Currently set to Index
Currently set to Follow

7 Keuntungan Investasi Emas

Berikut adalah tujuh keuntungan yang didapat saat investasi emas:

1. Pelindung Inflasi

Emas adalah aset lindung nilai yang sangat baik terhadap inflasi. Hal ini bisa terlihat setelah pemerintah AS meninggalkan standar emas sejak 1971 silam.

Bank sentral AS terus mencetak uang dalam jumlah tak terbatas setelah AS meninggalkan standar emas. Sayangnya, hal ini meningkatkan harga barang dan jasa atau mengakibatkan inflasi dan daya beli uang pun melemah. Namun aset emas mampu mempertahankan nilainya karena kelangkaan persediaannya.

2. Aset ‘Safe Haven

Emas adalah aset safe haven. Artinya, investor akan memburu emas sebagai aset aman untuk menyimpan kekayaan mereka saat situasi ekonomi tidak menentu.

Investor akan mengincar emas tiap kali ada ketidakpastian geopolitik misalnya perang atau kudeta pemerintahan atau bencana alam, lantaran nilainya diakui secara universal di seluruh dunia. 

Peran emas sebagai tempat yang aman terlihat juga ketika krisis keuangan global terjadi lebih dari satu dekade lalu. Pada saat itu banyak bank dan perusahaan AS mulai menghadapi kebangkrutan dan yang kemudian masalah ini merembet untuk mempengaruhi bank dan perusahaan di seluruh dunia. Ini menyebabkan harga-harga saham turun hampir 50%.

Keuntungan Investasi Emas

Ketika terjadi gejolak di pasar keuangan, banyak investor, pelaku bisnis, bank dan bahkan masyarakat menarik uangnya dari pasar saham dan membeli emas. Besarnya permintaan ini menyebabkan harga emas naik sekitar 250% saat krisis keuangan global atau Global Financial Crisis (GFC). 

Mengapa emas berharga

3. Lindung Nilai Terhadap Depresiasi Rupiah

Pada dasarnya, nilai emas ditetapkan dalam denominasi Dolar AS. Maka investasi emas adalah langkah efektif yang bisa dilakukan investor untuk melindungi nilai kekayaannya saat Rupiah melemah terhadap Dolar AS (depresiasi Rupiah terhadap Dolar AS). 

Grafik di bawah ini menunjukkan bahwa tahun ini harga emas dalam Rupiah adalah 13 kali harganya pada tahun 2000.

Keuntungan investasi emas

Sobat Cuan bisa melihat bahwa harga emas telah melonjak lebih dari 500% saat krisis keuangan tahun 1998, yakni dari sekitar Rp750 ribu per ons menjadi Rp4,8 juta per ons.

7 Keuntungan Investasi Emas, Pluang

4. Lindung Nilai Terhadap Depresiasi dolar AS

Investor biasanya “melarikan diri” ke emas setiap kali Dolar AS melemah. Sebab, meski Dolar AS diakui sebagai mata uang cadangan dunia (80% dari semua transaksi perdagangan global menggunakan Dolar AS), emas tetap berperan sebagai mata uang alternatif karena nilainya diakui oleh semua orang di dunia.

5. Instrumen Diversifikasi Portofolio

Harga emas cenderung memiliki korelasi yang rendah dengan nilai aset keuangan lainnya seperti saham. Jadi, harga emas cenderung naik ketika nilai saham turun.

Sobat Cuan bisa melihat kondisi ini saat terjadinya krisis keuangan global 2008 dan pandemi COVID-19 di 2021. Korelasi yang rendah, dan terkadang negatif, antara emas dan aset lainnya memungkinkan investor untuk mengurangi risiko dan menegaskan peran emas sebagai aset diversifikasi yang paling mantap untuk portofolio apapun.

6. Jumlah Penawaran (Supply) yang Makin Terbatas

Emas yang belum ditambang memiliki persediaan yang sangat terbatas. Produksi emas juga diperkirakan akan semakin menurun sehingga dari tahun ke tahun, jumlah emas yang ada tidak akan melihat peningkatan sampai 1% lantaran sulitnya membuka tambang emas baru karena kekhawatiran akan dampaknya terhadap lingkungan. 

7. Permintaan Semakin Banyak dari Negara Berkembang

Permintaan emas dari negara-negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk banyak seperti Cina, India, dan Indonesia akan terus meningkat seiring pesatnya pertumbuhan ekonomi negara-negara tersebut dan emas dicari baik untuk tujuan investasi maupun untuk perhiasan.