Currently set to Index
Currently set to Follow

Alasan Mengapa Investasi Emas Sangat Berharga

Emas telah menjadi simbol kekayaan dan kemakmuran di berbagai peradaban dunia, mulai dari zaman Firaun di Mesir kuno, berbagai dinasti China, hingga Kekaisaran Romawi. Sebenarnya apa yang membuat emas sangat berharga di mata orang?

Nilai intrinsik komoditas emas diperoleh dari : 

  1. Persediaannya yang terbatas. Tingginya nilai emas dikarenakan jumlah yang tersedia di dunia lebih terbatas dibandingkan sumber daya tidak dapat diperbaharui lainnya. Misalkan emas di seluruh dunia dikumpulkan di satu tempat, komoditas ini hanya bisa mengisi penuh kubus berkapasitas 28 meter kubik saja!
  2. Emas memiliki fungsi estetika dan fungsi industri. Emas adalah salah satu logam paling bercahaya dengan warna yang unik dan cantik. Walaupun perak memiliki kilau serupa, namun kilau perak lambat laun akan terkikis dengan cepat. Tidak ada logam lain yang punya rona indah seperti emas sehingga aset ini memiliki nilai universal dan dicari di mana-mana untuk digunakan sebagai bahan perhiasan dan artefak indah lainnya.

Emas telah menjadi alat tukar selama berabad-abad lantaran persediaannya yang terbatas dan permintaan yang menanjak. Masyarakat peradaban kuno selalu mencetak koin dari emas sebagai alat tukar. Seiring perkembangan peradaban dan semakin modernnya negara-negara dunia,  banyak pemerintah negara menerbitkan mata uang dalam bentuk kertas yang nilainya kemudian dipatok dan bisa ditukar ke dalam satuan emas tertentu. Ini dikenal sebagai sistem standar emas.

Sejarah uang sebagai alat tukar memiliki keterkaitan dengan sejarah emas. Selama ribuan tahun, emas dan uang dianggap sama. Baru pada sekitar 50 tahun terakhir, konsep nilai uang dipisahkan dari nilai emas menyusul terjadinya dua peristiwa besar: 

  • Sistem Bretton Woods: Setelah Perang Dunia II, kelompok negara adidaya dunia memutuskan untuk mematok mata uang mereka ke Dolar AS. Sebagai gantinya, Amerika Serikat menetapkan harga Dolar AS pada US$35 per ons emas.
  • Penghapusan standar emas oleh Presiden AS Richard Nixon: Pada tahun 1971, Presiden AS Richard Nixon menghentikan sementara kebijakan yang memungkinkan pemerintahan negara lain untuk menukar Dolar AS mereka menjadi emas. Meski pada awalnya penghentian ini direncanakan hanya sementara, pemerintah Amerika Serikat tidak lagi mencadangkan mata uangnya dengan emas sejak 1971.