Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Wire Transfer?

Pengertian Wire Transfer

Wire Transfer adalah kiriman uang atau transfer uang antar bank untuk negara yang berbeda. Semisal dari kita di Indonesia, ingin mengirim ke rekan bisnis kita dengan rekening bank di AS, Singapura, Mesir, atau lainnya. Wire transfer adalah metode pembayaran yang diterima sebagai cara deposit dan penarikan oleh semua broker forex.

Apa yang Dibutuhkan untuk Melakukan Wire Transfer?

Meski prosesnya tidak sulit, namun ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan ketika akan melakukan wire transfer.

  • Untuk mengirim, meski bisa dilakukan secara tunai, namun sebaiknya kamu memiliki rekening tabungan di Bank tempat kamu mengirim wire transfer. Hal ini selain untuk memudahkan dalam proses pengiriman, juga agar Bank tidak kesulitan memperoleh datamu sebagai pengirim jika diperlukan.
  • Tidak perlu pergi ke money changer terlebih dahulu. Misalkan jika uangmu berupa Rupiah dan kamu ingin mengirim ke Singapura dalam nominal Singapore Dollar atau SGD, maka kamu bisa mengirim uang dalam bentuk Rupiah saja. Nantinya Bank akan melakukan konversi secara otomatis terhadap mata uang Rupiahmu ke SGD, dengan nilai tukar mengacu kepada nilai tukar (Kurs) yang berlaku pada masing-masing Bank yang kamu gunakan.
Baca: Terlengkap! Daftar Kode Bank di Indonesia Agar Transaksi Perbankanmu Aman
  • Untuk Biaya, akan dikenakan berdasarkan dua kategori, yaitu :

1. Full Amount

Dimana penerima akan menerima dana secara full. Misalkan jika kamu mengirim 100 SGD, maka penerima akan menerima 100 SGD. Disini biaya pengiriman akan dibayarkan oleh sang pengirim, dengan biaya berkisar antara $20 hingga $30 dibayar dimuka.

2. Non Full Amount

Dimana penerima bersedia dananya dipotong sebagai biaya pengiriman. Dalam hal ini sang pengirim akan dikenakan biaya sekitar $15 meski biaya pada tiap Bank bisa berbeda. Sehingga ada baiknya sebelum melakukan pengiriman uang, kamu bernegosiasi dengan penerima apakah wire transfer yang dilakukan bersifat full amount atau non full amount.

Baca: Pengin Akali Biaya Transfer Antar Bank, Sudah Coba 5 Aplikasi Ini Belum?
  • Ketahui Kode SWIFT Bank sebelum kamu mengirim. Apa itu kode SWIFT? SWIFT adalah singkatan dari Society for Worlwide Interbank Financial Telecommunication. SWIFT berfungsi sebagai pembawa data yang mengangkut pesan antara dua lembaga keuangan. Dengan SWIFT, kedua Bank (pengirim dan penerima) dapat melakukan pertukaran data yang aman dengan rahasia dan integritas yang terjamin.
  • Semua Bank di dunia memiliki kode SWIFTnya masing-masing. Pastikan kamu sudah mengetahui kode SWIFT Bank tempat kamu mengirim, dan kode SWIFT Bank penerima dana sebelum melakukan pengiriman. Sebagai contoh kode Swift BII adalah IBBKIDJA dan kode Swift Bank BRI adalah BRINIDJA. Kamu bisa mengetahui kode SWIFT dari masing-masing Bank atau mencarinya di internet.

Bagaimana Cara Mengirim Uang Lewat Wire Transfer?

Cara mengirim uang ke luar negri melalui wire transfer adalah:

  • Pastikan data penerima sudah anda miliki dengan lengkap, yaitu :
  1. Negara penerima
  2. Kurs yang berlaku di Bank anda agar dana anda cukup untuk mengirim dana.
  3. Nama penerima
  4. Nama Bank Penerima (Lengkap dengan kode, alamat dan Cabang serta kode SWIFT bank tersebut)
  5. Berita yang harus dicantumkan
  6. No telpon penerima
Baca: Apa Itu Penerima Manfaat (Beneficiary)?
  • Pergi ke Bank dengan membawa buku rekening, kartu ATM, serta kartu identitas. Mengisi slip transfer antar bank, Isikan data dengan benar. Jika kamu ragu, kamu bisa meminta Customer Service untuk membantumu.
  • Setelah proses wire transfer selesai, simpan copy dan bukti transfer dengan baik. Setelah itu kamu bisa menginformasikan kepada penerima bahwa uang sudah kamu kirim.
  • Tunggu pengiriman dana dalam 1-4 hari kerja. Jika dalam waktu 1 minggu masih belum ada konfirmasi penerimaan dari yang bersangkutan, maka anda bisa mengecek kembali ke Bank tempatmu mengirim.
  • Jangan khawatir jika ada data yang kurang atau salah, maka dana akan kembali ke rekening asalmu di Indonesia.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img