggap ‘out-of-the-money. ‘

Kesimpulan

Menjual opsi dengan strike price yang sudah ditentukan sebelumnya seperti membuat janji kelingking

Tidak peduli apa yang terjadi pada nilai saham setelah kamu menjual opsi, kamu harus menghormati perjanjianmu (itu adalah kontrak hukum yang berlaku). Jika pembeli opsi memilih untuk menggunakan opsi dan kamu mendapatkan opsi latihan, kamu akan melakukan transaksi dengan harga kesepakatan, bahkan jika itu berarti kamu kehilangan 

Ketahui Lebih Lanjut …

Bagaimana cara menghitung strike price?

Apa perbedaan antara strike price dan harga saham?

Apa perbedaan antara harga strike dan harga tunai?

Mengapa strike price itu penting?

Apakah harga kesepakatan penting jika saya tidak ingin menggunakan opsi?

Apa itu opsi put, dan bagaimana harga strike memengaruhinya?

Bagaimana strike price memengaruhi opsi panggilan?

Bagaimana Cara Menghitung Strike Price?

Strike price untuk opsi yang diperdagangkan di bursa bukan sesuatu yang harus kamu perhitungkan. Pertukaran tempat perdagangan opsi akan menetapkan harga kesepakatan pada suatu opsi ketika kontrak opsi terdaftar di bursa itu.

Seperti halnya ada pasar besar untuk membeli dan menjual saham, ada pasar besar untuk membeli dan menjual kontrak opsi. Dalam praktiknya, biasanya ada harga strike standar untuk sekuritas yang memiliki pasar opsi aktif. Opsi yang umum diperdagangkan cenderung memiliki harga kesepakatan dalam kenaikan $ 5 (mis. $ 20, $ 25, $ 30, dll.). 

Strike price memang berperan dalam perhitungan harga opsi. Nilai opsi bervariasi dengan dua faktor utama. Yang pertama adalah seberapa dekat opsi ke kedaluwarsa (nilai waktu). Yang kedua adalah perbedaan antara harga saham dan harga strike opsi (nilai intrinsik) 

Apa Perbedaan antara Strike Price dan Harga Saham?

Harga sebuah saham adalah seberapa banyak kamu dapat membeli atau menjual saham.

Strike price terkait, karena itu adalah harga di mana kamu setuju untuk membeli (dalam kasus opsi panggilan) atau menjual (dalam kasus opsi put) stok yang mendasarinya. Namun, harga kesepakatan dari kontrak opsi ditentukan oleh pertukaran opsi pada saat kontrak opsi terdaftar di bursa itu.

Tidak seperti harga saham, yang berubah secara teratur, harga kesepakatan dari suatu opsi tidak berubah kecuali stok yang mendasarinya memiliki pemecahan saham atau membayar dividen saham.

Apa Perbedaan antara Harga Strike dan Harga Tunai (Spot Price)?

Harga tunai adalah istilah lain untuk harga sekuritas, meskipun kamu biasanya melihatnya digunakan untuk komoditas seperti emas dan logam mulia lainnya.

Merupakan harga di mana saat ini kamu dapat membeli atau menjual sekuritas. Berubah secara teratur. Harga strike opsi adalah harga di mana kamu setuju untuk membeli atau menjual sekuritas yang mendasarinya, tetapi itu tetap. Harga strike opsi ditetapkan selama umur kontrak opsi dan disesuaikan jika ada dividen saham atau stock split.

Mengapa Strike Price Itu Penting?

Harga strike suatu opsi penting karena memainkan peran penting dalam menentukan nilai opsi.

Pertimbangkan contoh ini: Katakanlah sebuah perusahaan bernama Stock Z berdagang dengan harga pasar $ 50. Kamu memiliki opsi panggilan untuk Stock Z dengan harga strike $ 40. Itu berarti kamu memiliki pilihan, tetapi bukan kewajiban, untuk membeli 100 saham di Stock Z seharga $ 40, meskipun kamu harus membayar $ 50 untuk membeli saham-saham itu di pasar terbuka.

Itu berarti kamu memiliki kesempatan untuk membeli saham dengan harga diskon. Kamu bahkan dapat membeli saham dan segera menjualnya dengan harga pasar yang lebih tinggi, mendapatkan keuntungan instan (dengan asumsi harga yang kamu bayarkan untuk opsi panggilan tidak melebihi $ 10 per kontrak).

Jika saham Z jatuh nilainya menjadi $ 35, kamu masih memiliki opsi, tetapi bukan kewajiban, untuk membeli saham tersebut dengan $ 40. Kamu bisa mendapatkan saham dengan harga lebih rendah di pasar terbuka, jadi kamu mungkin tidak ingin menggunakan opsi tersebut. Dalam skenario ini, nilai opsi akan lebih rendah daripada jika harga saham di atas harga kesepakatan. 

Apakah Harga Kesepakatan Penting Jika Saya Tidak Ingin Menggunakan Opsi?

Ya, harga kesepakatan dari suatu opsi penting, bahkan jika kamu tidak memiliki niat untuk menggunakan opsi tersebut untuk membeli atau menjual sekuritas yang mendasarinya. Jika kamu tidak ingin menggunakan opsi karena alasan apa pun, kamu memiliki dua pilihan:

  1. Satu pilihan adalah membiarkan opsi berakhir. Kontrak opsi memiliki tanggal kedaluwarsa yang terlampir. Setelah tanggal tersebut tercapai, kontrak tidak lagi berlaku, dan tidak dapat dilaksanakan. Ingatlah bahwa opsi-opsi yang bernilai satu sen atau lebih akan secara otomatis dilakukan oleh Options Clearing Corporation.
  2. Pilihan lain adalah menjual kontrak. Kamu bebas menjual kontrak opsi yang kamu miliki kapan saja. Seperti harga saham, harga kontrak opsi berubah secara teratur. Harga strike opsi, harga keamanan yang mendasarinya, tanggal kedaluwarsa, dan penawaran dan permintaan semua mempengaruhi nilai opsi.

Apa Itu Opsi Put (Put Option), dan Bagaimana Harga Strike Memengaruhinya?

Opsi put adalah opsi untuk menjual aset atau sekuritas dengan harga yang telah ditentukan. 

Harga strike mempengaruhi opsi put dengan menentukan harga di mana pemegang opsi dapat menjual aset yang mendasarinya. 

Secara umum, opsi put menjadi lebih berharga ketika harga kesepakatan berada di atas harga saham. Dalam skenario ini, pemegang opsi dapat membeli saham dari pasar dan menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Bagaimana Strike Price Memengaruhi Opsi Panggilan (Call Option)?

Opsi panggilan (Call Option) adalah opsi untuk membeli aset atau sekuritas dengan harga yang telah ditentukan.

Harga kesepakatan mempengaruhi opsi panggilan dengan menentukan harga di mana pemegang opsi dapat membeli aset yang mendasarinya.

Secara umum, opsi panggilan lebih berharga ketika harga kesepakatan di bawah harga saham. Dalam skenario ini, pemegang opsi dapat menggunakan opsi untuk membeli saham dengan potongan harga harga pasar.

Apa Maksudnya Opsi Dikatakan in-the-money (ITM), at-the-money (ATM) atau out-of-the-money (OTM)?

Saat mendiskusikan perdagangan opsi, kamu akan sering mendengar orang berbicara tentang opsi yang “in-the-money,” “at-the-money,” atau “out-of-the-money.”

Opsi yang in-the-money adalah opsi yang memiliki nilai intrinsik, bukan nilai yang disebabkan oleh potensi harga saham berubah sebelum opsi berakhir. Untuk opsi panggilan, itu berarti bahwa harga kesepakatan di bawah harga saham saat ini. Itu memungkinkan pemegang opsi menggunakan opsi dan segera menjual saham yang dibeli dengan harga lebih tinggi.

Untuk opsi put, itu berarti bahwa harga kesepakatan berada di atas harga saham saat ini. Pemegang opsi dapat membeli saham dari pasar dan menggunakan opsi untuk menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.  “At-the-money” memiliki arti yang sama untuk transaksi dan panggilan dan menunjukkan bahwa harga strike dan harga aktual adalah sama.

Opsi out-of-the-money tidak memiliki nilai intrinsik. Pemegang opsi tidak dapat menggunakan opsi dan menghasilkan keuntungan. Itu tidak berarti bahwa opsi keluar uang tidak berharga. Harga saham sering berubah, sehingga selalu ada kemungkinan bahwa opsi out-of-the-money akan berubah menjadi opsi in-the-money ketika harga berubah. Ini memberi beberapa nilai pada opsi yang out-of-the-money.

Beberapa orang akan mengambil keuntungan dari kenyataan bahwa opsi out-of-the-money biasanya tidak dilakukan, menjualnya kepada orang-orang yang ingin bertaruh pada pergerakan keamanan. Dengan menjual opsi ini, orang dapat memperoleh penghasilan dengan mengumpulkan premi yang dibayarkan untuk opsi tersebut. Jika opsi ini menjadi in-the-money, penjual opsi bisa berakhir kehilangan uang.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Opsi Saham?

7 Investasi Unik Mainan yang Akan Laku Mahal di Masa Depan, Minat Beli?

Investasi Emas Non-Fisik dalam Bentuk Emas ETF vs Emas Berjangka, Apa Bedanya?

Recent Articles

apa itu market share

Apa Itu Market Share?

faang stocks adalah

Apa Itu FAANG Stocks?

definisi regresi

Apa Itu Regresi?

wall street adalah

Apa Itu Wall Street?

volatilitas adalah

Apa Itu Volatilitas?

Related Stories