Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Supply Chain?

Pengertian Supply Chain adalah rantai pasokan. Rantai pasokan atau supply chain adalah jaringan antara perusahaan dan pemasoknya untuk memproduksi dan mendistribusikan produk tertentu ke pembeli akhir. Jaringan ini mencakup berbagai aktivitas, orang, entitas, informasi, dan sumber daya. Rantai pasokan juga mewakili langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan produk atau layanan dari keadaan aslinya ke pelanggan.

Intinya, apa itu supply chain sama saja dengan bagaimana perusahaan mengembangkan rantai pasokan sehingga mereka dapat mengurangi biaya dan tetap kompetitif dalam lanskap bisnis.

Manajemen supply chain alias rantai pasokan adalah proses yang sangat penting karena rantai pasokan yang dioptimalkan menghasilkan biaya yang lebih rendah dan siklus produksi yang lebih cepat.

Baca: Apa Pengaruh Pelemahan Ekonomi Global dengan Turunnya Harga Minyak Dunia?

Memahami Apa Itu Supply Chain

Supply Chain atau Rantai pasokan melibatkan serangkaian langkah yang terlibat untuk mendapatkan produk atau layanan kepada pelanggan. Langkah-langkahnya termasuk memindahkan dan mengubah bahan mentah menjadi produk jadi, mengangkut produk tersebut, dan mendistribusikannya ke pengguna akhir. Entitas yang terlibat dalam rantai pasokan meliputi produsen, vendor, gudang, perusahaan transportasi, pusat distribusi, dan pengecer.

Apa Itu Supply Chain?, Pluang

KESIMPULAN UTAMA

  • Supply chain atau rantai pasokan adalah jaringan antara perusahaan dan pemasoknya untuk memproduksi dan mendistribusikan produk atau layanan tertentu.
  • Entitas dalam supply chain meliputi produsen, vendor, gudang, perusahaan transportasi, pusat distribusi, dan pengecer.
  • Fungsi dalam supply chain meliputi pengembangan produk, pemasaran, operasi, distribusi, keuangan, dan layanan pelanggan.
  • Manajemen supply chain menghasilkan biaya yang lebih rendah dan siklus produksi yang lebih cepat.

Unsur-unsur supply chain atau rantai pasokan mencakup semua fungsi yang dimulai dengan menerima pesanan untuk memenuhi permintaan pelanggan. Fungsi tersebut meliputi pengembangan produk, pemasaran, operasi, jaringan distribusi, keuangan, dan layanan pelanggan.

Baca: Banyak Diakses Selama Pandemi, Laporan Keuangan Netflix Tunjukkan Penurunan EPS

Manajemen supply chain adalah bagian yang sangat penting dari proses bisnis. Ada banyak mata rantai berbeda dalam rantai ini yang membutuhkan keterampilan dan keahlian. Ketika manajemen rantai pasokan efektif, itu dapat menurunkan biaya keseluruhan perusahaan dan meningkatkan profitabilitas. Jika satu tautan rusak, itu dapat memengaruhi sisa rantai dan bisa mahal.

Manajemen Supply Chain vs. Manajemen Logistik Bisnis

Istilah manajemen rantai pasokan dan manajemen logistik bisnis — atau sederhananya, logistik — sering digunakan secara bergantian. Logistik yang merupakan salah satu mata rantai dalam rantai pasok berbeda.

Logistik secara khusus mengacu pada bagian dari rantai pasokan yang berhubungan dengan perencanaan dan pengendalian pergerakan dan penyimpanan barang dan jasa dari titik asalnya ke tujuan akhirnya. Manajemen logistik dimulai dengan bahan mentah dan diakhiri dengan pengiriman produk akhir.

Baca: Berhadiah Rp21 M, Google Tantang Hacker Sedunia Jebol Keamanan Pixel

Manajemen logistik yang sukses memastikan bahwa tidak ada penundaan pengiriman di titik mana pun dalam rantai dan bahwa produk serta layanan dikirim dalam kondisi baik. Ini, pada gilirannya, membantu menekan biaya perusahaan.

Bagaimana Arus Biaya Manufaktur Bekerja

Aliran biaya produksi mengacu pada proses penggunaan bahan dan tenaga kerja untuk menyelesaikan produk jadi yang dapat dijual ke pelanggan. Sistem manajemen rantai pasokan dapat mengurangi biaya dan kompleksitas proses manufaktur, terutama bagi produsen yang menggunakan banyak suku cadang.

Misalnya, produsen pakaian mungkin pertama-tama memindahkan bahan mentah ke dalam produksi, seperti kain, ritsleting, dan potongan lain yang digunakan untuk membuat pakaian. Pabrik kemudian mengeluarkan biaya tenaga kerja untuk menjalankan mesin dan melakukan pekerjaan lain dengan menggunakan bahan tersebut. Setelah barang selesai dibuat, mereka harus dikemas dan disimpan sampai dijual ke pelanggan.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Ketegangan AS – Cina, Apakah Jadi Ancaman Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19?

Belajar Finansial dari Game? Mungkin Banget! Cobain deh 5 Game Ini

Apa Pengaruh Pelemahan Ekonomi Global dengan Turunnya Harga Minyak Dunia?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img