Currently set to Index
Currently set to Follow

Investasi Untuk Pemula

Sobat Cuan pasti sering mendengar ajakan berinvestasi untuk mendapatkan penghidupan yang lebih layak di masa depan. Apalagi, kini banyak sekali influencer berseliweran memamerkan hasil investasi mereka di media sosial.

Namun, apa pengertian investasi sesungguhnya? Apakah investasi sama seperti kegiatan menyimpan uang? Terlebih lagi apakah investasi itu sama dengan kegiatan spekulasi?

Apa Itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan menempatkan dana di sebuah “benda” yang kita sebut dengan aset dengan tujuan bahwa aset tersebut akan naik nilainya di masa depan. Aset bisa memberikan imbal hasil, misalnya ketika kita menerima pendapatan bunga atas tabungan kita dari bank. Atau kita juga bisa mendulang laba dari modal kita atau capital gain ketika harga aset yang digenggam meningkat. Capital gain adalah keuntungan yang kamu dapatkan ketika menjual aset dengan harga lebih tinggi dibanding harga belinya, seperti ketika kamu menjual saham ketika harganya naik. 

Terdapat beragam kelas aset mulai dari emas, aset kripto, saham, hingga reksa dana pendapatan tetap. Setiap kelas aset ini menawarkan kemungkinan imbal pendapatan dan kenaikan harga yang berbeda.

Apakah Investasi Sama Dengan Menabung?

Investasi adalah menempatkan dana dalam instrumen aset. Menabung adalah kegiatan menyimpan uang di tempat aman. Baik investasi maupun menabung adalah kegiatan menyisihkan uang untuk kebutuhan di masa mendatang.

Ketika masyarakat berbicara mengenai menabung, mereka biasanya merujuk kegiatan menempatkan uang di rekening bank. Dana ini biasanya hanya memperoleh imbal hasil yang kecil atau bahkan tidak sama sekali. Akibatnya nilai simpanan bisa tergerus oleh inflasi di mana daya beli jumlah yang ditabung akan melemah karena harga barang terus meningkat. The Jakarta Post memperkirakan bahwa seorang pemilik rekening yang jumlah tabungannya kurang dari US$1.000, atau Rp14,5 juta tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali dari simpanannya dikarenakan biaya-biaya bank untuk rekening tersebut. 

Di lain sisi, investasi merujuk pada kegiatan untuk mencari cuan yang lebih tinggi. Kita memahami bahwa laba ini biasanya juga disertai dengan resiko yang lebih tinggi dibandingkan menabung biasa. Namun pada jangka panjang, berinvestasi pada aset seperti saham, obligasi, emas, dan aset kripto akan memberikan imbal hasil melebihi laju inflasi dan juga dibandingkan imbal hasil menabung di bank yang biasanya berkisar di antara 0 hingga 1%. 

Intinya, menabung adalah kegiatan yang bertujuan untuk menjaga uangmu. Di sisi lain, investasi bertujuan untuk mengembangkan uangmu. Berikut adalah perbedaan lebih lanjut menabung dan investasi.

Investasi Untuk Pemula, Pluang