Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Venture Capitalist?

Modal ventura adalah investasi di bisnis baru dengan potensi pertumbuhan tinggi. Venture capital adalah modal yang umum diterima setelah tingkatan modal mezanin.

Seorang pemodal ventura (VC) adalah penyedia venture capital. Mereka merupakan investor ekuitas swasta yang memberikan modal kepada perusahaan yang menunjukkan potensi pertumbuhan tinggi dengan imbalan saham ekuitas.

Venture capital adalah modal yang umumnya diterima dalam pendanaan usaha rintisan (startup). Modal ventura adalah juga modal yang diterima perusahaan kecil yang ingin berkembang tapi tidak memiliki akses ke pasar ekuitas.

Pemodal ventura bersedia mengambil risiko berinvestasi di perusahaan semacam itu karena mereka dapat memperoleh laba besar atas investasi mereka jika perusahaan ini sukses.

VC menghadapi risiko tingkat kegagalan yang tinggi karena ketidakpastian terkait dengan perusahaan baru dan yang belum terbukti.

Seorang pemodal ventura (VC) adalah investor yang memberikan modal kepada perusahaan yang menunjukkan potensi pertumbuhan tinggi dengan imbalan saham ekuitas.

Baca juga: Apa Itu Capital Gain?

Memahami venture capital adalah modal dari pemodal ventura

Pemodal ventura umumnya dibentuk sebagai kemitraan terbatas di mana mitra berinvestasi di dana VC. Reksadana biasanya memiliki komite yang bertugas membuat keputusan investasi.

Setelah perusahaan-perusahaan berkembang yang menjanjikan telah diidentifikasi, modal investor yang dikumpulkan dikerahkan. Umumnya untuk mendanai perusahaan dengan imbalan saham ekuitas yang cukup besar.

VC biasanya tidak memberikan dana sejak awal. Venture capital adalah dana yang biasanya diperoleh setelah startup melalui empat tahapan pendanaan (dari seed capital, mezzanine capital, hingga VC).

Umumnya VC berupaya menargetkan perusahaan yang berada pada tahap di mana mereka ingin mengkomersialkan ide mereka. Pendana venture capital adalah mereka yang akan membeli saham di perusahaan-perusahaan ini. Mereka memupuk pertumbuhan perusahaan rintisan ini dan mencari keuntungan dengan pengembalian investasi (ROI) yang substansial.

Pemodal ventura terkenal termasuk Jim Breyer, investor awal Facebook (FB), Peter Fenton, investor di Twitter (TWTR), Peter Theil, salah satu pendiri PayPal (PYPL) dan investor pertama Facebook. Begitu juga Jeremy Levine investor di Pinterest dan Chris Sacca, investor awal di Twitter dan Uber.

Pemodal ventura mencari tim manajemen yang kuat, pasar potensial yang besar, dan produk atau layanan unik dengan keunggulan kompetitif yang kuat. Mereka juga mencari peluang di industri yang mereka kenal dan peluang untuk memiliki sebagian besar perusahaan sehingga mereka dapat mempengaruhi arahnya.

Baca juga: Apa Itu Joint Venture?

Sejarah modal ventura

Beberapa firma modal ventura pertama di AS dimulai pada awal hingga pertengahan 1900-an. Georges Doriot, seorang Perancis yang pindah ke AS untuk mendapatkan gelar bisnis, kemudian menemukan perusahaan modal ventura milik publik pertama. Yakni, American Research and Development Corporation (ARDC).

Untuk pertama kalinya, sebuah perusahaan rintisan dapat mengumpulkan uang dari sumber pribadi selain dari keluarga kaya. Untuk waktu yang lama di AS, keluarga kaya seperti Rockefeller atau Vanderbilts adalah para pendana perusahaan rintisan.

Selanjutnya, sejarah venture capital adalah keniscayaan yang berhasil. Perusahaan seperti Morgan Holland Ventures dan Greylock Ventures lantas didirikan oleh alumni ARDC. Modal ventura mulai menyerupai industri yang dikenal sekarang setelah UU Investasi tahun 1958 disahkan.

Modal ventura pada dasarnya diinvestasikan dalam bisnis baru dengan potensi pertumbuhan tinggi. Fairchild Semiconductor (FCS) adalah salah satu perusahaan semikonduktor pertama dan paling sukses yang didukung modal ventura.

Posisi dalam perusahaan venture capital

Struktur umum peran dalam perusahaan modal ventura bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Berikut ini tiga posisi yang lazim:

  • Associates, umumnya datang ke perusahaan VC dengan pengalaman baik dalam konsultasi bisnis atau keuangan dan terkadang memiliki gelar dalam bisnis. Mereka bekerja lebih analitis, menganalisis model bisnis baru, tren dan subbagian industri, sementara bekerja dengan perusahaan dalam portofolio perusahaan.
  • Principal, profesional tingkat menengah. Mereka diperlukan karena venture capital adalah dana yang melibatkan pengecekan bisnis secara menyeluruh. Biasanya principal bekerja di dewan perusahaan portofolio, mengidentifikasi peluang investasi bagi perusahaan dan menegosiasikan persyaratan untuk akuisisi.
  • Partners, umumnya principal berada di “jalur mitra” alias “jalur partners”. Partners terutama fokus pada identifikasi area atau bisnis tertentu untuk diinvestasikan, menyetujui kesepakatan investasi, duduk di dewan perusahaan portofolio, dan umumnya mewakili perusahaan.

Contoh nyata penyerahan modal ventura

Tim Draper adalah contoh seorang pemodal ventura yang membangun kekayaan besar dengan berinvestasi di perusahaan awal yang cenderung berisiko. Draper menyatakan bahwa ia menentukan keputusan modal ventura adalah di tangannya tergantung pada investasi perusahaan rintisan yang menunjukkan potensi untuk berhasil. Ia adalah investor awal teknologi modern dan raksasa media sosial, termasuk Twitter, Skype, dan Ring, begitu juga Bitcoin.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img