Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Kamus

Unlevered Beta

Unlevered Beta

4228  dilihat·Waktu baca: 4 menit
Unlevered Beta

Beta adalah ukuran risiko pasar. Dalam kategori ini, unlevered beta mengukur risiko pasar perusahaan tanpa dampak utang. Melepas beta menghilangkan efek finansial dari leverage sehingga mengisolasi risiko hanya karena aset perusahaan. Dengan kata lain, ini terkait seberapa besar kontribusi ekuitas perusahaan terhadap profil risikonya.

Untuk memahami unlevered beta, maka kita perlu juga memahami apa itu levered beta (atau ekuitas beta). Utang dan risiko diperhitungkan saat menilai profil risiko perusahaan.

Beta ialah kemiringan koefisien untuk saham yang mengalami regresi terhadap indeks pasar acuan seperti Standard & Poor’s (S&P) 500 Index.

Penentu utama beta adalah leverage, yang mengukur tingkat utang perusahaan terhadap ekuitasnya. Levered beta mengukur risiko perusahaan dengan utang dan ekuitas dalam struktur modalnya terhadap volatilitas pasar. Jenis beta lainnya dikenal sebagai unlevered beta.

Baca juga: Apa Itu Rasio Utang terhadap Ekuitas?

Memahami Unlevered Beta

Pada umumnya, membandingkan beta tidak bertingkat (unlevered beta) perusahaan memberi kejelasan investor tentang komposisi risiko yang diasumsikan saat membeli saham.

Membatalkan beta menghilangkan efek menguntungkan atau merugikan yang diperoleh dengan menambahkan utang ke struktur modal perusahaan.

Ambil contoh perusahaan yang meningkatkan utangnya sehingga meningkatkan rasio utang terhadap ekuitas. Hal ini akan menyebabkan persentase pendapatan yang lebih besar digunakan untuk membayar utang tersebut.

Ini umumnya memperkuat ketidakpastian investor tentang aliran pendapatan di masa depan. Konsekuensinya, saham perusahaan dianggap semakin berisiko tetapi risiko tersebut bukan karena risiko pasar.

Mengisolasi dan menghapus komponen utang dari risiko keseluruhan menghasilkan beta yang tidak berubah.

Risiko Sistematis dan Beta

Dalam penghitungan risiko, risiko sistematis merupakan jenis risiko yang disebabkan oleh faktor-faktor di luar kendali perusahaan. Jenis risiko ini tidak dapat didiversifikasi.

Contoh risiko sistematis termasuk bencana alam, peristiwa politik, inflasi, dan perang. Untuk mengukur tingkat risiko sistematis atau volatilitas saham atau portofolio, maka digunakan beta.

Beta adalah ukuran statistik yang membandingkan volatilitas harga saham terhadap volatilitas pasar yang lebih luas. Jika volatilitas saham diukur dengan beta, saat dipantau lebih tinggi, maka saham tersebut dianggap berisiko. Saat volatilitas saham semakin rendah, maka saham tersebut dikatakan memiliki risiko lebih kecil.

Beta satu (Beta 1) setara dengan risiko pasar yang lebih luas. Hal ini pun dapat dipergunakan untuk mengukur unlevered beta. Artinya, perusahaan dengan beta satu memiliki risiko sistematis yang sama dengan pasar lebih luas.

Sementara, beta dua berarti perusahaan dua kali lebih tidak stabil seperti pasar secara keseluruhan. Namun, beta yang kurang dari satu berarti perusahaan kurang stabil dan menghadirkan risiko lebih kecil daripada yang lebih luas.

Baca juga: Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

Contoh unlevered beta

Tingkat utang yang dimiliki suatu perusahaan dapat mempengaruhi kinerjanya sehingga lebih sensitif terhadap perubahan harga saham.

Umumnya pada perusahaan yang dianalisis memiliki utang dalam laporan keuangannya, unlevered beta memperlakukannya seperti tidak memiliki utang dengan menghapus utang dari perhitungan.

Karena perusahaan memiliki struktur modal dan tingkat utang berbeda, untuk membandingkan secara efektif satu sama lain atau dengan pasar, seorang analis dapat menghitungnya dari unlevered beta.

Dengan cara ini, hanya sensitivitas aset perusahaan (ekuitas) terhadap pasar yang akan diperhitungkan. Untuk melepaskan beta, levered beta bagi perusahaan harus diketahui selain rasio utang-ekuitas perusahaan dan tarif pajak perusahaan.

B U = B L / [1 + ((1 – Tarif Pajak) x Hutang / Ekuitas)]

Mari kita hitung unlevered beta untuk Tesla, Inc. Per November 2017, beta-nya 0,73, rasio D/E 2,2, dan tarif pajak perusahaannya 35%.

Tesla B U = 0,73 / [1 + ((1 – 0,35) x 2,2)] = 0,73 / 1 + (0,65 x 2,2) = 0,73 / 2,43 = 0,30

Unlevered beta hampir selalu sama dengan atau lebih rendah dari beta leverage karena utang paling sering dihitung sebagai nol atau positif. (Dalam kesempatan langka di mana komponen utang perusahaan negatif, katakanlah perusahaan menimbun uang tunai, maka unlevered beta berpotensi lebih tinggi).

Jika unlevered beta tergolong positif, investor akan berinvestasi di saham perusahaan saat harga diperkirakan akan naik. Unlevered beta negatif akan mendorong investor untuk berinvetasi di saham ketika harga diperkirakan akan turun.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar