Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Venture Capital?

DEFINISI

Venture Capital adalah jenis usaha bisnis investasi yang dapat dicari dari individu yang memenuhi syarat secara finansial, bank investasi, atau lembaga keuangan untuk membantu memulai operasi dan meningkatkan skala bisnis mereka.

Memahami Venture Capital

Untuk memulai bisnis baru, seorang wirausahawan membutuhkan uang. Modal ventura adalah salah satu sumber pendanaan yang dapat membantu memungkinkan para pengusaha untuk membiayai usaha bisnis baru. Startup pada tahap awal (kurang dari 2 tahun) biasanya beralih ke modal ventura untuk memulai karena bank, pasar modal, dan sumber pinjaman lainnya cenderung tidak mempertimbangkannya karena terbatasnya (atau tidak ada) sejarah operasinya.

Namun, pendanaan melalui modal ventura tidak tersedia hanya pada tahap pemula. Itu juga dapat meredam bisnis pada tahap akhir dari evolusi awal. Untuk mendapatkan pendanaan, pengusaha harus membuktikan validitas ide bisnis mereka dan potensinya untuk tumbuh dalam jangka panjang menjadi pemodal ventura (investor tunggal, alias VC) atau firma modal ventura (sekelompok investor, alias VC perusahaan.) Seringkali, semakin berisiko ide tersebut, semakin besar kemungkinan untuk merayu VC yang memiliki kecenderungan untuk ide-ide bisnis yang “mengganggu” dan memiliki potensi untuk membentuk kembali industri.

CONTOH

Industri venture capital memiliki sayap yang tersebar di seluruh dunia, tetapi Bay Area – yaitu, San Francisco dan Lembah Silikon. Mendominasi total investasi modal ventura di seluruh Amerika Serikat. Terlepas dari risiko yang terlibat, pemodal ventura suka berinvestasi dalam startup inovasi teknologi karena rekam jejak skalabilitas yang lebih mudah dan pengembalian yang cepat.

Bisnis teknologi besar yang sukses yang tumbuh di lembah dalam beberapa dekade terakhir, seperti Google, PayPal, Apple, Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube, dan Uber, semuanya dimulai karena pendiri mereka memiliki ide yang menarik, dan seorang pemodal ventura mengambil kesempatan pada mereka. GGV, Sequoia Capital, Accel Partners, Benchmark Capital, Andreesen Horowitz, dan Founders Fund, adalah beberapa pemain modal ventura terkenal di industri mulai dari teknologi hingga media baru, layanan kesehatan, dan jasa keuangan. 

Kesimpulan

Mengamankan pendanaan modal ventura dapat terbukti menjadi kekayaan bagi bisnis baru yang belum berpengalaman. Tapi pemodal ventura (atau VC) tidak membeli risiko dan ketidakpastian untuk apa-apa …

Sebagai imbalan atas pendanaan, VC cenderung meminta ekuitas di perusahaan tempat mereka berinvestasi. Hal itu memberi mereka bagian kepemilikan dan hak suara dalam pengambilan keputusan. Seorang VC juga dapat meminta untuk duduk di dewan direksi perusahaan yang didukungnya. Ketika memilih seorang investor, pendiri juga memasuki pertaruhan, juga, karena mereka biasanya melepaskan sebagian kepemilikan saham di perusahaan mereka dengan imbalan pendanaan, dan juga kendali berkurang, dalam banyak kasus.

Plus, proses untuk mendapatkan pendanaan tidak selalu mudah. VC sering merupakan investor profesional dengan banyak pengalaman industri dan investasi. Untuk memilih investor yang berada di puncak permainan mereka, pengusaha juga harus di atas mereka. 

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa perbedaan antara venture capital dan ekuitas swasta?

Siapakah angel investor?

Bagaimana angel investor berinvestasi berbeda dari modal ventura?

Tahapan investasi venture capital yang berbeda

Dari mana perusahaan venture capital mendapatkan uangnya?

Struktur perusahaan venture capital?

Bagaimana saya bisa menjadi pemodal ventura?

Apa Perbedaan antara Venture Capital dan Ekuitas Swasta?

Ekuitas swasta dan perusahaan modal ventura melakukan tugas yang sama— Keduanya melakukan investasi yang diperhitungkan di perusahaan swasta untuk meningkatkan nilai dan profitabilitas mereka, dengan harapan mendapatkan pengembalian yang substansial.

Keduanya melakukannya dengan mengumpulkan dana dari individu dan lembaga yang memenuhi syarat keuangan. Mereka terkait, tetapi mereka tidak sama. Berikut adalah tiga perbedaan utama dalam operasi bisnis dan motivasi keseluruhan yang dapat membedakan mereka dari satu sama lain:                                                        

  • Umur dan ukuran investee: Perusahaan ekuitas swasta cenderung berinvestasi di perusahaan yang lebih tua dan lebih mapan yang telah beroperasi untuk sementara waktu. Sebagai contoh, pada tahun 2014, sebuah perusahaan ekuitas swasta terkemuka bernama Bain Capital berinvestasi di pembuat sepatu TOMS Shoes Inc. yang populer di Amerika setelah beroperasi selama sekitar 8 tahun. Di sisi lain, perusahaan modal ventura fokus untuk memberikan ide bisnis baru yang segar dan baru muncul, sumber daya keuangan yang mereka butuhkan untuk menggerakkan bola.
  • Ukuran investasi: Perusahaan ekuitas swasta menghabiskan ratusan juta, bahkan miliaran, dolar saat berinvestasi di perusahaan. Investasi yang dilakukan oleh perusahaan modal ventura relatif lebih kecil dan lebih bertahap. Investasi modal ventura dalam startup pada tahap awal, misalnya, tidak boleh melebihi $ 10 juta. Ketika perusahaan tumbuh dan bisnisnya berkembang, pemodal ventura dapat berinvestasi lebih banyak dan lebih banyak lagi.
  • Risiko dan ketidakpastian: Antara keduanya, perusahaan ekuitas swasta yang bermain relatif aman. Ini karena perusahaan tempat mereka berinvestasi lebih tua, memiliki rekam jejak untuk menilai dan data kinerja yang cukup untuk dianalisis. Perusahaan kapitalis ventura, di sisi lain, mungkin menemukan risiko yang menarik. Adalah bagian dari tugas mereka untuk mengendus potensi ide jangka panjang ketika itu hanya rencana bisnis, bukan bisnis aktual yang beroperasi.

Siapakah Angel Investor?

Jika ekuitas swasta untuk perusahaan remaja dan dewasa, dan modal ventura untuk balita, investasi malaikat untuk bayi baru lahir. Malaikat investor adalah individu kaya dengan kantong dalam yang terjun di awal siklus hidup ide bisnis untuk mendukung transisinya menjadi bisnis nyata. Dengan kata lain, seorang investor malaikat berkomitmen pada gagasan panjang tentang sebuah perusahaan embrionik yang memiliki sedikit atau tanpa modal.

Bagaimana Angel Investor Berinvestasi Berbeda dari Venture Capital?

Aangel investor adalah bagian dari venture capital dan biasanya melibatkan investasi yang lebih rendah dari modal ventura. Angel investor benar-benar membantu menanam benih untuk bisnis yang mereka harapkan akan mekar. Di situlah jenis pendanaan yang mereka berikan, seed seed, mendapatkan namanya.

Namun, investasi malaikat melibatkan satu individu yang mengeluarkan dolar. Itu membuatnya semakin penting bagi wirausahawan yang mengumpulkan dana melalui investor malaikat untuk membedakan antara investor profesional dan mahir yang mahir dengan proses uji tuntas dan analisis produk, yang dapat membantu memandu perusahaan yang masih muda, dibandingkan dengan seseorang yang berinvestasi dengan kurang keahlian atau pengalaman.

Angel investor dan pemodal ventura mungkin juga berbeda dalam ekspektasi mereka dari bisnis tempat mereka berinvestasi. Seperti disebutkan di atas, pemodal ventura mencari ekuitas di perusahaan dan dengan demikian, katakanlah dalam keputusan perusahaan. Mereka mungkin atau mungkin tidak menerima bimbingan. Namun, investor Angel cenderung membimbing dan memberi nasihat kepada perusahaan tempat mereka berinvestasi dan memastikan mereka mempertahankan jalan menuju kesuksesan.

Tahapan Investasi Venture Capital yang Berbeda

  1. Tahap permulaan: Pada tahap ini, investasi difokuskan pada perusahaan yang baru dicetak, atau startup, yang baru saja mulai menghidupkan mesinnya. Pendiri startup mungkin telah melakukan investasi pribadi untuk mengembangkan ide atau usaha. Masih ada banyak ruang untuk membangun pengalaman dengan pelanggan dan pendapatan. Jadi startup mencari pendanaan, juga saran dan panduan untuk menavigasi industri dan pasar. Ini adalah saat seorang investor malaikat kemungkinan akan masuk.

Investor malaikat dapat melakukan investasi yang diperlukan (biasanya <$ 1 juta) untuk mendukung konsep perusahaan. Ingatlah bahwa investor malaikat lebih banyak melakukan investasi pribadi dan mungkin lebih nyaman mendanai perusahaan lokal dan mereka yang memiliki koneksi pribadi.

  1. Seed atau tahap awal: Sebuah startup berada pada tahap awal atau tahap awal pendanaan setelah beberapa perasaan potensi untuk sukses telah muncul. Pengalaman dengan arus kas dan pendapatan mungkin masih terbatas. Tapi, pada umumnya, usaha ini siap untuk berjalan. Ini adalah saat dana modal ventura (atau VC) dapat memainkan peran penting.

Baca juga: Apa Itu Elastisitas Harga?

Pada tahap ini, kelompok angel investor terorganisir dan dana VC yang didedikasikan untuk usaha tahap awal dapat melakukan investasi (biasanya $ 5M – 20M) dan memandu startup melalui tantangan mulai dari yang spesifik industri dan manajemen, hingga yang lain yang mungkin lebih spesifik untuk bisnis individu. Seperti, membangun sistem back-end, atau menutup penjualan.

Mentor tentang mengubah pola pikir untuk mengalami lebih banyak kesuksesan dalam bisnis juga mungkin tersedia ketika dicari secara aktif. Perlu dicatat bahwa dana VC tahap awal dapat mempertimbangkan kedekatan geografis dari startup sambil membuat keputusan untuk berinvestasi.

  1. Tahap pertumbuhan: Suatu perusahaan sudah di jalan raya ketika siap untuk investasi tahap pertumbuhan. Dengan kata lain, banyak yang telah ditetapkan — model bisnis, profitabilitas, dan jalur pertumbuhan yang jelas. Investasi tahap pertumbuhan dapat membantu perusahaan melakukan perjalanan lebih dalam ke pasar yang lebih baru dan belum pernah dilalui.

Pada tahap ini, calon investor dapat menarik investasi yang kuat dari pemodal ventura di seluruh negeri. 

  1. Tahap akhir: Investasi tahap akhir terjadi ketika bisnis telah mengakumulasi mil yang cukup. Perusahaan yang menguntungkan yang mencari dana untuk tujuan yang lebih strategis, seperti memperluas ke luar negeri atau berinvestasi dalam penjualan dan pemasaran, memenuhi syarat untuk pendanaan tahap akhir. Motivasinya adalah untuk menghancurkan persaingan dan mendapatkan keuntungan yang signifikan di pasar.

Pada tahap ini, sekelompok perusahaan modal ventura dengan kumpulan dana besar dapat bergabung untuk melakukan investasi. 

Dari Mana Perusahaan Venture Capial Mendapatkan Uangnya?

Sama seperti usaha yang mereka investasikan, perusahaan modal ventura (atau VC) juga mengumpulkan dana yang dapat mereka sediakan untuk investasi. Mitra sebuah perusahaan VC mengumpulkan dana dari investor institusi seperti dana lindung nilai, dana abadi, perusahaan asuransi, dan yayasan.

Sebagai imbalan atas dana, mereka berutang pengembalian kepada investor mereka. Dengan kata lain, perusahaan VC duduk di posisi yang kuat antara mereka yang membutuhkan uang dan mereka yang bisa menyediakannya. Namun, dengan kekuatan besar, muncul tanggung jawab besar. Jadi, sangat penting bagi perusahaan VC untuk mendapatkan keuntungan dari investasi mereka sehingga investee mereka berhasil dan pada gilirannya, mereka dapat mengembalikan uang kepada mitra terbatas mereka.

Struktur Perusahaan Venture Capital

Penting untuk memahami bagaimana perusahaan modal ventura (atau VC) disusun untuk mendapatkan kejelasan tentang siapa yang harus didekati untuk pendanaan. Di bawah ini adalah bagaimana perusahaan VC biasanya terstruktur. Judul pekerjaan tercantum dalam urutan hierarki.

  • Analis: Mereka biasanya adalah anggota paling junior dari tim investasi. Analis cenderung memiliki setidaknya 2 hingga 3 tahun pengalaman di bidang perbankan, konsultasi, atau dalam sebuah startup. Mereka tidak keluar di lapangan dan bukan yang membuat keputusan akhir. Apa yang mereka lakukan adalah uji tuntas dan analisis potensi investasi.
  • Rekanan: Rekanan memiliki pekerjaan yang lebih banyak menghadapi orang. Mereka keluar di lapangan untuk mendengarkan gagasan dan mengevaluasinya. Pengintaian mereka dapat membantu mempersempit investasi potensial untuk suatu perusahaan. Rekanan memiliki kemampuan untuk membantu membuka pintu dana banjir dengan memberikan sinyal hijau untuk investasi potensial agar diperhatikan oleh petinggi di perusahaan.
  • Principal: Principal biasanya adalah anggota senior dari tim investasi yang berjejaring dengan baik yang tugasnya adalah menemukan wirausahawan yang menjanjikan dan membawa mereka untuk memenuhi kepemimpinan senior perusahaan. Mereka bukan yang memimpin transaksi, tetapi mereka yang membawa kesepakatan dengan kemampuan untuk mengatur pertemuan yang tepat dengan orang yang tepat.
  • Mitra Umum: Ini adalah anggota tim yang mengenakan sepatu bot pengambilan keputusan besar. Kata-kata Mitra Umum (atau GP) akan menanggung beban yang sangat besar ketika perusahaan memutuskan transaksi apa yang akan ditutup dan mana yang akan dilewati. Seorang dokter umum dapat menyarankan investasi potensial dan meminta tim mereka memberikan suara.
  • Mitra Terbatas: Perusahaan VC biasanya ditetapkan sebagai kemitraan terbatas. Mitra terbatas sebenarnya adalah pemilik dan sumber modal bagi perusahaan.

Bagaimana Saya bisa Menjadi Pemodal Ventura?

Jika kamu memiliki CV yang mengesankan lengkap dengan gelar MBA dan beberapa tahun pengalaman dalam konsultasi, perbankan investasi, atau startup, kamu dapat mengisi beberapa kriteria yang dipersyaratkan umum untuk menjadi pemodal ventura (atau VC) dan memasuki arena investasi. Karena perusahaan modal ventura sering kali berfokus pada pendanaan inovasi dalam teknologi, spesialisasi dan keahlian dalam bidang teknis dapat membantu memberi kamu keunggulan.

Beberapa keterampilan yang sangat diperlukan untuk pekerjaan VC termasuk penawaran sumber, melakukan uji tuntas, negosiasi, dan pembiayaan. Selain memperkuat keterampilan teknis yang keras, berfokus pada memperkuat keterampilan yang lebih lunak seperti membangun kehadiran media sosial yang kuat di situs-situs seperti LinkedIn atau Twitter, dan secara aktif membawa perusahaan ke jaringan dalam komunitas wirausaha dapat berjalan jauh.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Siapkan Dana Pensiun? Kamu Perlu Bangun Portofolio Investasi Ideal

Emas Sebagai Aset Diversifikasi

Apa Itu Margin Call?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img