Currently set to Index
Currently set to Follow

Produk Reksadana Apa Saja yang Ada di Pluang?

Sobat Cuan bisa menemukan dan memilih 15 produk reksadana di Pluang. Berikut adalah 15 produk reksadana yang disusun berdasarkan jenis-jenisnya!

Produk Reksadana di Aplikasi Pluang

Reksadana Saham

  1. Batavia Dana Saham
  2. Batavia Dana Saham Syariah 

Sobat Cuan bisa membaca penjelasan masing-masing produk berikut nilai kelolaannya, dan kinerjanya selama satu, tiga, dan lima tahun terakhir (per 31 Agustus 2021) dalam tabel berikut:

Reksadana Saham di Pluang

Reksadana Pendapatan Tetap

  1. UOBAM Dana Membangun Negeri (eksklusif hanya di Pluang)
  2. Batavia Dana Obligasi Ultima 
  3. Pinnacle Indonesia Bond Fund
  4. BNI-AM Dana Pendapatan Tetap Makara
  5. Syailendra Pendapatan Tetap Premium
  6. Bahana MES Syariah
  7. BNI-AM Ardhani Pendapatan Tetap Syariah

Sobat Cuan bisa membaca penjelasan masing-masing produk berikut nilai kelolaannya, dan kinerjanya selama satu, tiga, dan lima tahun terakhir (per 31 Agustus 2021) dalam tabel berikut:

*Angka return berdasarkan data kinerja historis yang dihitung dari tanggal peluncuran produk reksadana tersebut.

Reksadana Pasar Uang

  1. UOBAM Dana Rupiah (eksklusif hanya di Pluang)
  2. Batavia Dana Kas Maxima
  3. Bahana Dana Likuid
  4. BNI-AM Dana Lancar Syariah

Sobat Cuan bisa membaca penjelasan masing-masing produk berikut nilai kelolaannya, dan kinerjanya selama satu, tiga, dan lima tahun terakhir (per 31 Agustus 2021) dalam tabel berikut:

Reksadana Pasar Uang Di Pluang

Reksadana Campuran

  1. Syailendra Balanced Opportunity Fund
  2. BNI-AM UGM Progressive Balanced

Sobat Cuan juga bisa membaca penjelasan produk reksadana, nilai dana kelolaannya, dan kinerjanya selama satu, tiga, dan lima tahun terakhir (data per 31 Agustus 2021).

Reksadana Campuran di Pluang

Kenapa Pluang Menawarkan Pilihan Produk Reksadana Terbatas?

Pluang percaya bahwa diversifikasi merupakan hal yang penting dan perlu dilakukan dalam investasi. Diversifikasi umumnya dicapai dengan memperoleh eksposur dari beberapa kelas aset, bukan dari kepemilikan beberapa produk reksadana yang semuanya diisi kelas aset yang sama. 

Di Indonesia, produk reksadana bisa menempatkan dana investor di tiga kelas aset: instrumen pasar uang (instrumen utang jangka pendek), instrumen pendapatan tetap (instrumen utang jangka panjang), dan saham. Penting  untuk memiliki beberapa pilihan dalam tiap kelas aset agar investor bisa mendapatkan akses ke aset-aset yang memiliki perbedaan sifat dalam tiap kelas aset. 

Sebagai contoh, di dalam investasi instrumen pendapatan tetap, investor akan mendulang manfaat maksimal jika mereka dapat mempertimbangkan pilihan baik untuk surat utang berisiko rendah (misalnya obligasi pemerintah berperingkat tinggi) maupun  instrumen utang korporasi (dengan peringkat utang yang lebih rendah) yang memiliki risiko gagal bayar lebih tinggi namun juga menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi. 

Pluang merasa bahwa investor cukup memilih sekitar 5 produk reksa dana dengan gaya yang berbeda dan mereka sudah bisa menangkap secara penuh spektrum risiko dan imbal hasil dalam tiap kelas aset.

Terlalu banyak pilihan produk reksadana bukanlah hal yang baik bagi investor. Sebagai contoh, jika investor diberikan daftar yang berisi 40 jenis reksadana pendapatan tetap, belum tentu ini akan menguntungkan si investor. Sebaliknya, dia malah ujung-ujungnya semakin bingung dan menghabiskan waktu untuk memilih mana yang dirasakan terbaik di antara 40 produk reksadana yang berada dalam kelas aset yang sama. 

Lebih parahnya lagi, investor akan terjebak dalam “diversifikasi semu” karena ia merasa memiliki produk dengan nama yang berbeda. Namun pada dasarnya jenis aset yang ia miliki secara fundamental memiliki kesamaan dan penambahan produk tidak akan mendongkrak imbal hasil atau  mengurangi risiko investasinya. Portofolio seorang investor yang memiliki 100 produk reksadana namun semuanya merupakan pendapatan tetap tentu tidak bisa dibilang telah terdiversifikasi jika dibandingkan portofolio lain yang mencakup pendapatan tetap, emas, dan saham.

Jebakan  “diversifikasi semu” merupakan hal yang Pluang ingin cegah. Oleh karenanya, Pluang telah memilih secara cermat dan teliti  produk reksa dana yang kami tawarkan supaya dapat memberikan cukup pilihan namun agar SobatCuan juga tetap bisa fokus untuk melakukan diversifikasi portofolio.