Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19, Peluang Investasi Apa yang Direkomendasikan?

Menurut survei, 90% dari Fund Manager di seluruh dunia belum percaya akan adanya pemulihan ekonomi ‘V-shape‘ setelah krisis dampak dari virus corona. Bahkan ada juga konsensus bahwa koreksi sebesar 5%-10% mungkin terjadi. 

Minggu ini kita akan melihat beberapa kejadian penting yang mempengaruhi ekonomi global dan peluang investasi yang bisa dipertimbangkan. Simak ulasan berikut ini!

Momentum Pemulihan Ekonomi: Bottoming out bersamaan dengan pembukaan kembali ekonomi

Sebuah laporan diterbitkan oleh institusi yang mengawasi perkembangan sektor-sektor usaha tertentu (Indeks PMI/Purchasing Manager Indices) – dari beberapa negara maju data menunjukkan bahwa di bulan Mei momentum ekonomi telah mencapai dan melalui titik terendah setelah pembatasan sosial akibat corona mulai dilonggarkan.

Khususnya di bidang jasa dan produksi. Hal ini tentunya terjadi di luar ekspektasi pasar. PMI merupakan sebuah indikator pertumbuhan ekonomi yang dapat dipercaya, dan masih tertekan dalam wilayah negatif seperti yang kita bisa lihat di grafik di bawah, indikasinya di bawah angka 50.

Namun, level kegiatan pemulihan ekonomi masih dalam wilayah kontraksi. Meskipun PMI akan pulih dalam beberapa bulan ke depan, GDP akan tetap membutuhkan waktu dalam beberapa kuartal untuk kembali ke level sebelum krisis. 

pemulihan ekonomi

China: Pemulihan ekonomi tanpa target pertumbuhan

Pemerintahan China mengacuhkan target GDP di tahun 2020 dan lebih memilih untuk fokus dalam menstabilisasi lapangan pekerjaan. Ini dikarenakan ketidakpastian yang terjadi.

Sebuah peraturan fiskal yang proaktif dapat memberi dukungan. Kuota untuk obligasi pemerintah ditingkatkan, dan hasilnya akan digunakan untuk penyediaan lapangan pekerjaan serta untuk memicu investasi infrastruktur termasuk 5G dan AI.

Dari segi moneter, pemerintah menargetkan inflasi di level 3.5% tahun ini. Pelonggaran pembatasan sosial akan membantu pemulihan ekonomi kembali ke jalurnya. Ekonomi Cina mungkin akan tetap mencapai tingkat produksi seperti sebelum krisis pada akhir tahun ini.

Penyedia Jasa Komunikasi

Jasa komunikasi adalah sebuah sektor yang sangat heterogen, tetapi secara agregat, penilaian dan perspektif pertumbuhannya tetap menarik. Melihat dari top-down approach, perusahaan unggulan yang memiliki struktur baik, dan hindarilah segmentasi media yang terdisrupsi.

Dari bottom-up, kita dapat melihat peluang investasi dari seluruh sektor. Secara rata-rata, dibandingkan sektor ekuitas lainnya, saham dari jasa komunikasi menawarkan profil risk-return yang menarik. Jika kita melihat dari pasar saham AS, kunci utamanya adalah pada perusahaan teknologi raksasa seperti Alphabet, Facebook, AT&T, dan Vodafone.

Sedangkan di Indonesia, kita bisa melihat performa Telkomsel dan XL. Tetapi tentu saja, performa kedua negara tersebut tidak bisa langsung dibandingkan. Apakah ada dari #SobatCuan yang memiliki saham di bidang ini? 

Video Game: Ruang kecil untuk tumbuh lagi 

Industri video game telah mendapatkan keuntungan yang besar sejak diberlakukannya lockdown. Banyak orang tinggal di rumah dan menjadikan game sebagai hobi baru.

Sektor vdeo game memiliki pertumbuhan yang berstruktur, tapi pertumbuhannya akan menurun dikarenakan pelonggaran pembatasan sosial. Ke depannya, kita mungkin percaya akan pemulihan ekonomi yang cepat, jadi ada lebih banyak kesempatan investasi di luar sektor ini. Jika kamu memiliki investasi pada bidang ini, mungkin kamu dapat mempertimbangkan untuk mengambil keuntungan (take profit). 

Baca juga: Memulai Investasi yang Tepaat Bagi Pemula, Bagaimana Caranya?

Rekomendasi Pluang

Setelah sekian lama menjalani pembatasan sosial, mungkin #SobatCuan bingung, apakah harus berinvestasi di saat pasar sedang mengalami ketidakpastian seperti ini?

Stabilisasi mulai terlihat di beberapa negara, dukungan fiskal pun akan tetap berjalan meskipun sedikit lambat. Karenanya, kami menyarankan agar #SobatCuan tetap konsisten berinvestasi. Untuk yang belum berinvestasi, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memulai secara bertahap untuk meringankan rintangan psikologis untuk berinvestasi dengan harga lebih tinggi.

Strategi ini bisa dimulai untuk investasi saham maupun emas. Selain itu, kita telah melihat besarnya kesempatan investasi di ranah global, menarik bukan?

Nah, ikuti perkembangan tren pasar mingguan berikutnya dari tim Pluang dan nantikan produk-produk investasi terbaru dari Pluang!

Recent Articles

Related Stories