Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Utility?

Pengertian Utility

Apa itu utility? Utility atau utilitas adalah kemampuan suatu barang atau jasa dalam memberikan manfaat atau kegunaan atau kepuasan kepada orang yang mengkonsumsinya. Semakin tinggi utility suatu barang atau jasa, semakin diinginkan barang atau jasa itu oleh seseorang.

Sifat relatif utility adalah: barang atau jasa yang memiliki utility bagi orang tertentu belum tentu bagi orang lain.

Utilitas atau utility adalah jumlah kepuasan atau manfaat yang diperoleh konsumen dari mengkonsumsi barang atau jasa. Konsumen mencoba untuk menempatkan nilai pada barang atau jasa yang dikonsumsi berdasarkan kepuasan yang akan diperoleh. Mereka akan mencoba untuk memberikan nilai moneter suatu produk, misalnya produk A senilai Rp500.

Karena ingin memaksimalkan kepuasan, konsumen akan membandingkan kepuasan yang dirasakan dengan harga barang atau jasa. Hasilnya, konsumen yang rasional akan mengkonsumsi barang atau jasa hanya jika kepuasan yang dirasakan lebih besar dari, atau sama dengan, harga.

Baca: Apa Itu Hukum Permintaan dan Penawaran?

Manfaat yang diterima dari konsumsi bisa jadi merupakan manfaat objektif dalam arti kegunaan, atau kepuasan subyektif. Karena dinyatakan bahwa barang dapat memiliki nilai intrinsik, barang itu digunakan. Sifat-sifat benda itu sendiri memunculkan kegunaannya.

Kegunaaan sendiri dapat kita artikan sebagai sesuatu yang objektif, properti dari objek apa pun yang menghasilkan manfaat, kesenangan dan kebahagiaan atau mencegah yang sebaliknya.

Para ekonom memiliki perbedaan apakah utilitas harus dianggap sebagai kardinal atau ordinal: setiap pandangan menimbulkan masalah. Utilitas kardinal mengasumsikan bahwa utilitas dapat diukur.

Utilitas ordinal mengasumsikan bahwa konsumen hanya dapat memesan manfaat yang mereka dapatkan dari kombinasi pekerjaan dan barang yang berbeda, tetapi tidak dapat mengukur perbedaan di antara mereka.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img