Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Valuasi Bisnis?

Pengertian Valuasi Bisnis

Valuasi bisnis adalah proses umum untuk menentukan nilai ekonomi dari keseluruhan bisnis atau unit perusahaan.

Valuasi bisnis dapat digunakan untuk menentukan nilai wajar bisnis karena berbagai alasan, termasuk nilai jual, kepemilikan mitra, perpajakan, dan bahkan proses perceraian. Pemilik sering kali beralih ke evaluator bisnis profesional untuk mendapatkan estimasi objektif dari nilai bisnis.

Dasar-dasar Valuasi Bisnis

Topik valuasi bisnis sering dibahas dalam keuangan perusahaan. Biasanya dilakukan ketika sebuah perusahaan ingin menjual semua atau sebagian operasinya atau ingin bergabung atau mengakuisisi perusahaan lain. Valuasi bisnis adalah proses menentukan nilai bisnis saat ini, menggunakan ukuran objektif, dan mengevaluasi semua aspek bisnis.

Valuasi bisnis mungkin termasuk analisis manajemen perusahaan, struktur modalnya, prospek pendapatan masa depan atau nilai pasar asetnya. Alat yang digunakan untuk penilaian dapat bervariasi di antara evaluator, bisnis, dan industri. Pendekatan umum untuk penilaian bisnis mencakup penelaahan atas laporan keuangan, model arus kas diskonto, dan perbandingan perusahaan serupa.

Valuasi juga penting untuk pelaporan pajak. Internal Revenue Service (IRS) mensyaratkan bahwa bisnis dinilai berdasarkan nilai pasar wajarnya. Beberapa peristiwa terkait pajak seperti penjualan, pembelian atau pemberian saham perusahaan akan dikenakan pajak tergantung pada penilaian.

Bca juga: Tetap Tenang di tengah Fluktuasi Pasar Akibat COVID-19, Ini 3 Triknya

Metode Valuasi Bisnis

Ada banyak cara bagi perusahaan untuk menjalani metpde valuasi ini. Yuk, simak beberapa metode di bawah ini:

  1. Kapitalisasi Pasar

Kapitalisasi pasar adalah metode penilaian bisnis yang paling sederhana. Ini dihitung dengan mengalikan harga saham perusahaan dengan jumlah total saham yang beredar. Misalnya, pada 3 Januari 2018, Microsoft Inc. diperdagangkan pada $ 86,35. Dengan jumlah total saham yang beredar sebesar 7,715 miliar, maka perusahaan dapat bernilai $ 86,35 x 7,715 miliar = $ 666,19 miliar.

  1. Metode Pendapatan Kali

Di bawah metode penilaian bisnis kali pendapatan, aliran pendapatan yang dihasilkan selama periode waktu tertentu diterapkan ke pengganda yang tergantung pada industri dan lingkungan ekonomi. Misalnya, perusahaan teknologi dapat dinilai dengan pendapatan 3x, sedangkan perusahaan jasa dapat dinilai dengan pendapatan 0,5x.

  1. Pengganda Pendapatan

Alih-alih metode pendapatan kali, pengganda pendapatan dapat digunakan untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang nilai riil suatu perusahaan, karena laba perusahaan adalah indikator yang lebih dapat diandalkan untuk keberhasilan keuangannya daripada pendapatan penjualan.

Pengganda laba menyesuaikan laba masa depan terhadap arus kas yang dapat diinvestasikan dengan tingkat bunga saat ini selama periode waktu yang sama. Dengan kata lain, ini menyesuaikan rasio P / E saat ini untuk memperhitungkan suku bunga saat ini.

  1. Metode Discounted Cash Flow (DCF)

Metode penilaian bisnis DCF mirip dengan pengganda pendapatan. Teknik ini didasarkan pada proyeksi arus kas masa depan yang disesuaikan untuk mendapatkan nilai pasar perusahaan saat ini. Perbedaan utama antara metode arus kas yang didiskontokan dan metode pengganda laba adalah bahwa inflasi memperhitungkan nilai sekarang.

  1. Nilai Buku

Ini adalah nilai ekuitas pemegang saham bisnis seperti yang ditunjukkan pada laporan neraca. Diperoleh dengan mengurangkan total kewajiban perusahaan dari total asetnya.

  1. Nilai Likuidasi

Nilai likuidasi adalah kas bersih yang akan diterima bisnis jika asetnya dilikuidasi dan kewajiban dilunasi hari ini.

Nah, #SobatCuan, ternyata masih ada metode lain termasuk nilai penggantian, nilai putus, penilaian berbasis aset dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari untuk bisnis, lho!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Tetap Cuan dengan Menabung Emas Online Kekinian, Bagaimana Caranya?

Permudah Transaksi Online, Begini Cara Mudah Gunakan PayPal Tanpa Kartu Kredit

Benjamin Graham, Ilmu Finansial dari Mentor Investasi Dunia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img