Currently set to Index
Currently set to Follow

Mengenal Berbagai Tipe Cryptocurrency Wallet

Dompet mata uang kripto adalah program perangkat lunak. Yang merupakan kunci yang digunakan untuk mengirim dan menerima berbagai token cryptocurrency dalam jaringan blockchain.

Jaringan blockchain merupakan sistem database  ledger  mata uang kripto yang terhubung dengan pengguna node seperti PC atau pengguna smartphone. Secara kamus, dompet ini menyimpan kunci ‘pribadi’ dan kunci ‘publik’ yang merupakan cara aman untuk dompet-dompet komunikasi dengan ledger / database cryptocurrency blockchain.

Dompet Cryptocurrency juga berisi program perangkat lunak yang memberi pengguna akses ke semua cryptocurrency yang dimiliki dan mendukung kepemilikan, menyimpan, menerima dan mengirim koin kripto.

Dompet kripto merupkan program perangkat lunak yang digunakan untuk mendapatkan akses aman ke aset kripto. Selain itu juga dapat membagi kunci publik dengan seluruh dunia dan orang-orang akan mengenakan biaya untuk mengirim koin. Ada banyak jenis layanan yang berbeda dalam dompet cryptocurrency yaitu berbasis aplikasi, layanan offline dan layanan berbasis web yang dapat dipilih.

Dompet ini juga membolehkan pengguna untuk melihat jumlah mata uang kripto mereka dengan antarmuka, penampilan perangkat lunak, membantu pengguna dalam memahami pegangan atau memegang mata uang kripto mereka (berapa banyak jumlah uang mereka di cryptocurrency yang berbeda seperti Ethereum, Bitcoin atau Ripple).

Cara blockchain bekerja adalah ‘ledger-ledger’ / database atau semua buku besar terupdate dalam semua ‘node’ / (PC / Smartphone) dalam jaringan blockchain. Ini berarti semua ‘buku besar’ individu terupdate dalam waktu yang sama, artinya sebuah dompet tidak menyimpan uang tetapi catatan atau kumpulan transaksi.

Baca juga: Apa Itu Blockchain?

Dompet Cryptocurrency adalah dompet digital dimana Anda dapat menyimpan, mengirim dan menerima cryptocurency. Dompet digital ini menyimpan kunci rahasia yang digunakan untuk menandai secara digital seluruh transaksaksi cryptocurrency di buku besar yang terdistribusi. Kunci tersebut adalah satu-satunya cara untuk membuktikan kepemilikan cryptocurrency Anda dan untuk mengeksekusi transaksi. Memiliki dompet crypto adalah sebuah hal yang wajib dimiliki untuk dapat bertransaksi cryptocurrency.

Tipe Dompet Cryptocurrency

Ada banyak tipe dari dompet cryptocurrency yang dapat digunakan. Berikut adalah perbedaan tipe dompet cryptocurrency dengan kelebihannya masing-masing.

Dompet Perangkat Keras

Hardware Wallet  adalah sebuah perangkat keras yang dibuat untuk menyimpan  private key  dan  public address A nda. Pada umumnya berbentuk sebuah USB dengan layar OLED dan tombol disisinya untuk navigasi pada layar. Benda ini dapat melakukan transaksi online meskipun lebih sering dalam kondisi offline, hal ini merupakan salah satu kelebihan Dompet Perangkat Keras.

Baca juga: Mudah dan Efisien Siapkan Anggaran Bulanan dengan 3 Cara Ini!

Hardware Wallet merupakan dompet termahal karena kematiannya untuk mengirim dan menerima cryptocurrency yang cukup dengan terhubungnya ke komputer dan internet.

Dompet hardware sering disebut sebagai  Cold Storage , karena  private key  kita tidak tersimpan di ekosistem online sehingga membuat dompet ini tidak rentan terkena hack sehingga lebih aman, ini juga menjadi kelebihan lainnya dari Hardware wallet. Dompet hardware sering digunakan oleh para Crypto Hodler untuk menyimpan beberapa aset crypto mereka. Contoh dari Hardware Wallet adalah Trezor dan Ledger Nano.

Dompet Kertas

Paper Wallet  adalah secarik kertas dimana tercetak  private key  dan  public address  anda. Dompet ini tidak untuk semua orang karena memiliki dompet kertas yang membutuhkan tingkat kehati-hatian yang cukup tinggi dalam menyimpan dan menyimpan.

Disisi lain, dompet kertas adalah salah satu alternatif yang aman untuk menyimpan cryptocurrency karena kecenderungan berada dalam kondisi offline. Contoh penyedia paper wallet adalah BitAddress.org atau BitcoinPaperWallet.com.

Dompet Desktop

Desktop Wallet  adalah sebuah perangkat lunak yang dapat Anda unduh dan instal ke komputer dan hanya dapat diakses melalui komputer yang sudah terinstall dengan dompet ini.

Baca juga: Ethereum Cryptocurrency Mengenal

Dapat menjadi alternatif yang aman untuk menyimpan dan menggunakan cryptocurrency. Ancaman yang mungkin terjadi hanya jika komputer Anda terkena hack, terinfeksi virus atau mengalami kerusakan eksternal. Beberapa contoh desktop wallet ialah Mist, Exodus, Metamask, dan lain sebagainya.

Dompet Seluler

Mobile Wallet  adalah sebuah applikasi pada smartphone yang sangat memudahkan pengguna untuk mengirim dan menerima cryptocurrency. Cukup dengan menginstal aplikasi mobile wallet ke perangkat seluler Anda dan membuat sebuah akun di applikasi tersebut.

Dompet ini tergolong lebih aman dibandingkan dengan dompet web karena risiko Anda kehilangan cryptocurrency yaitu jika perangkat seluler Anda rusak atau mengalami  pelanggaran keamanan . Beberapa contoh mobile wallet yang dapat kamu gunakan yaitu Trustwallet, Copay, Jaxxliberty, Mycelium dan lain sebagainya.

Dompet Web

Dompet web disebut sebagai  dompet panas karena  dompet ini selalu terhubung ke internet dan dapat diakses melalui browser apapun.

Hal ini membuat dompet web menjadi tempat penyimpanan cryptocurrency yang tidak terlalu aman. Karena selalu terhubung ke internet yang menyebabkan dompet ini dapat diretas melalui jaringan internet sewaktu-waktu.

Dompet Web juga terbagi atas dua tipe Dompet yang Dihosting dan Dompet Non-Host. Dimana banyak yang cenderung lebih memilih dompet yang tidak dihosting karena pengguna dapat menambah sendiri semua aset crypto mereka.

Namun tidak perlu berlebihan karena hampir semua platform cyrptocurrency yang terpercaya telah membekali platform mereka dengan tingkat perlindungan yang tinggi dan terbaru. Untuk mencegah tindakan peretasan dan melindungi aset crypto pengguna platform mereka.

Itulah beberapa tipe dompet kripto yang tersedia saat ini. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap dompet, kamu dapat menentukan dompet mana yang tepat untuk keperluanmu.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital, S&P 500 index futures, dan aset kripto dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

 

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img