Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Tahun Fiskal?

DEFINISI

Fiscal Year sering disingkat “FY” atau Tahun fiskal adalah periode 12 bulan yang digunakan oleh perusahaan dan pemerintah untuk pelaporan dan penganggaran keuangan yang kadang-kadang mengikuti tahun kalender Januari – Desember dan kadang-kadang tidak. 

 Memahami Tahun Fiskal

Tahun kalender, tahun fiskal, tahun keuangan, tahun pajak … Ini semua adalah istilah yang merujuk pada periode 12 bulan tetapi memiliki arti yang berbeda. Setiap bisnis memiliki tahun fiskal atau tahun keuangan. Tahun fiskal adalah periode pelaporan keuangan atau akuntansi tahunan perusahaan.

Kadang-kadang sangat cocok di kalender Jan – Des tergantung di dinding dapurmu, di lain waktu itu mengangkang dua tahun kalender. Tahun fiskal dimulai pada 1 Juli 2018, dan berakhir pada 30 Juni 2019, mengacu pada tahun fiskal 2019, atau FY 2019. Tahun fiskal pemerintah federal berlangsung dari 1 Oktober hingga 30 September. Akhir tahun fiskal adalah akhir dari tahun fiskal. 

CONTOH

Tahun fiskal Microsoft tidak bersamaan dengan tahun kalender, karena berlangsung dari 1 Juli hingga 30 Juni. Jadi, 30 Juni adalah tahun fiskal akhir. Misalnya, tahun fiskal 2019 berakhir pada 30 Juni 2019. Setelah 30 Juni 2019, tahun fiskal 2020 dimulai dengan kuartal pertama FY 2020, yang dimulai pada 1 Juli 2019.

Tahun fiskal Facebook dengan sempurna mengikuti tahun kalender, karena tahun fiskal berakhir pada 31 Desember. Jadi, FY 2019 akan berakhir pada 31 Desember 2019. Pada 1 Januari 2020, tahun fiskal Facebook 2020 dimulai dengan kuartal pertama FY 2020.

Kesimpulan

Kamu belajar ketika kamu masih kecil bahwa tahun dimulai pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Desember. Tapi tahukah kamu bahwa ada tahun-tahun lain? Tahun fiskal adalah salah satunya.

Musim NBA berlangsung dari Oktober hingga Juli. Jadi mereka semacam memiliki tahun fiskal – periode yang mendefinisikan “tahun” mereka yang tidak sesuai dengan kalender. Di sisi lain, musim baseball tidak sesuai dengan kalender karena musim mereka berlangsung dari bulan Maret hingga Oktober. Tahun fiskal perusahaan adalah periode 12 bulan yang terkadang mengikuti kalender Januari – Desember, terkadang tidak.

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa artinya akhir tahun fiskal?

Kenapa perusahaan memilih tahun fiskal yang berbeda

Bisakah perusahaan mengubah tahun fiskal?

Mengapa tahun pajak berbeda dari tahun fiskal?

Apa tahun fiskal pemerintah federal?

Apa itu kuartal?

Artinya Akhir Tahun Fiskal?

Akhir tahun fiskal adalah akhir tahun fiskal. Akhir tahun fiskal biasanya berakhir pada hari terakhir kuartal, seperti 31 Maret. Perusahaan yang mengikuti tahun kalender akan memiliki 31 Desember sebagai akhir tahun fiskal.

Perusahaan publik biasanya merilis laporan keuangan mereka setiap tahun, beberapa minggu setelah akhir tahun. Neraca dan laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan yang dipublikasikan. Jadi, mengetahui akhir tahun fiskal perusahaan dapat membantumu mengawasi rilis pendapatannya. Sebagai contoh, akhir tahun fiskal Microsoft adalah 30 Juni, dan itu merilis hasil tahun fiskal 2019 pada 18 Juli 2019. Kamu dapat menemukan akhir tahun fiskal perusahaan dalam laporan keuangannya.

Kenapa Perusahaan Memilih Tahun Fiskal yang Berbeda?

Perusahaan harus memilih tahun fiskal mereka dengan hati-hati, karena dapat memengaruhi keuangan mereka. Berikut adalah beberapa faktor yang memotivasi perusahaan untuk memilih tahun fiskal yang berbeda:

  1. Bisnis Musiman: Meskipun tahun fiskal berdasarkan tahun kalender mungkin lebih sederhana, itu tidak selalu merupakan ide yang baik dari sudut pandang keuangan. Perusahaan mungkin mendapat manfaat dari mengadopsi tahun fiskal yang disesuaikan. Alasannya adalah bahwa sebagian besar perusahaan memiliki musim alami – Mereka membuat lebih banyak penjualan di beberapa tempat daripada di yang lain, dan itu berulang dari tahun ke tahun. Sebagai contoh, Apple menghasilkan banyak uang selama musim liburan ketika orang tua membeli iPhone baru atau iPad baru untuk anak-anak mereka.

Dengan memilih tahun fiskal yang berakhir pada kuartal di mana penjualan lebih tinggi, angka akhir tahun tampak lebih baik. Misalnya, bisnis ritel biasanya menghasilkan sebagian besar penjualan selama musim liburan. Mengakhiri tahun fiskal pada 31 Januari akan memungkinkan perusahaan untuk menangkap semua penjualan liburannya di kuartal terakhir, yang dapat membuatnya terlihat seperti kinerja perusahaan membaik menjelang akhir tahun.

  1. Penghematan biaya: Perusahaan berpotensi menghemat biaya akuntansi dan audit dengan memilih tahun fiskal yang tidak berakhir pada 31 Desember. Banyak perusahaan mengikuti tahun kalender dan mempekerjakan akuntan eksternal untuk membantu mereka mengajukan pajak. Untuk alasan ini, akuntan biasanya akan lebih sibuk dan membebankan biaya yang lebih tinggi untuk perusahaan dengan tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Desember.
  1. Tanggal mulai: Tanggal mulai perusahaan dapat menentukan kapan akan memulai tahun fiskal. Misalnya, jika sebuah perusahaan memulai kegiatannya pada bulan April, mungkin ingin mengakhiri tahun pada bulan Maret untuk memperoleh pendapatan dan pengeluaran selama satu tahun penuh. 

Bisakah Perusahaan Mengubah Tahun Fiskal?

Perusahaan dapat mengubah tahun fiskal jika diinginkan. Motivasi untuk mengubah tahun fiskal umumnya strategis atau alasan keuangan. Misalnya, perusahaan yang menghasilkan sebagian besar uangnya pada bulan Agustus dapat mengubah tahun fiskal sehingga berakhir pada bulan Agustus atau September. 

IRS meminta perusahaan yang ingin mengubah tahun fiskal mereka untuk mengajukan pengembalian pajak yang diubah dengan permintaan untuk mengubah tahun fiskal mereka. Mereka harus mengajukan Formulir 1128 untuk mendapatkan persetujuan IRS. Perusahaan tidak dapat dengan mudah mengajukan perpanjangan atau mengajukan identifikasi wajib pajak baru. 

Mengapa Tahun Pajak Berbeda dari Tahun Fiskal?

Tahun pajak adalah cara IRS memanggil tahun untuk tujuan pajak. IRS mengatakan bahwa tahun pajak adalah periode akuntansi tahunan untuk menyimpan catatan dan melaporkan pendapatan dan pengeluaran. Singkatnya, tahun pajak adalah periode 12 bulan yang mencakup pengembalian pajak.

IRS membedakan “tahun pajak” dari “tahun fiskal”. Memang, perusahaan dapat memilih tahun fiskal atau tahun kalender sebagai tahun pajak mereka.

Itu berarti jika tahun fiskal perusahaan berakhir pada 31 Desember, ia menggunakan tahun kalender untuk tahun pajak bisnisnya. Jika perusahaan tidak mengikuti tahun kalender untuk tahun fiskal, maka perusahaan dapat menggunakan tahun fiskal sebagai tahun pajak.

Baca juga: Apa Itu Modal Kerja?

Jadi, sebuah perusahaan dengan akhir tahun fiskal 30 September juga dapat mengajukan pengembalian pajak yang akan efektif pada 30 September. IRS menyebut perusahaan-perusahaan yang mengisi pajak mereka berdasarkan tahun fiskal “pembayar pajak tahun fiskal”.

Namun, individu dan bisnis yang dikenakan pajak sebagai kepemilikan tunggal harus menggunakan tahun pajak kalender. Jadi, ketika kamu mengajukan pajak untuk tahun pajak 2019, ia mencakup periode mulai 1 Januari 2018 hingga 31 Desember 2018. Kamu tidak dapat memilih periode lain untuk mengajukan pajakmu.

Tahun pajak pendek adalah tahun pajak yang panjangnya kurang dari 12 bulan. Ini terjadi ketika perusahaan memulai kegiatannya setelah bulan pertama tahun pajaknya atau mengakhirinya sebelum bulan terakhir tahun pajaknya. Jadi, pengembalian pajak akan mencakup kurang dari 12 bulan. 

Apa Itu Tahun Fiskal Pemerintah Federal?

Tahun fiskal pemerintah federal menentukan periode anggaran pemerintah A.S. Tahun fiskal ini berbeda dari tahun kalender, karena berjalan dari 1 Oktober tahun anggaran sebelumnya hingga 30 September tahun yang kita bicarakan. Dengan demikian pejabat yang baru terpilih dapat mengambil bagian dalam proses anggaran selama tahun pertama pelayanan mereka. 

Berikut adalah beberapa contoh tahun fiskal pemerintah federal:

  • FY 2018 dimulai pada 1 Oktober 2017, dan berakhir pada 30 September 2018;
  • Tahun Fiskal 2019 dimulai pada 1 Oktober 2018, dan akan berakhir pada 30 September 2019;
  • FY 2020 adalah tahun fiskal yang akan dimulai pada 1 Oktober 2019, dan berakhir pada 30 September 2020.

Perusahaan dapat memilih tahun fiskal yang berakhir pada 30 September jika melakukan banyak pekerjaan dengan pemerintah A.S. Dengan begitu, akhir tahun fiskal akan cocok dengan akhir tahun fiskal pemerintah.

Apa Itu Kuartal? 

Tahun fiskal dibagi menjadi empat bagian untuk tujuan akuntansi dan pelaporan keuangan. Sejak seperempat tiga bulan terakhir, ada empat kuartal dalam setahun.

Tahun fiskal dimulai pada awal kuartal, seperti 1 April, dan berakhir pada hari terakhir kuartal – dalam kasus itu, pada 31 Maret.

Dalam satu tahun kalender, kuartal pertama (Q1) dimulai pada 1 Januari dan berakhir pada 31 Maret. Kuartal kedua (Q2) berlangsung mulai 1 April hingga 30 Juni. Kuartal ketiga (Q3) adalah dari 1 Juli hingga 30 September, dan kuartal keempat (Q4) adalah dari 1 Oktober hingga 31 Desember. Q1 2019 adalah singkatan untuk kuartal pertama 2019. Seperti halnya tahun fiskal, perusahaan dapat memiliki kuartal fiskal yang berbeda dari kuartal kalender. Tetapi kuartal fiskal harus sesuai dengan tahun fiskal mereka. 

Di pasar saham, musim pendapatan dimulai dengan awal setiap kuartal. Perusahaan publik harus mengajukan laporan pendapatan setiap kuartal. Laporan ini memberikan informasi penting tentang perusahaan, seperti pendapatan, laba, EPS, pengeluaran, dan arus kas. Manajemen umumnya membahas peluang bisnis dan tantangan yang dihadapi pada kuartal saat ini.

Baca juga: Apa Itu Forex?

Laporan tahunan mencakup seluruh tahun fiskal. Ini lebih besar dari laporan triwulanan dan memberikan lebih banyak informasi tentang perusahaan. 

Banyak investor melihat laporan triwulanan dan tahunan sebelum berinvestasi di perusahaan. Laporan-laporan ini membantu dalam membandingkan pendapatan perusahaan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya untuk melihat apakah situasi keuangannya telah membaik.

Laporan triwulanan penting karena harga saham sangat sensitif terhadap hasil pendapatan triwulanan. Secara umum, jika perusahaan mengalahkan perkiraan analis, harga sahamnya akan naik. Tetapi jika hasilnya lebih lemah dari yang diharapkan, harga saham akan turun.

Disklosur: iPad dan iPhone adalah merek dagang terdaftar dari Apple Inc. Informasi yang disajikan di sini hanya untuk tujuan informasi dan tidak dapat ditafsirkan sebagai saran pajak.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Kebijakan Fiskal?

Apa Itu Money Laundering?

Atur Stabilitas Keuangan Masa Pandemi, Ketahui 5 Kebijakan Moneter BI

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img