Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Trading Psychology?

Trading psychology atau psikologi perdagangan mengacu pada mindset trading, emosi dan keadaan mental yang membantu menentukan keberhasilan atau kegagalan trading sekuritas.

Penguasaan emosi ini mewakili berbagai aspek dari karakter dan perilaku individu yang mempengaruhi tindakan trading mereka.

Trading psychology bisa sama pentingnya dengan atribut lain, seperti pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang menentukan kesuksesan mindset trading.

Disiplin dan manajemen pengambilan risiko adalah dua aspek terpenting dari penguasaan psikologi perdagangan. Penerapan aspek-aspek ini oleh trader sangat penitng untuk keberhasilan rencana trading mereka.

Meski rasa takut dan keserakahan adalah dua emosi paling umum diketahui terkait psikologi perdagangan, emosi lain juga turut mendorong perilaku. Misalnya, emosi terkait harapan dan penyesalan.

Baca juga: Apa Itu Behavioral Finance?

Memahami trading psychology

Aspek trading psychology adalah komponen emosional dari proses pengambilan keputusan investor yang dapat membantu menjelaskan mengapa beberapa keputusan tampak lebih rasional daripada yang lain.

Psikologi perdagangan ditandai terutama dengan melihat bagaimana keserakahan dan rasa takut mengunci emosi para investor kebanyakan.

Keserakahan dalam mindset trading seseorang mendorong keputusan yang tampaknya menerima terlalu banyak risiko. Sementara rasa takut mendorong keputusan untuk menghindari risiko dan menghasilkan keuntungan yang terlalu kecil.

Beberapa emosi dan perilaku tertentu memang kerap menjadi katalis untuk market trading. Karakterisasi konvensional dari perilaku yang didorong secara emosional di pasar menganggap trading paling emosional berasal dari keserakahan atau ketakutan.

Mengapa rasa takut dan keserakahan merupakan penggerak pasar paling dominan?

Keserakahan berkaitan dengan keinginan yang berlebihan akan kekayaan. Begitu berlebihannya sehingga kadang-kadang mengaburkan rasionalitas dan penilaian. Dengan demikian, karakterisasi investor atau perdagangan yang diilhami keserakahan mengasumsikan emosi yang kuat dari pelaku pasar.

Dalam pemahaman psychology trading, pelaku pasar dengan keserakahan yang besar ini mungkin melakukan perdagangan berisiko tinggi. Seperti membeli saham perusahaan atau teknologi yang belum teruji hanya karena harganya akan naik dengan cepat. Atau membeli saham tanpa meneliti investasi yang mendasarinya.

Keserakahan dapat menginspirasi investor untuk bertahan dalam trading yang enguntungkan lebih lama daripada yang disarankan. Aspek emosi ini paling terlihat dalam fase terakhir pasar bullish, ketika spekulasi merajalela dan investor yang teliti cenderung berhati-hati.

Sebaliknya, rasa takut menyebabkan pedagang menutup posisi sebelum waktunya. Atau menahan diri dari mengambil risiko lantaran kekhawatiran atau takut akan rugi besar. Dalam psychology trading, emosi takut yang signifikan cenderung terlihat jelas selama pasar bearish.

Emosi takut ini dapat menyebabkan trader dan investor bertindak tidak rasional karena tergesa-gesa keluar dari pasar. Rasa takut sering berubah menjadi kepanikan, yang umumnya menyebabkan aksi jual yang signifikan di pasar alias panic selling.

Sementara itu, rasa menyesal dapat menyebabkan trader melakukan trading setelah awalnya ketinggalan apabila saham bergerak terlalu cepat.

Baca juga: Apa Itu Personal Finance?

Analisis teknis dan pemahaman psikologi trader

Trading psychology adalah unsur penting bagi analis teknis yang mengandalkan teknik pemahaman grafik pasar. Apalagi jika grafik ini digunakan untuk pengambilan keputusan berinvestasi.

Grafik keamanan dalam berinvestasi dapat memberikan wawasan tentang pergerakan keamanan. Analisis teknis dan teknik pembuatan grafik dapat membantu dalam menemukan tren untuk peluang jual-beli.

Bagaimanapun, pemahaman dan intuisi untuk pergerakan pasar berdasarkan trading psychology ini penting bagi para analis untuk mengetahui fkluktuasi dalam pasar.

Ada banyak contoh dalam grafik teknis yang menunjukkan seorang trading harus bergantung tidak hanya pada pengetahuan soal grafik. Tapi juga mereka perlu pahami pengetahuan tentang keamanan dan intuisi dalam melihat faktor-faktor penggerak pasar yang lebih luas.

Trader dengan intuisi yang tajam akan memiliki kepekaan dan pemahaman mengenai psychology trading yang komprehensif. Disiplin dan kepercayaan diri mereka dapat membantu untuk mengolah pemahaman psikologi perdagangan ini.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img