Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Subsidi?

DEFINISI

Subsidi adalah bantuan keuangan, biasanya diberikan oleh pemerintah federal dan negara bagian, kepada organisasi, perusahaan, atau individu untuk mendukung kegiatan ekonomi tertentu, atau mempromosikan tujuan social.

Memahami Subsidi

Subsidi adalah pembayaran pemerintah kepada perorangan atau bisnis untuk mengimbangi biaya untuk kepentingan kegiatan ekonomi atau tujuan publik tertentu. Baik pemerintah federal dan pemerintah negara bagian memberikan subsidi kepada semua jenis perusahaan di semua jenis industri. Subsidi bisa dalam bentuk pembayaran tunai, hibah, keringanan pajak, dan pinjaman berbunga rendah.

Subsidi miliaran dolar diberikan kepada industri pertanian dan minyak setiap tahun. Tetapi mereka juga diberikan kepada warga negara setiap hari dalam bentuk hal-hal seperti program kesehatan dan berbagai kredit pajak. Subsidi dapat mempengaruhi harga pasar, mendukung penelitian, membantu orang-orang lulus kuliah, atau membeli rumah pertama mereka. 

CONTOH

Katakanlah pemerintah di negara bagian A.S. ingin mensubsidi produksi panel surya untuk pembangkit listrik. Negara dapat menawarkan subsidi dalam bentuk keringanan pajak untuk bisnis yang memproduksi panel surya.

Lebih jauh, pemerintah dapat menawarkan subsidi kepada konsumen, memberi mereka, katakanlah, $ 500 untuk pembelian panel surya apa pun. Ini akan menjadi subsidi pemerintah yang ditujukan untuk mempromosikan sosial dan lingkungan

Kesimpulan

Subsidi adalah semacam pajak balik

Ketika pemerintah ingin mencegah suatu kegiatan – katakanlah, merokok – seringkali dikenakan pajak. Subsidi adalah kebalikannya. Entah itu memberi orang atau perusahaan uang untuk terlibat dalam suatu kegiatan – atau menghapus sebagian pajak mereka jika mereka terlibat dalam kegiatan itu. 

Ketahui Lebih Lanjut

Apa itu subsidi?

Bagaimana subsidi mempengaruhi perekonomian?

Pro dan kontra dari subsidi

Apa Itu Subsidi?     

Subsidi adalah bantuan keuangan atau insentif yang biasanya diberikan oleh pemerintah federal dan negara bagian kepada organisasi, perusahaan, atau individu untuk mendukung kegiatan ekonomi tertentu, atau mempromosikan tujuan sosial dan lingkungan.

Subsidi dapat memotivasi perusahaan untuk fokus pada kegiatan atau usaha bisnis yang menurut pemerintah adalah demi kepentingan publik. Atau subsidi dapat digunakan untuk mendorong perilaku tertentu seperti penciptaan lapangan kerja, mengejar pendidikan, atau belanja konsumen. 

Beberapa program subsidi dirancang untuk membantu keluarga berpenghasilan rendah dengan bantuan keuangan yang membantu mereka mendapatkan akses ke layanan kesehatan, perumahan, atau pendidikan. Lainnya memberikan pembayaran langsung atau keringanan pajak kepada perusahaan. 

Subsidi biasanya berupa pembayaran tunai, hibah, pinjaman federal, jaminan pinjaman, atau keringanan pajak.

Apa Itu Subsidi Langsung (Direct Subsidies)?

Uang tunai, hibah, dan pinjaman tanpa bunga dianggap sebagai subsidi langsung karena diberikan langsung kepada penerima. Subsidi langsung menguntungkan penerima secara langsung, tetapi mungkin juga memiliki efek tidak langsung pada bidang-bidang lain seperti penciptaan lapangan kerja. Subsidi uang tunai dapat digunakan untuk industri seperti energi terbarukan untuk merangsang pertumbuhan dan inovasi.

Uang tunai untuk mensubsidi petani dan agribisnis lainnya dapat membantu mereka bersaing dengan harga impor pertanian yang lebih rendah dari negara lain. Hibah uang tunai dari pemerintah federal sering diberikan kepada usaha kecil di industri seperti fisika atau biologi untuk penelitian dan pengembangan (R&D). 

Apa Itu Subsidi Tidak Langsung(Indirect Subsidies)?

Pinjaman berbunga rendah, insentif pajak, dan banyak program kesejahteraan pemerintah adalah subsidi tidak langsung. Meskipun uang tidak langsung ke penerima, penerima menerima nilai baik secara kebetulan atau menggunakan tabungan itu untuk sumber daya lainnya. Jaminan pinjaman pemerintah (alias asumsi risiko) adalah ketika pemerintah menjamin pinjaman yang diberikan oleh pemberi pinjaman swasta kepada bisnis atau perorangan. 

Subsidi pinjaman juga dapat berarti pemerintah memberikan subsidi bunga untuk menawarkan suku bunga pinjaman yang lebih rendah daripada yang diberikan oleh pemberi pinjaman swasta. Pinjaman federal juga dapat mencakup ketentuan yang lebih baik seperti pembayaran yang ditangguhkan, rencana pembayaran yang fleksibel, atau skor kredit yang lebih rendah. Pinjaman pelajar adalah contoh subsidi pinjaman.

Subsidi pajak penghasilan adalah umum dan diberikan kepada perusahaan maupun perorangan. Subsidi pajak dapat berupa kredit pajak, pengurangan, atau pengecualian. Pengurangan bunga hipotek rumah, misalnya, bertindak sebagai subsidi tidak langsung untuk pembeli rumah. Subsidi pajak dalam bentuk kredit atau pengurangan dapat diberikan kepada perusahaan-perusahaan di industri seperti teknologi untuk merangsang inovasi dan menciptakan lapangan kerja.

Apa Sajakah Jenis Subsidi yang Umum?

Subsidi federal dan negara ada di banyak industri dan program sosial, tetapi di sini ada beberapa yang lebih besar:

Pertanian: Mungkin subsidi pertanian paling terkenal lahir setelah Depresi Hebat. Kekacauan di Eropa setelah Perang Dunia I telah menutup pasar internasional, yang berarti petani memiliki surplus panen, dan ini mendorong harga turun. Undang-undang Penyesuaian Pertanian (1933) memungkinkan pemerintah memberikan dukungan harga dengan membeli tanaman berlebih atau bahkan membayar petani untuk menghancurkan tanaman mereka. 

Saat ini, subsidi agribisnis datang dalam berbagai bentuk. Banyak yang ada dalam bentuk pembayaran langsung ke pertanian berdasarkan sejarah produksinya atau untuk mendorong petani menanam satu jenis tanaman di atas yang lain.

Minyak: Subsidi minyak dirancang untuk mendorong produksi bahan bakar fosil dalam negeri dan menekan biaya bahan bakar bagi konsumen. Subsidi minyak dapat memiliki banyak bentuk. Pemerintah dapat menyewa tanah federal dengan harga diskon untuk ekstraksi bahan bakar fosil. Atau dapat memberikan ketentuan khusus dalam kode pajak yang memungkinkan subsidi pajak untuk perusahaan minyak.

Baca juga: Apa Itu Kebijakan Fiskal?

Layanan Kesehatan: Subsidi layanan kesehatan dapat menjadi hibah untuk penelitian medis dan uji coba farmasi. Tetapi kami juga melihat layanan kesehatan disubsidi dalam program-program seperti Medicare, Medicaid, dan Program Asuransi Kesehatan Anak-Anak (CHIP). Jaminan kesehatan (ACA) menawarkan berbagai subsidi seperti kredit pajak, bantuan dengan deductible, dan potongan harga premi. 

Perumahan: Subsidi perumahan ada dalam bentuk potongan pajak untuk pembeli rumah atau dukungan keuangan kepada tuan tanah yang menawarkan perumahan yang terjangkau bagi penduduk berpenghasilan rendah. Ada juga pinjaman rumah bersubsidi seperti pinjaman VA (untuk veteran) dan pinjaman FHA. Administrasi Perumahan Federal mengasuransikan pinjaman FHA untuk pembeli rumah berpenghasilan rendah dengan kredit kurang dari bintang. Hibah ditawarkan kepada pengembang tanah dan perusahaan konstruksi untuk membuat perumahan dan real estat komersial di area tertentu.

Ekspor: Selama bertahun-tahun, pemerintah telah memberikan insentif keuangan kepada perusahaan domestik yang mengekspor barang secara internasional untuk membantu mereka bersaing dengan harga produk yang lebih rendah dari negara lain. Namun, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) telah memberikan batasan ketat pada subsidi dalam perdagangan internasional untuk menurunkan kompetisi bagi negara-negara berkembang yang berada pada posisi yang kurang menguntungkan. Subsidi federal juga ditawarkan kepada perusahaan global yang berinvestasi besar-besaran di industri dalam negeri, seperti industri energi.

Bagaimana Subsidi Mempengaruhi Perekonomian?

Ekonom pasar bebas mengatakan pemerintah harus tetap keluar dari ekonomi. Tetapi yang lain berpendapat bahwa pemerintah harus turun tangan karena pasar, pada dasarnya, tidak adil. Beberapa industri dan individu mungkin tidak didukung dengan sangat baik dan tidak dapat bersaing. 

Pasar bebas juga tidak dirancang untuk peduli dengan efek buruk apa pun (alias eksternalitas negatif) yang mungkin ditimbulkannya, seperti polusi. Ketika ini terjadi, itu dikenal sebagai “kegagalan pasar.” 

Amerika Serikat secara teknis ekonomi pasar. Namun, subsidi yang diberikan oleh pemerintah AS sangat mempengaruhi harga pasar, perkembangan kegiatan ekonomi di beberapa industri, dan bahkan kesejahteraan sosial dan lingkungan.

Ketika tujuan sosial dan ekonomi berubah dalam suatu ekonomi, intervensi pemerintah di pasar mencoba untuk menyamakan kedudukan atau memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi pada saat itu.

Pro dan Kontra dari Subsidi

Pro

Mendorong inovasi: Industri seperti energi terbarukan dengan biaya produksi tinggi mungkin tidak dapat berkembang tanpa bantuan keuangan. Memberikan manfaat sosial: Individu yang kurang beruntung secara ekonomi memiliki akses yang lebih baik ke pendidikan, perawatan kesehatan, atau perumahan. Lindungi produsen dalam negeri dari persaingan asing: Penanam kapas di Amerika Serikat dengan biaya produksi lebih tinggi mungkin tidak dapat bersaing dengan kapas impor.

Perlambat penurunan industri yang sedang berjuang: Sementara penurunan mungkin tidak bisa dihindari dalam industri seperti pertambangan, memperlambat penurunan tersebut dapat membantu mempertahankan lapangan kerja lebih lama. Dapat membantu memperbaiki kegagalan pasar: Jika barang atau jasa yang bermanfaat, seperti produk yang aman bagi lingkungan, menderita dari kurangnya permintaan pada titik harga tinggi, subsidi dapat membantu produsen menekan harga. Dapat menurunkan atau mengendalikan inflasi: Bahan bakar bersubsidi, misalnya, dapat membuat harga turun untuk konsumen tanpa produsen harus memperlambat produksi, yang mengakibatkan kekurangan minyak. 

Kontra

Mencegah inovasi: Jika perusahaan mendapat dukungan finansial, mungkin tidak akan repot menciptakan barang dan jasa baru yang memenuhi tuntutan konsumen yang terus berubah. Mendorong inefisiensi: Perusahaan yang secara konsisten membutuhkan subsidi mungkin perlu merestrukturisasi agar menjadi lebih efisien – tetapi mereka tidak harus melakukannya jika mereka dapat mengandalkan bantuan keuangan sebagai semacam penopang.

Alokasi sumber daya yang tidak efisien: Pelobi dapat mempengaruhi pemerintah. Ini dapat menyebabkannya membuat keputusan yang salah dan menghabiskan uang yang dapat membantu lebih banyak di tempat lain. Mendistorsi pasar: Dukungan harga untuk produk atau layanan tertentu dapat membuat penawaran dan permintaan buatan yang mendistorsi pasar. Mahal: Subsidi pemerintah dibayar oleh pembayar pajak. Meskipun mereka dapat menurunkan biaya di satu bidang. Mereka pada akhirnya akan dibayar oleh wajib pajak dalam bentuk pajak yang lebih tinggi.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Sertifikat Deposito?

Apa Itu Faktor Produksi?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img