Apa Itu White Paper?

0
232
White paper

Pengertian White Paper

Pengertian White Paper adalah sebuah dokumen yang berisi penjelasan akan sebuah masalah yang ingin diselesaikan suatu projek, solusi akan masalah tersebut, serta penjelasan detil project, pembuatannya, dan interaksinya dengan pengguna.

Isi dari setiap white paper harus berisi beberapa poin penting, namun tidak terbatas pada:

  • Introduksi
  • Disclaimer (dalam artian batasan tanggung jawab)
  • Daftar isi
  • Deskripsi market dan masalah yang ingin diselesaikan
  • Deskripsi produk projek dan bagaimana produk tersebut dapat menyelesaikan masalah yang disebutkan
  • Tokens: berapa banyak token yang akan didistribusikan, mengapa perlu token, bagaiman token dapat digunakan, kapan token akan dapat digunakan, dan sebagainya
  • Bagaimana dana yang terkumpul akan digunakan
  • Siapa tim di balik projek ICO
  • Rencana projek beberapa tahun ke depan

Secara singkat, white paper menjelaskan tiga poin berikut:

  1. Masalah apa yang akan diselesaikan
  2. Bagaimana bisnis ini menyelesaikan masalah tersebut
  3. Bagaimana bisnis ini berkembang di masa depan
Baca juga: Akibat COVID-19, 8,5 Juta Orang di Indonesia Terancam Jadi Kelompok Miskin Baru

Bagaimana Cara Menulis White Paper

Baik adanya pada bagian awal white paper dituliskan peringatan legal atau sebuah disclaimer yang berisi batasan atau notifikasi penting.

Hal ini dapat berupa pengecualian beberapa negara dalam membeli token karena regulasi lokal yang berlaku, ataupun secara sederhana memberi tahu investor bahwa tidak ada garansi profit pada investasi yang diberikan.

Salah satu yang terpenting dalam menulis sebuah dokumen adalah menulis introduksi yang menarik. Langkah yang baik dapat berupa pesan dari CEO project kepada para pemegang token.

Bagian ini adalah bagian di mana kamu perlu menuliskan masalah yang akan diselesaikan dengan projek ini dengan memberikan penjelasan mengapa menyelesaikan masalah ini sangat penting, dan konsekuensi apa yang akan terjadi jika masalah ini tidak diselesaikan.

Kamu harus dapat menarik perhatian pembaca, jelaskan keuntungan yang bisa didapatkan dengan membaca dokumen ini dan jelaskan secara singkat apa yang bisa mereka dapatkan. Gunakan fitur apapun seperti tabel, grafik, dan lain-lain.

Sebuah white paper bisanya berisi penjelasan teknis dan rata-rata terdiri dari 25 halaman. Oleh karena itu, sangat penting membuat white paper project kamu mudah diakses oleh khalayak umum dan disertai dengan navigasi yang mudah dibaca, misalnya daftar isi yang terstruktur dengan rapi.

Jika di dalam white paper terdapat kata-kata yang cukup sulit, kamu dapat membantu mendefinisikannya di bagian glosari.

Baca: Panama Papers Buka Skandal Penghindaran Pajak Perusahaan Cangkang di Seluruh Dunia

Bicarakan Tentang Project

Gunakan halaman sebanyak apapun untuk membicarakan dengan project yang ingin dilakukan dengan penjelasan yang mendalam, dan mengapa project ini sangat cocok dengan keadaan market sekarang ini. Sangat penting untuk menjelaskan apa projectnya dan bagian-bagian yang termasuk di dalamnya.

Berusaha untuk mengurangi data-data berupa angka kecuali jika angka tersebut merupakan hasil riset dan analisis yang valid.

Nyatakan status project-mu. Tuliskan deskripsi detil dari keadaan project sekarang, seperti misalnya: data prototipe, pengguna pertama, strategi pengembangan dan tujuan secara umum.

Mayoritas investor hanya akan berinvestasi pada project yang sudah memiliki sesuatu yang dapat ditunjukkan, memiliki ekosistem dan basis pengguna akan meningkatkan kesempatan token akan bertahan di market. Jika kamu memiliki poin-poin ini, pastikan pembaca mengetahui hal tersebut.

Aspek finansial. Pastikan untuk menyisakan beberapa halaman untuk menjelaskan aspek finansial dari project. Kamu harus dapat menjelaskan dengan jelas mengapa project ini membutuhkan token khusus tersendiri, bagaimana dan kapan token tersebut didistribusikan, apakan distribusi token terbatas, kapan penjualan token dimulai, dan sebagainya.

Baca: Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Rencana penggunaan dana. Investor perlu mengtahui bagaimana uang mereka akan digunakan dan berapa banyak uang yang dibutuhkan project dalam menyelesaikan rencana tertentu.

Yang paling penting, di dalam white paper tidak boleh disebutkan item pengeluaran seperti “networking event”, “pengembangan industry”, “hal lainnya”, dan seterusnya. White paper harus menyatakan dengan jelas bahwa seluruh uang yang terkumpul akan digunakan sepernuhnya untuk pengembangan project, dan bukan yang lainnya.

Roadmap. Terakhir, white paper harus menyertakan tidak hanya deskripsi teknis secara detil project, tetapi juga rencana pengembangan. Idealnya, sebuah rencana kerja secara mendalam untuk 1-2 tahun ke dean, dan juga menyertakan paling tidak versi beta-launch.

Jika beberapa proses yang dituliskan dalam roadmap sudah terselesaikan, pastikan untuk menjelaskannya dalam white paper, hal ini akan menjadi bahan pertimbangan positif oleh para investor.

Bicarakan Tentang Tim

Sebuah tim adalah bagian yang tidak terpisahkan dari project. Beberapa ICO dengan developer yang tidak dikenal, kurang memiliki cerita sukses.

Sementara sisa isi dari white paper harus menjelaskan deskripsi teknis, bagian ini adalah bagian di mana sentuhan manusia sangat penting. Foto dan biografi singkat dari tim akan menjadi keuuntungan yang besar di mata investor.

Pastikan untuk tidak hanya menjelaskan individu di balik project, tetapi juga jelaskan mengapa eksistensi mereka sangat penting bagi project ini, dan mengapa orang-orang ini dapat membuat project ini berhasil.

Selain itu, kamu juga dapat menulis beberapa kalimat mengenai penasihat project. Namun, hindari menuliskan nama-nama yang terlalu banyak dan tidak terlalu memberikan dampak yang signifikan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here