Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Reksadana?

Pada intinya, reksadana adalah suatu “wadah” himpunan dana yang dikelola oleh manajer investasi profesional. Sehingga, alih-alih berinvestasi langsung di kelas aset (misalnya instrumen pasar uang, obligasi, atau ekuitas), kamu mempekerjakan seorang manajer investasi untuk mengalokasikan danamu dalam kelas-kelas aset tersebut.

Pengertian reksadana kemudian diperjelas melalui Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Beleid itu menyebut bahwa reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi (MI).

Produk reksadana dibangun berdasarkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) dengan manajer investasi dan bank kustodian. Kontrak tersebut mengikat pemilik Unit Penyertaan (UP) reksadana, di mana manajer investasi memiliki wewenang untuk mengelola KIK dan bank kustodian berwenang untuk melaksanakan jasa penitipan kolektif atas efek yang dimiliki secara bersama.

Apa Itu Reksadana?, Pluang

Jenis-Jenis Produk Reksadana

Apa Itu Reksadana?, Pluang

Jenis-jenis produk reksadana menurut alokasi portofolionya adalah sebagai berikut : 

  1. Reksadana pasar uang. Melalui reksadana ini, manajer investasi akan menanamkan dana investor di dalam instrumen pasar uang, di antaranya deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), dan surat utang bertenor kurang dari satu tahun.
  2. Reksadana pendapatan tetap. Manajer investasi menaruh minimum 80% dana investor ke dalam instrumen obligasi yang diterbitkan pemerintah maupun perusahaan. 
  3. Reksadana saham. Manajer investasi menaruh minimum 80% dana investor ke dalam beberapa instrumen saham. 
  4. Reksadana campuran. Manajer investasi akan mengalokasikan dana ke berbagai instrumen keuangan seperti deposito, obligasi, pasar uang, dan saham.

Perbedaan Reksadana

Investor juga bisa memilih reksadana berdasarkan prinsip pengelolaan yakni reksadana konvensional atau reksadana syariah: