Currently set to Index
Currently set to Follow

Vaksin Baru dan Rilis Laporan Keuangan jadi Sentimen Utama Pasar Pekan Ini

Pekan lalu merupakan periode yang berombak dan tak terlupakan bagi pasar ekuitas AS. Indeks saham utama, seperti Dow Industrials dan S&P 500, ditutup dengan kerugian tajam pada hari itu. Bahkan, kedua indeks tersebut harus masuk teritori negatif pertama kali di tahun ini. Lantas, bagaimana prediksi indeks-indeks saham tersebut pada pekan ini?

Tidak Ada yang Prediksi Indeks Saham AS Merosot di Akhir Pekan

Indeks S&P 500 turun sebanyak -3,3% untuk minggu lalu karena pasar diguncang oleh volatilitas parah yang dipicu oleh short squeeze utama pada sejumlah saham.

Short squeeze, yang dikoordinasikan oleh trader di forum online termasuk subreddit r/Wallstreetbets, telah meroketkan harga-harga saham perusahaan yang selama ini dijualbelikan secara cepat (short selling). Misalnya, saham perusahaan pengecer video game GameStop (GME), rantai bioskop AMC Entertainment Holdings (AMC), pembuat software Blackberry (BB), dan pembuat headphone Koss (KOSS).

Penurunan minggu lalu adalah kerugian bulanan pertama untuk indeks sejak Oktober 2020. Sentimen yang memburuk, ditambah volatilitas liar yang disebabkan oleh perdagangan harian yang dimobilisasi secara massal, memang mengganggu pasar saham. Tidak ada yang prediksi bahwa fluktuasi nilai indeks-indeks saham akan setajam itu.

Indeks harga saham utama AS pun diperparah dengan penurunan belanja konsumen di negara adidaya itu pada Desember, melanjutkan penurunan yang terjadi bulan sebelumnya. Inflasi juga tercatat meningkat di bulan yang sama, tetapi tidak cukup untuk membuat khawatir The Fed yang menginginkan inflasi menjadi rata-rata 2% dalam jangka panjang.

Perkembangan Vaksin 

Pekan lalu, Johnson & Johnson mengatakan, vaksin COVID-19 produksinya memiliki tingkat efikasi 66% dalam uji klinis teranyarnya. Angka ini mungkin tidak terlalu cemerlang dibandingkan vaksin dari Pfizer-BioNTech dan Moderna yang mencatat efikasi 90%. Tetapi, otoritas kesehatan AS tetap merayakannya sebagai kemenangan besar, sebab:

  1. Vaksin ini adalah kemenangan dalam hal menghentikan kasus COVID-19 yang semakin parah, mencegah 85% penyakit parah, dan 100% rawat inap dan kematian. “Jika Anda dapat mencegah penyakit parah pada sebagian besar individu, maka akan mengurangi begitu banyak stres dan penderitaan serta kematian,” ungkap direktur the National Institute of Allergy and Infectious Diseases AS Anthony Fauci.
  2. Berbeda dengan vaksin dari Pfizer dan Moderna, vaksin J&J ini hanya membutuhkan satu dosis. Vaksin ini juga tidak perlu disimpan dalam suhu sangat rendah untuk mencegah kerusakan seperti yang lainnya. Kondisinya akan tetap mumpuni selama tiga bulan dalam kisaran pendinginan standar yaitu sekitar 35–46 derajat Fahrenheit (1-8 derajat Celcius).

Kesimpulannya, vaksin J & J tidak akan menciptakan masalah logistik baru, seperti dua vaksin lain yang telah disetujui.

Harga Bitcoin Mencapai Level $38.000

Selama tujuh hari terakhir, perdagangan pasar aset kripto mengalami peningkatan volatilitas lantaran harga beberapa aset kripto menguat lebih tinggi dari biasanya hanya karena aktivitas media sosial.

Bitcoin, contohnya. Data Cointelegraph Markets dan Tradingview menunjukkan, harga aset kripto ini melonjak  ke level $38.000 di hari Jumat (29/1). Ini akibat tingginya volume perdagangan pasca pentolan Tesla, Elon Musk, secara terbuka mengiklankan Bitcoin dengan memasang simbolnya di akun Twitter-nya.

Alhasil, harga Bitcoin melonjak lebih dari $5.000 hanya dalam beberapa menit pada Jumat kemarin. Namun, harga Bitcoin langsung turun setelah fenomena yang disebut sebagai Elon Pump tersebut, menunjukkan bahwa sebagian besar trader profesional mungkin telah menggunakan reli ini untuk meringankan posisi long mereka.

Kepala penelitian Stack Funds Lennard Neo yakin para penambang Bitcoin menjual di saat reli terjadi dan melakukan prediksi bahwa tren itu akan berlanjut seiring dekatnya liburan Tahun Baru Imlek. Neo berkata bahwa harga Bitcoin tetap tidak stabil dalam waktu dekat.

Pantau perkembangan dominasi pasar crypto di sini.

Apa yang Dinanti Pelaku Pasar dan Prediksi Saham Pekan Ini?

Minggu ini, pasar masih menanti kelanjutan dari laporan musim pendapatan untuk melihat perkembangan dan prediksi indeks harga saham ke depan. Banyak laporan keuangan perusahaan minggu lalu menunjukkan pendapatan yang lebih baik dari yang diharapkan.

Pada Selasa pekan ini, perusahaan teknologi raksasa seperti Alibaba, Amazon, dan Alphabet akan melaporkan kinerja pendapatan mereka sepanjang tahun lalu. Ketiga perusahaan ini memang tengah dipantau pelaku pasar karena mereka tengah merambah bisnis ruang komputasi awan (cloud computing).

Amazon telah meraup uang dengan bisnis AWS-nya, dengan margin yang lebih nyaman dibandingkan margin tipis bisnis e-commerce-nya. Di sisi lain, Alphabet dan Alibaba memiliki bisnis cloud sendiri, yang sedang diusahakan untuk dikembangkan dan berharap dapat memanfaatkan derasnya permintaan pasar untuk layanan cloud.

Tak hanya itu, investor juga mengawasi ketat perusahaan ini untuk melihat dampak kasus hukum yang tengah dialami masing-masing ketiganya terhadap kinerja keuangannya di tahun lalu.

Pada Agustus lalu, Alphabet terkena gugatan atas dugaan praktik persaingan tidak sehat atas akuisisi. Sementara itu, Uni Eropa juga menuduh Amazon melakukan tindakan monopoli. Di belahan dunia lain, pemerintah China juga tengah menginvestigasi dugaan praktik usaha tidak sehat atas Alibaba.

Tetapi fokus pasar tak hanya berkutat di tiga perusahaan ini semata. Bahkan, masih ada kemungkinan hasil laporan keuangan yang mumpuni dan pandangan positif pasar akan diakhiri dengan penjualan saham di pasar modal. Prediksi saham dari hasil rilis tersebut bisa jadi berbalik arah.

Investor akan mengawasi lebih banyak laporan pendapatan minggu ini, ditambah juga dengan laporan ketenagakerjaan AS (nonfarm payrolls) bulan Januari yang akan terbit Jumat pekan ini.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img