Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Wall Street?

Apa Itu Wall Street?

Wall Street adalah sebuah jalan yang terletak di bagian bawah Manhattan dari New York City dan merupakan rumah dari New York Stock Exchange atau NYSE. Wall Street juga menjadi markas besar bersejarah dari beberapa pialang dan bank investasi AS terbesar.

Memahami Istilah Wall Street

Saat ini, istilah Wall Street digunakan sebagai nama kolektif untuk komunitas keuangan dan investasi. Yang mencakup bursa saham, bank besar, pialang, sekuritas, dan perusahaan penjamin emisi. Para broker berada di berbagai lokasi sambil memberikan akses ke informasi yang sama yang tersedia untuk taipan Wall Street.

Wall Street diambil namanya dari tembok kayu yang dibangun penjajah Belanda di Manhattan Bawah pada 1653 untuk mempertahankan diri dari Inggris dan penduduk asli Amerika. Tembok itu diruntuhkan pada tahun 1699, tetapi namanya tetap melekat.

Wilayah Wall Street menjadi pusat perdagangan pada tahun 1700-an, tetapi tidak menjadi terkenal sebagai pusat keuangan Amerika sampai tahun 1792 ketika 24 pialang pertama dan paling terkemuka di Amerika Serikat menandatangani perjanjian Buttonwood.

Perjanjian tersebut menguraikan bentuk sekuritas perdagangan berbasis komisi umum. Beberapa sekuritas pertama yang diperdagangkan adalah obligasi perang, serta saham perbankan seperti First Bank of the United States, Bank of New York, dan Bank of North America.

Baca: Benjamin Graham, Ilmu Finansial dari Mentor Investasi Dunia

NYSE datang kemudian. Pada tahun 1817 perjanjian Buttonwood, yang tadinya namanya diambil dari perjanjian tersebut, direvisi. Organisasi pialang mengganti nama mereka menjadi The New York Stock and Exchange Board. Organisasi ini menyewakan ruang untuk perdagangan sekuritas, di beberapa lokasi, hingga tahun 1865 ketika mereka menemukan lokasi mereka saat ini di Wall Street 11.

Setelah Perang Dunia I, Wall Street, dan Kota New York melampaui London untuk menjadi pusat keuangan paling signifikan di dunia. Saat ini, Wall Street tetap menjadi rumah bagi beberapa lembaga keuangan penting. Bursa Efek New York masih dapat ditemukan di Wall Street, seperti juga Bursa Efek Amerika, dan beberapa bank dan pialang.

Wall Street versus Main Street

Meskipun Wall Street sering merujuk pada komunitas keuangan dan investasi global, ia sering dibandingkan dan dikontraskan dengan Main Street. Istilah Main Street sering digunakan sebagai metafora untuk investor individu, usaha kecil, karyawan, dan perekonomian secara keseluruhan. Jalan Utama adalah nama umum untuk jalan utama di kota tempat sebagian besar bisnis lokal berada.

Baca: Tetap Cuan dengan Menabung Emas Online Kekinian, Bagaimana Caranya?

Seringkali ada konflik yang dirasakan antara tujuan, keinginan, dan motivasi Main Street dan Wall Street. Wall Street cenderung mewakili bisnis besar dan lembaga keuangan, sedangkan Main Street mewakili ibu dan toko pop dan perusahaan kecil.

The Street

Saat ini, Wall Street digunakan sebagai istilah untuk menggambarkan pasar keuangan, dan perusahaan yang berdagang secara publik di bursa di seluruh AS. 

Wall Street sering disingkat menjadi “The Street”, yang merupakan istilah yang sering digunakan oleh orang-orang di dunia keuangan dan media. 

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Valuasi Bisnis?

Analisa Mingguan: Harga Emas Mencapai Rp1 Juta-an

Tetap Tenang di tengah Fluktuasi Pasar Akibat COVID-19, Ini 3 Triknya

Ketegangan AS – Cina, Apakah Jadi Ancaman Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19?

Recent Articles

Personal Finance adalah

Apa Itu Personal Finance?

gini index adalah

Apa Itu Gini Index?

Leverage Ratio adalah

Apa Itu Leverage Ratio?

Leverage adalah

Apa Itu Leverage?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya