Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara Berinvestasi Reksadana Efektif di Aplikasi Pluang

Aplikasi Pluang memungkinkan kamu untuk mendapatkan eksposur terhadap berbagai jenis kelas aset (emas, instrumen pendapatan tetap, instrumen pasar uang, pasar modal, dan aset kripto) secara praktis, murah, dan efektif.

Langkah pertama: Tentukan target untuk alokasi aset. Berdasarkan riset Pluang, portofolio investasi dengan profil risiko moderat dapat terlihat seperti ini:

Cara Berinvestasi Reksadana Efektif di Aplikasi Pluang, Pluang

Langkah kedua: Tentukan kelas aset mana saja yang ingin kamu kelola secara langsung. Misalnya, aset-aset yang ingin kamu pilih dan kelola secara aktif versus aset-aset mana saja yang ingin kamu serahkan ke manajer investasi.

Cara Berinvestasi Reksadana Efektif di Aplikasi Pluang, Pluang

Langkah ketiga: Gunakan produk reksadana di Pluang untuk mendapatkan eksposur ke instrumen pendapatan tetap dan saham domestik, seperti yang diperlihatkan di gambar berikut.

Cara Berinvestasi Reksadana Efektif di Aplikasi Pluang, Pluang

 

Ketika kamu berinvestasi di instrumen pendapatan tetap, maka kamu harus menentukan tingkat risiko yang siap diterima. Kamu bisa memilih reksadana pendapatan tetap dari Pluang dan PT UOB Asset Management, UOB Dana Membangun Negeri (UDARI), jika lebih menyukai reksadana berisiko rendah karena reksadana ini mengalokasikan dana dalam obligasi milik BUMN.

Namun, jika kamu tetap nyaman dengan resiko yang lebih tinggi , maka kamu bisa memilih reksadana yang memiliki penempatan dana lebih banyak dalam instrumen utang korporasi berimbal hasil tinggi. Contohnya adalah Pinnacle Indonesia Bond Fund. 

Di sisi lain, kamu juga bisa memilih reksadana saham yang cocok dengan tujuan serta gaya berinvestasimu. Di Pluang, kamu bisa memilih dua produk reksadana saham unggulan, yakni Batavia Dana Saham dan Batavia Dana Saham Syariah.

Sekarang kamu telah memiliki eksposur dalam saham Indonesia dan pendapatan tetap namun kamu bisa lebih santai karena aset ini dalam pengelolaan Manajer Investasi. Ini akan memberikan kamu lebih banyak waktu untuk memperhatikan investasi di kelas aset yang kamu kelola secara “aktif”, seperti aset kripto dan saham-saham global.