Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Wire Fraud?

Wire fraud adalah salah satu jenis kecurangan yang melibatkan penggunaan suatu bentuk telekomunikasi atau internet. Kecurangan ini bisa menggunakan telepon, faksimili, surel, teks atau obrolan melalui media sosial. Melakukan wire fraud bisa berakibat pada hukuman penjara dan/atau denda.

  • Wire fraud adalah salah satu jenis kecurangan yang melibatkan penggunaan suatu bentuk telkomunikasi atau internet.
  • Kejahatan jenis ini bisa memanfaatkan salah satu atau seluruh bentuk media elektronik termasuk telepon, mesin faksimili, surel, media sosial, dan SMS.
  • Wire fraud seringkali melibatkan komunikasi yang dilakukan antara negara atau melampaui batas negara, dan bisa berakibat pada hukuman penjara dan denda.

Baca juga: Ini Alasannya Mengapa Kamu Sebaiknya Berinvestasi di Bitcoin

Memahami Apa Itu Wire Fraud

Buku petunjuk informasi pidana Departemen Hukum Amerika Serikat Seksi 941.18 U.S.C. 1343 memberikan elemen-elemen kunci yang selalu ada pada setiap wire fraud.

Pertama adalah, terdakwa dengan sukarela dan sengaja menciptakan atau turut serta dalam rencana untuk mengambil uang dari orang aling. Kedua adalah, terdakwa melakukan hal tersebut dengan tujuan melakukan kecurangan sejak awal. Ketiga, terdakwa melakukan komunikasi kawat antar negara bagian. Keempat, komunikasi kawat antar negara bagian digunakan dalam proses kecurangan ini.

Wire fraud diselidiki oleh banyak dinas penegak hukum federal seperti FBI dan sejumlah badan yang lebih kecil lainnya. Pada beberapa kasus, beberapa badan tersebut akan melakukan penyelidikan gabungan. Contohnya, FBI bisa saja menyelidiki kasus kecurangan besar sementara Divisi Penyelidikan IRS menyelidiki kejahatan pajak.

Dalam penyelidikan apapun, ada beragam cara yang bisa digunakan oleh para penegak hukum. Termasuk di antaranya surat panggilan, surat peringah penggeledahan, wawancara saksi, dan bahkan penyadapan.

Wire fraud adalah kejahatan federal yang berakibat pada hukuman tidak lebih dari 20 tahun penjara dan denda. Denda sebesar US$250.000 akan dibebankan jika pelakunya perorangan dan US$500.000 jika pelakunya organisasi.

Sementara penuntutan pidana berlangsung selama 5 tahun. Angka tersebut bisa bertambah menjadi 10 tahun jika sasarannya adalah institusi keuangan.

Jika wire fraud terjadi pada keadaan istimewa, misalnya pada keadaan darurat yang diberlakukan oleh presiden, maka hukuman penjara bisa mencapai 30 tahun dan denda hingga US$1 juta.

Pelaku tidak perlu benar-benar menipu orang lain atau secara pribadi mengirim komunikasi agar bisa didakwa sebagai pelaku wire fraud. Dengan membuktikan apakah tindakan tersebut disengaja atau tidak sebelum mengirimkan komunikasi, maka sudah cukup.

Baca juga: Cara Jitu Menghindari Penipuan Kartu Kredit!

Sejarah Wire Fraud

Hingga baru-baru ini, para penipu harus memanfaatkan telepon dan membuat ratusan panggilan untuk memperoleh seorang pensiunan polos atau orang kesepian. Cara lama menggunakan panggilan telepon masih digunakan untuk menghubungi mangsa.

Namun di masa kini, dengan kekuatan mengagumkan dari internet untuk mencari calon korban, kerjaan penipu bisa dilakukan secara daring. Hanya dengan bermodalkan unggahan foto palsu, kisah-kisah emosional, janji akan kaya mendadak atau cinta abadi—dan ini semua bisa ditulis dengan ejaan dan tata bahasa yang payah.

Jika anda mendapat pesan atau ajakan untuk mengirim US$10.000 kepada orang asing, hapus dengan segera. Jangan mau menjadi korban wire fraud.

Contoh Wire Fraud

Contoh yang sudah umum dari wire fraud adalah penipuan pangeran Nigeria. Dalam penipunan jenis ini, sang penipu mengirim surel pada mangsanya. Dalam surelnya, si penipu mengaku kalau dirinya adalah seorang pangeran Nigeria yang sedang bernasib sial.

Biasanya ia mengaku sedang diasingkan dan tidak bisamengakses kekayaannya di rekening bank Nigerianya. Ia mengaku-ngaku membutuhkan seseorang untuk menjaga jutaan dollar hartanya. Kemudian ia menjanjikan bahwa yang melakukan hal tersebut akan memperoleh imbalan harta yang banyak.

Tujuan dari penipuan ini adalah untuk memperoleh informasi keuangan si korban. Informasi tersebut kemudian akan dimanfaatkan si penipu untuk mengakses uang korban.

Walaupun penipuan ala wire fraud ini adalah salah satu penipuan internet tertua, masih ada saja korban yang tertipu, atau dalam bentuk serupa. Tak peduli dalam keadaan apapun – entah itu surel dari pengembara kaya yang membutuhkan bantuanmu agar bisa kembali ke AS atau sepupumu yang lama tak berhubungan yang mengaku sedang dalam keadaan terdesak – JANGAN PERNAH mengirimkan uang kepada orang asing.

Setelah Anda mengirim uang, apalagi ke luar negeri, maka sudah bisa dibilang mustahil untuk membatalkan transaksi atau melacak uangnya. Jika anda khawatir pada sepupu anda, periksa terpisah. Bisa saja ia aman di rumahnya dan anda bisa memperingatkan dia bahwa surelnya sudah diretas.

Salah satu “Pangeran Nigeria” yang baru-baru ini ditangkap dan didakwa pada 31 Desember 2018. Tak seorangpun terkejut ketika mendapati ia adalah seorang pria berumur 67 tahun dari Louisiana. Jenis penipuan ini muncul pada decade 1980an dan orang Amerika sudah kehilangan jutaan Dollar akibat penipuan ini.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img