Currently set to Index
Currently set to Follow

4 Langkah Sukses Trading, dari Stop Loss Sampai Ubah Perspektif!

Perdagangan valas adalah sesuatu yang dapat diakses, menarik, mendidik, dan menawarkan banyak peluang. Namun, banyak orang gagal menjalani trading sukses. Ini karena mereka tidak belajar cara sukses trading.

Faktanya, persentase tinggi dari trader akhirnya kehilangan lebih banyak uang daripada yang mereka hasilkan. Belajar trading sukses, tidak hanya forex, tetapi pasar keuangan apa pun, bisa jadi sulit dan tentunya bukan sesuatu yang akan kamu dapatkan dalam waktu satu hari.

Artikel ini akan mengajari kamu cara sukses trading dan bagaimana melakukan transaksi jual beli di pasar langsung. Selain itu, artikel ini akan menunjukkan ke kamu praktik trading sukses untuk pemula.

Ada serangkaian rules atau aturan yang harus kamu patuhi agar kamu bisa melakukan trading sukses.

Simak yuk serangkaian aturan cara sukses trading ini agar kamu bisa melakukan trading sukses.

Baca juga: Catat! Kapan Waktu yang Paling Tepat untuk Membeli Saham?

Ikuti cara sukses trading ini agar kamu memperoleh cuan

Aturan pertama cara sukses trading adalah dengan selalu menggunakan perencanaan trading. Perencanaan trading adalah serangkaian aturan tertulis yang menjabarkan manajemen seorang trader dalam mengambil keputusan entry, exit, dan uang.

Dengan menggunakan perencanaan trading, seorang trader akan memiliki manajemen yang apik. Meskipun aturan ini cukup menyita waktu.

Kemudian, untuk dapat sukses, kamu harus memperlakukan trading sebagai sebuah bisnis, bukan sekadar hobi. Jika kamu hanya menganggap trading sebagai hobi, kamu tidak akan punya komitmen di situ. Maka, kamu harus anggap trading sebagai bisnis atau pekerjaanmu.

Cara sukses berikutnya adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Trading adalah bisnis yang kompetitif. Agar bisa survive dalam kompetisi ini, alangkah baiknya jika kamu memanfaatkan teknologi. Misalnya memanfaatkan charting platforms untuk mengetahui variasi metode yang dapat digunakan melihat dan menganalisis pasar.

Langkah selanjutnya adalah dengan melindungi modal trading kamu. Kemudian kamu juga harus menjadi seorang pembelajar pasar. Artinya, kamu harus terus belajar dan belajar ihwal pasar. Seorang trader harus terus fokus dan belajar setiap hari. Patut dipahami bahwa pasar selalu berubah. Maka, pembelajaran mengenai pasar ini adalah proses seumur hidup.

Cara sukses trading berikutnya adalah memahami risiko. Kamu harus memahami segala risiko yang ada dalam trading. Kemudian, kamu harus memilih perdagangan dengan risiko paling kecil. Misalnya, jangan gunakan dana yang seharusnya kamu alokasikan untuk biaya pendidikan dan cicilan rumah untuk trading. Risikonya besar sekali jika sampai kamu gagal.

Baca juga: Perbedaan Trading dan Investasi Emas

4 langkah lanjut cara sukses trading

#1 Mengembangkan metodologi trading berdasarkan fakta

Kamu boleh memiliki emosi dan harapan saat sedang menjalankan trading. Namun, untuk mencapai sukses, kamu jangan sampai terlalu terseret dalam emosi dan harapan itu saat menyusun sebuah metodologi trading.

Kamu harus menggunakan fakta dan data saat mengembangkan metodologi trading. Ini penting karena yang sedang kamu pertaruhkan di sini adalah modal besarmu. Maka, logika dalam mengumpulkan fakta untuk kemudian disusun menjadi metodologi adalah kuncinya.

#2 Selalu gunakan stop loss

Stop loss adalah nilai batasan terendah yang ditentukan untuk membatasi kerugian. Ketika pergerakan harga menyentuh nilai ini, maka sistem secara otomatis akan menutup order atau posisi tersebut.

Stop loss ini bisa berbentuk nominal mata uang atau persentase, keduanya digunakan untuk membatasi dan mengurangi potensi kerugian dalam trading.

#3 Cara sukses trading – Tahu kapan saat harus berhenti

Ada dua alasan utama kenapa trading harus dihentikan. Pertama, perencanaan trading yang tidak efektif. Kedua, seorang trader yang tidak efektif.

Perencanaan trading yang tidak efektif lazimnya akan membuat kerugian yang besar. Sedangkan seorang trader yang tidak efektif bisa menjadi penyebab kerugian yang tak kalah besar.

Seorang trader menjadi tidak efektif karena beberapa faktor. Di antaranya karena ia tidak mampu mengikuti perencanaan trading yang telah disusun. Seorang trader juga bisa menjadi tidak efektif karena adanya faktor eksternal seperti stressor, kebiasaan buruk, dan kurangnya aktivitas fisik.

#4 Menjaga perspektif

Sangat penting untuk tetap fokus pada gambar atau peta yang lebih besar saat seseorang sedang melakukan trading. Trading yang gagal atau merugi adalah sesuatu yang kerap terjadi dan harusnya tidak mengejutkan.

Sebaliknya, trading sukses adalah satu langkah menuju trading yang menguntungkan. Laba kumulatif lah yang membedakan keduanya.

Itu tadi cara yang dapat kamu pelajari. Asal kamu memahami kiat trading sukses di atas, tidak sulit untuk memulai trading.

Menjadi seorang trader memungkinkan kamu untuk bekerja dari dari semua tempat selama ada koneksi internet. Kamu bisa bekerja di rumah, kamar hotel, kafe, bahkan di seluruh penjuru dunia.

Semakin cepat kamu memulai cara sukses trading, semakin baik karena langkahmu menuju trading sukses akan semakin dekat. Yuk, mulai belajar trading!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

 Sumber: Pinterest

Simak juga:

6 Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan, Bagaimana Caranya?

Apa yang Dimaksud dengan Menabung Emas Digital?

Kenapa Kamu Harus Menabung Emas Online? Cari Tahu Alasannya di Sini!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img